Bincang Akademik PPIA FEB UI, “Building Theoretical and Practical Contributions: Insights from Auditing and Information System Research”

0

Bincang Akademik PPIA FEB UI, “Building Theoretical and Practical Contributions: Insights from Auditing and Information System Research”

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (14/7/2022) Professor in Accounting and Koch Fellow, University of Kansas USA, Prof. Adi Masli, Ph.D., menjadi pembicara dalam Bincang Akademik Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPIA FEB UI), dengan topik “Building Theoretical and Practical Contributions: Insights from Auditing and Information System Research” secara hybrid yang berlangsung di ruang 403, Gedung Pascasarjana, Kamis (14/7). Acara dibuka oleh Ibu Yulianti Abbas, Ketua Departemen Akuntansi FEB UI, dan dimoderatori oleh Elfina Astrella Sambuaga, Mahasiswa S-3 PPIA FEB UI.

Tujuan dari Bincang Akademik PPIA adalah meningkatkan kompetensi mahasiswa, dosen, dan alumni dalam melakukan riset. Prof. Adi Masli dalam paparannya menjelaskan alur penulisan riset yang dimulai dari pencarian ide riset sampai ke journal submission. Prof. Adi menekankan pentingnya ide yang orisinal dan inovatif. Karenanya, dalam menemukan sumber ide riset akademik, seorang peneliti sebaiknya tidak hanya membaca jurnal di topik sendiri namun bisa juga di luar topik agar menambah wawasan. Selain itu, peneliti dapat mengidentifikasi topik-topik terkini melalui majalah dan berita bisnis ataupun laporan survei yang disediakan oleh berbagai organisasi dan asosiasi indutri. Prof. Adi juga menekankan pentingnya peran networking untuk membuka potensi kolaborasi riset dengan peneliti lain.

Selanjutnya, Prof. Adi membahas secara lebih mendalam proses publikasi. Prof. Adi menekankan bahwa rejection adalah hal yang normal untuk peneliti dan peneliti tidak perlu berkecil hati apabila mengalami penolakan. Akan tetapi, peneliti tetap harus berusaha untuk mempublikasikan risetnya di outlet yang terbaik. Karenanya, Prof. Adi menekankan bahwa peneliti harus berhati-hati dengan predatory journal dan perlu memastikan bahwa “rumah” dari artikel mereka adalah jurnal yang memiliki reputasi yang baik.

Prof. Adi juga membagikan pengalamannya dan memberikan tips dan trik dalam proses publikasi. Bagian Pendahuluan adalah bagian yang sangat penting dan harus dimanfaatkan peneliti untuk “menjual” risetnya kepada pembaca. Selain itu, perhatian khusus juga diperlukan untuk cover letter yang menyertai journal submission. Di dalam cover letter, peneliti perlu menjelaskan novelty dan kontribusi dari riset yang dilakukan serta kecocokan antara riset yang dikirimkan dengan misi jurnal yang dituju. Prof. Adi juga mengingatkan untuk memperlakukan reviewer sebagai teman dan memberikan contoh bagaimana peneliti menanggapi masukan reviewer di proses Revised & Resubmit. Hal penting yang harus diingat peneliti dalam menanggapi reviewer adalah: (1) selalu bersikap sopan dan berterima kasih; (2) menanggapi semua masukan; dan (3) memberikan tanggapan secara komprehensif.

Acara Bincang Akademik PPIA bersama Prof. Adi Masli diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh peserta baik yang mengikuti secara offline maupun online. Tentunya, acara ini bukan hanya meningkatkan kompetensi para staf pengajar, mahasiswa, dan alumni PPIA dalam bidang riset, tetapi juga menginspirasi untuk terus menghasilkan karya terbaik dalam bidang penelitian.