FEB UI dan Universitas Pertamina Bahas Rencana Kerjasama Dua Bidang

FEB UI dan Universitas Pertamina Bahas Rencana Kerjasama Dua Bidang

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (21/1/2022) Universitas Pertamina dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) membahas rencana kerjasama di bidang pendidikan dan kemahasiswaan, dalam silaturahmi yang berlangsung di Ruang Prof. MR. Djokosoetono, Gedung Dekanat FEB UI, pada Jumat (21/1).

Hadir mewakili Universitas Pertamina, adalah Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Budi W. Soetjipto, Ph.D., dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Dewi Hanggraeni, MBA.  Dari FEB UI, Dekan Teguh Dartanto, Ph.D., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Arief Wibisono Lubis, Ph.D., Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum Nanda Ayu Wijayanti, Ph.D., Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Dr. Dwi Nastiti Danarsari, Kepala Kantor Kemahasiswaan Dr. Irfani Fithria Ummul Muzayanah, dan Kepala Bagian Ventura, Kerjasama, dan Alumni Maya Sari Taufiek.

Budi W. Soetjipto menyatakan keinginan dari sisi pendidikan, yaitu agar para alumni S-1 Universitas Pertamina memperoleh kesempatan untuk melanjutkan S-2 di FEB UI melalui Credit Earning Program (CEP) dengan masa studi 1 tahun. Sementara, di bidang kemahasiswaan,  ia mengajak FEB UI untuk berkolaborasi bersama Universitas Pertamina dalam menyelenggarakan kompetisi mahasiswa, dengan mendapatkan dukungan sponsor dari Pertamina atau anak perusahaannya. Ia berharap kerjasama kompetisi mahasiswa antara FEB UI dengan Universitas Pertamina dapat menjalin komunikasi antar mahasiswa. Sebagai tindak lanjut dari kerjasama di bidang kemahasiswaan ialah melakukan pertemuan antara Direktur Kemahasiswaan Universitas Pertamina dengan Kepala Kantor Kemahasiswaan FEB UI untuk merumuskan langkah konkrit sebelum diwujudkannya perjanjian kerjasama penyelengaraan kompetisi mahasiswa dan jika memungkinkan kompetisi juga untuk siswa SMA/SMK.

“Kami memilih FEB UI sebagai rencana kerjasama di 2 bidang tersebut, karena FEB UI merupakan barometer perguruan tinggi ekonomi dan bisnis yang tertua dan terkemuka di Indonesia, mengingat Universitas Pertamina sebagai perguruan tinggi swasta yang relatif baru. “Tentu, Universitas Pertamina membutuhkan dukungan tenaga ahli/pengajar yang dimiliki FEB UI agar kami bisa berkembang pesat dalam memajukan Universitas Pertamina. Sebaliknya, kami akan memberikan feedback dari rencana kerjasama ini dengan melakukan koordinasi ke Pimpinan perusahaan Pertamina untuk merenovasi sarana olahraga Pertamina Hall di FEB UI,” jelas Budi.

Hal senada juga disampaikan Dewi Hanggraeni, katanya, “Tujuan berkunjung ke FEB UI untuk melakukan sinergi dan memperluas kerjasama. Saat ini, Pimpinan Universitas Pertamina yang terbaru ada yang berasal dari alumni dan dosen FEB UI juga. Di era kepimpinan sekarang ini, Universitas Pertamina lebih aktif dan agresif meluaskan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) salah satunya FEB UI, universitas swasta terkemuka, instansi pemerintah, BUMN, dan pihak lainnya.”

“Kerjasama dengan FEB UI ini diharapkan bisa memberikan simbiosis mutualisme untuk saling melengkapi  kekurangan dan keunggulan masing-masing program yang dimiliki. Misalnya, FEB UI mempunyai program CEP bagi lulusan S-1 Universitas Pertamina dan dapat di-waive untuk melanjutkan pendidikan S-2, dan FEB UI memperoleh pendapatan dari biaya CEP tersebut. Sebaliknya, apabila mahasiswa S-1 FEB UI yang ingin menjadi pakar atau bekerja di sektor migas/energi dapat mengambil mata kuliah Kampus Merdeka, spesifik sektor energi di Universitas Pertamina. Misalnya Bisnis Energi Baru Terbarukan, Energy Economics and Sustainable Development, Globalisation, Business and Development, serta Risk Management in Energy (Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Selain itu, di Fakultas Komunikasi dan Diplomasi seperti Geopolitics and Energy Security, dan Communication and CSR in Energy,” demikian Dewi menutup sesinya.

Teguh Dartanto merespon rencana kerjasama dengan Universitas Pertamina, menuturkan “FEB UI sangat terbuka apapun bentuk kerjasama di dunia pendidikan yang ditawarkan Universitas Pertamina. FEB UI juga terbuka untuk kolaborasi dalam hal penelitian dan kegiatan-kegiatan lain yang mendukung tridarma perguruan tinggi. Harus disusun program konkrit untuk segera dieksekusi”. (hjtp)