Penganugerahan Citi Microentrepreneurship Award 2014 SATU DASAWARSA CMA INDONESIA

Penganugerahan Citi Microentrepreneurship Award 2014

SATU DASAWARSA CMA INDONESIA

Jakarta, 26 Februari 2015 – Citi Indonesia melalui Citi Peka mengukuhkan dukungannya terhadap pengembangan sektor usaha mikro dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Indonesia melalui penyelenggaraan Citi Microentrepreneurship Award (CMA). Menggandeng UKM Center FEB UI sebagai mitra pelaksana, ajang penghargaan CMA ini merupakan inisiatif global yang didanai oleh Citi Foundation dengan tujuan untuk memotivasi dan menginspirasi para pengusaha yang ada di daerah untuk lebih maju, mandiri, berkembang serta dapat meningkatkan perekonomian. Sejak diluncurkan tahun 2005 hingga saat ini, Citi Peka telah mengucurkan dana sebesar uSD 905,000 untuk menjaring lebih dari 5.000 pengusaha mikro di seluruh Indonesia dan menobatkan 92 pemenang dari berbagai kategori.

Pada tahun ke-10 penyelenggaraannya, CMA menjaring lebih dari 400 wirausaha mikro binaan LKM. Salah satu persyaratan utama mengikuti ajang CMA adalah wirausaha dengan omzet tahunan di bawah Rp 200 juta/tahun atau laba bersih kurang dari Rp 5 juta/bulan. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi, yakni penilaian administratif, survei tempat usaha dan wawancara, terpilih 16 finalis dari seluruh Indonesia yang terbagi dalam 4 (empat) kategori kompetisi; (1) Wirausaha Mikro Perempuan, (2) Wirausaha Mikro Sosial, (3) Wirausaha Mikro Berwawasan Lingkungan dan (4) Wirausaha Mikro Pelestarian Budaya.

Pada tahap selanjutnya, ke-16 finalis diuji oleh panel juri yang terdiri dari Puni Anjungsari (Vice President, Corporate Affairs Citi Indonesia), Lasmaida S. Gultom (Deputi Direktur Edukasi, Direktorat Literasi dan Edukasi OJK) , Y. Bayu Widagdo (Wail Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia), Rambat Lupiyoadi.SE,ME ( Dosen Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia), Paul Jeffery (Country Director Mercy Corps), dan Nilam Sari Setiono (Marketing Director,PT. Baba Rafi Indonesia). Pemenang dipilih berdasarkan nilai tambah dan prospek bisnis, keterlibatan perempuan, pengangguran dan para disabilitas. Selain dipilih dua pemenang dari masing-masing kategori, CMA 2014 juga memberikan tiga penghargaan khusus untuk Wirausaha Mikro Terbaik 2014, lembaga Keuangan Mikro dengan Program Pendampingan Terinovasi, dan Alumni CMA dengan Pengembangan Usaha Terbaik.

Agung Laksamana, Country Corporate Affairs Director Citi Indonesia dalam kesempatan ini mengatakan “Sebagai bagian penting dari perekonomian bangsa, peran pelaku usaha mikro Indonesia, terutama yang berada di daerah terpencil, sangat inspiratif dan patut mendapat apresiasi. Diselenggarakannya Citi Microentrepreneurship Awards di bawah naungan Citi Peka merupakan bentuk nyata dukungan dan kepedulian Citi Indonesia terhadap perkembangan setor usaha mikro Indonesia.

Dalam upaya untuk memberdayakan pelaku usaha mikro, sejak 2013 CMA rutin mengadakan pelatihan ke berbagai daerah yaitu Jakarta, Serang, Jawa Barat, Yogyakarta, Semarang, Jawa Timur, Sumatera Utara, Bali, Bengkulu dan Lampung. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi, informasi, jejaring, meningkatkan pengetahuan tentang kewirausahan. Selain itu, ajang ini juga turut memberikan kesempatan pameran produk bagi para pengusaha mikro sekaligus memotivasi mereka bahwa usaha yang dimulai dari nol jika disertai pengelolaan yang teratur akan terus maju dan sukses