Pamela Jao dan Wahyu Dede Kusuma, perwakilan dari Anggota Jaringan GNAM pada Global Network Week , UI 2015

Pada pertemuan mahasiswa yang tergabung dalam Global Network Week 2015 (GNW 2015) di Jakarta, 16-20 Maret 2015, Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (MM-FEB UI) mengangkat tema “Managing Business in Indonesia: Corruption, Bussiness Ethics, Social Transformation and Environmental Sustainability”. Dengantemaini, MM-FEB UI menengahkan kasus-kasus relevan yang terjadi di Indonesia sebagai ‘Turbulansi’ pada lingkungan bisnis semenjak krisis ekonomi dan politik pada tahun 1998. Transformasiiniterusberlangsung di berbagaiaspek, salahsatunyaadalahtransformasi yang berhubungandengankorupsi, etikabisnisdanketahananlingkungan di negaraini.

Diantara mahasiswa yang mengikuti GNW 2015 di Jakarta, terdapat perwakilan dari beberapa Universitas yang merupakan anggota dari jaringan GNAM, yaitu Pamela Jao, perwakilan dari Yale School of Management, dan Wahyu Dede Kusuma (Dede), yang merupakan perwakilan dari Hitosubashi University.Dede merupakan Warga Negara Indonesia yang mendapatkan beasiswa di Hitosubashi University.

Menurut Pamela, ia tertarik untuk mengikuti GNW di Jakarta karena di universitas asalnya tidak hanya mempelajari tentang Bisnis, tapi juga tentang Pemerintah dan Manajemen. Oleh karena itu ia merasa tertarik untuk mengetahui tentang berbagai tranformasi yang terjadi di Indonesia. Lain dengan Pamela,Dede memilih untuk mengikuti GNW di Jakarta karena setelah menyelesaikan studynya di Hitosubashi, ia akan kembali ke Indonesia dan mencari pekerjaan di Indonesia. Oleh karena itu, ia tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai governance dan bisnis di Indonesia.

Para pembicara yang menjadi narasumber dalam GNW yang dilaksanakan di Indonesia merupakan orang-orang yang terbaik di bidangnya masing-masing. Menurut Pamela yang merupakan satu-satunya mahasiswa asing dalam seminar tersebut, ia dapat mengerti tentang materi yang disampaikan oleh para narasumber, ia juga terbantu dengan adanya powerpoint dalam bahasa inggris yang telah disediakan.

Korupsi termasuk kedalam salah satu materi yangdibahasdalam GNW di Jakarta. Menurut Dede hal ini kemudian menjadi menarik, karena korupsi merupakan gejala yang umum, sedangkan Indonesia merupakan salah satu pasar yang besar. Jadi, banyak pihak ingin mengetahui sejauh mana pihak-pihak tersebut dapat penetrasi ke dunia bisnis di Indonesia, meskipun terdapat korupsi yang sebenarnya dapat saja membuat rumit kegiatan bisnis di Indonesia. Sama halnya dengan Dede, Pamela juga tertarik dengan topik korupsi, karena di Negara asalnya, korupsi mempunyai persentase yang cukup kecil.

Sebagai perwakilan dari Universitas lain, Pamela dan Dede merasa sangat terhormat dapat mengikuti GNW yang diadakan di Jakarta, Indonesia. Pamela yang merupakanWarga Negara Asing juga mengatakan bahwa ia tertarik untuk kembali lagi dan mengunjungi tempat-tempat serta daerah-daerah lain yang ada di Indonesia.