Kuliah Umum Departemen Manajemen FEB UI: Marketing Strategy and Implementation in The Property Sector

Kuliah Umum Departemen Manajemen FEB UI: Marketing Strategy and Implementation in The Property Sector

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (21/5/2022) Departemen Manajemen FEB UI mengadakan kuliah umum Pemasaran Jasa dengan dosen pengampu Daniel T. H. Aruan, Ph.D., pada Sabtu (21/5). Menghadirkan pembicara Thomas Go, M.B.A. (CEO dan President Director PT AKR Land Development) dengan topik “Marketing Strategy and Implementation in The Property Sector” yang sangat menarik untuk dibahas.

Thomas mengenalkan PT AKR Land Development, sebuah service-based company yang didirikan pada 2004, bertujuan meningkatkan kualitas hidup melalui pengembangan properti yang inovatif.

“Pada dasarnya, service-based company menjual keahlian atau pelayanan dari karyawannya kepada pelanggan. Sifatnya intangible atau aset tidak berwujud. Tentu tidak sama dengan produk fisik sehingga strategi pemasarannya pun harus berbeda, cenderung membangun kesadaran merek dan mendorong penjualan,” terangnya.

     

Fokus pada produk pemasaran jasa (service marketing) di bidang properti, ia membahas tentang Hotel Novotel di Nusa Dua Bali dan Manado milik PT AKR Land Development. Industri perhotelan menjual pengalaman menginap dengan fasilitas lengkap yang memanjakan. Pelanggan bisa mendapatkannya secara berulang di kemudian hari.

Thomas mengungkapkan, “Novotel berusaha meningkatkan customer experience dengan transformasi sesuatu yang intangible ke tangible, misalnya melalui layanan tambahan berupa Accor Card. Pemegang kartu platinum tersebut akan menerima benefit, yaitu akses ke Executive Lounge, jaminan kamar hingga 2 hari sebelum kedatangan, potongan harga 15% di Raffles Retail Stores dan hotel tertentu lainnya.”

“Dalam upaya menghadapi tantangan dan membangun keterikatan pelanggan, Novotel pun menyediakan produk sarapan bervariasi sebagai komplementer bagi pelanggan yang menginap atau menggunakan fasilitas meeting room,” tandasnya.

Lebih lanjut, beberapa strategi promosi lain, di antaranya memaparkan presentasi dengan pihak potensial agar mengadakan acara untuk meningkatkan penggunaan meeting room maupun kamar hotel, menawarkan packages dengan potongan harga, hingga menjalankan strategi word-of-mouth di kalangan pelanggan AKR Land Group.

Beralih ke produk apartemen dan kantor, AKR Land telah menjalankan 2 strategi. Pertama, menarik pelanggan, dengan memberikan pengetahuan produk ke agen properti tentang investasi yang menguntungkan, menawarkan pengalaman bagi calon pembeli melalui kesempatan menginap, melibatkan pembeli dalam program member get member dengan referral fee, hingga menjalin kerja sama dengan wartawan untuk keperluan publisitas melalui konferensi pers.

Kedua, mempertahankan pelanggan, yakni cepat menangani keluhan dan kebutuhan pelanggan maksimum 1 x 24 jam, melatih tim keamanan dan kebersihan, serta memastikan genset beroperasi dalam 1 menit sejak listrik PLN mati.

“Di lingkup mall, kami bekerja sama dengan tenant dan event organizer untuk mengadakan acara thematic yang menarik kerumunan sehingga berdampak baik bagi penjualan para mitra tenant. Selain itu, tenant pun berkesempatan untuk kita promosikan produknya melalui media promosi developer, seperti majalah, media sosial, dan situs web,” jelasnya.

Terakhir, landed house dan shophouses. Biasanya, AKR Land bekerja sama dengan komunitas Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk mengadakan off-road. Secara tidak langsung, akan menumbuhkan minat beli dari peserta maupun penonton off-road. Uniknya, pelanggan yang telah membeli rumah bisa berpartisipasi dalam pembangunan dengan menunjuk kontraktor pilihannya sesuai budget Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang sudah ditentukan.

Ada pula pemberian reward bagi internal, biasanya berupa bonus penghargaan dan penginapan di hotel untuk tim sales yang mencapai target angka penjualan tertentu. Pada momen tertentu, direksi mengajak tim sales ataupun manager makan malam bersama untuk membangun intimacy internal perusahaan di setiap region. (mh)