Silaturahmi Umat Kristiani dan Katolik FEB UI dengan Pimpinan FEB UI, Wujud FEB UI sebagai Rumah Bersama

0

Silaturahmi Umat Kristiani dan Katolik FEB UI dengan Pimpinan FEB UI, Wujud FEB UI sebagai Rumah Bersama

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (14/1/2022) Membangun suasana guyub dalam keberagaman, serta mempertegas fakultas sebagai rumah bersama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) menyelenggarakan Silaturahmi Umat Kristiani dan Katolik dengan Pimpinan FEB UI, dilanjutkan perayaan Natal, secara hybrid di Ruang Rapat Prof. MR. Djokosoetono, Gedung Dekanat, Jumat (14/1).

Acara yang dipandu oleh Selvy Monalisa, Dosen FEB UI, diawali sambutan dari Koordinator Komunitas Kristen FEB UI, Turro Wongkaren, Ph.D., yang juga Kepala Lembaga Demografi (LD). Turro menuturkan “Berdasarkan dari pengamatan tentang berbagai agama di Indonesia setiap agama mempunyai 2 mandat, yaitu keselamatan dan pembangunan. Saya mengucapkan terima kasih untuk Dekan bersama jajarannya yang sudah berinisiasi menggelar silaturahmi ini untuk saling mengenal dan membangun satu sama lain. Kita perlu membangun dan mempertahankan kebhinekaan bangsa Indonesia, walaupun berbeda-beda tetap satu jua.”

Ketua Departemen Akuntansi FEB UI, Dr. Ancella A. Hermawan, yang juga Koordinator Komunitas Katolik, mengapresiasi  Dekan dan Pimpinan FEB UI atas inisiatif silaturahmi ini, dan berharap bisa menjadi tradisi yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Pada situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian, kita bisa semakin guyub dan membangun kondisi kondusif demi mendukung FEB UI menjadi lebih baik lagi.

Dekan FEB UI, Teguh Dartanto, Ph.D., menjelaskan bahwa Silaturami Umat Kristiani dan Katolik merupakan bentuk komitmen dari tagline ‘FEB UI rumah untuk semua,’ artinya bukan hanya sekedar kata-kata namun harus direalisasikan menjadi tindakan. Silaturami ini bertujuan untuk mengajarkan kepada para mahasiswa dan warga FEB UI bahwa kebhinnekaan atau keberagaman bukan hanya kata tetapi perbuatan.

Menurut Teguh, “Dalam Islam ada 3 persaudaraan, yaitu Ukhuwah Islamiyyah (persaudaraan umat Islam), Ukhuwah Wathaniyah (persaudaraan bangsa), dan Ukhuwah Basyariyah atau Insaniyah (persaudaraan umat manusia). Dari 3 nilai tersebut, nilai persaudaraan yang ingin dibangun oleh FEB UI adalah persaudaraan sebangsa dan sesama umat manusia.”

“Silaturahmi Umat Kristiani dan Katolik ini diselenggarakan sebagai wujud nilai universal dan toleransi umat beragama di FEB UI. Dengan kepemimpinan baru FEB UI, kami membangun komunikasi terbuka dengan seluruh warga FEB UI. Kami siap menerima baik saran, masukan, maupun kritik. Hal tersebut sebagai bentuk komitmen kami dalam membangun kebersamaan dan persaudaraan untuk kemajuan FEB UI,” tegas Teguh dipengujung sambutannya.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FEB UI, Nanda Ayu Wijayanti, Ph.D., mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2022 bagi warga FEB UI yang merayakan. Nanda yang baru dilantik tanggal 7 Januari 2022 sekaligus memperkenalkan diri dan berharap kerjasama semua pihak untuk membangun FEB UI.

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FEB UI, Arief Wibisono Lubis, Ph.D., mengatakan, “Selamat Natal dan Tahun Baru 2022, semoga membawa kedamaian untuk semua yang merayakan. Tentunya, kedamaian ini sangat diperlukan untuk kemajuan FEB UI kedepannya.” Selain itu, Arief juga berharap dukungan dan kerjasama dari seluruh warga FEB UI untuk mencapai program jangka pendek maupun panjang. Kedepannya, ia berharap silaturahmi keagamaan ini bisa terjalin dengan baik.

Anggota Senat Akademik Universitas Indonesia, Dra. Omas Bulan Samosir, Ph.D., juga mengapresiasi Dekan dan Pimpinan FEB UI yang telah menginisiasi terselenggaranya Silaturahmi Umat Kristiani dan Katolik. “Semoga silaturahmi ini bisa menjadi berkat bagi kita untuk lebih baik lagi dalam mengemban tugas sebagai sivitas akademika FEB UI,” demikian Omas.

Guru Besar FEB UI, Prof. Sri Moertiningsih Setyo Adioetomo, Ph.D., berharap perkumpulan untuk pemahaman Al-Kitab seperti tahun 80-an bisa dilanjutkan dan dibangkitkan kembali setiap bulannya oleh UI khususnya FEB, dengan tema kekinian yang mengacu pada pasal-pasal di Al-Kitab. “Terima kasih kepada Dekan beserta jajarannya atas kegiatan silaturahmi, karena berkumpul semacam ini baru pertama kali saya rasakan selama berkiprah di FEB UI. Selamat Natal dan Tahun Baru 2022, damai dihati dan damai di bumi, Tuhan memberkati semuanya,” jelas Prof. Toening.

Ketua Senat Akademik FEB UI, Benedictus Raksaka Mahi, Ph.D., menyatakan rasa haru atas pelaksanaan silaturahmi keagamaan untuk umat Kristiani dan Katolik, dan berharap ini dapat menjadi momentum kelahiran dan suasana baru dalam bersikap dan bergaul di lingkungan FEB UI.

Guru Besar FEB UI, Prof. Mayling Oey-Gardiner, Ph.D., juga berterima kasih kepada Dekan FEB UI bersama jajarannya. Ia mengingatkan agar silaturahmi untuk agama lainnya juga ikut segera diadakan. “FEB UI harus membangun suasana baru dengan mendidik para mahasiswa agar memiliki jiwa leadership dan rasa percaya diri. Dengan kehidupan baru yang inklusif, kita membangun bersama untuk bangsa Indonesia. Maju ke depan menjelang 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada 2045. Semoga hasil didikan dan penelitian perguruan tinggi khususnya FEB UI, mempunyai tempat dan ruang di bangsa ini. Jadi, kita harus ikut membantu membangun dunia ilmu pengetahuan di Indonesia,” pesan Prof. Mayling di akhir sambutannya.

Dosen FEB UI, Robert P. Tobing, MBA., dipengujung silaturahmi, mengungkapkan “Acara silaturahmi Natalan dan Tahun Baru sebelumnya biasa diadakan oleh organisasi kemahasiswaan FEB UI. Namun saat ini, Pimpinan FEB UI berinisiatif untuk menyelenggarakan silaturahmi ini. Sungguh apresiasi luar biasa dan terima kasih kepada Pimpinan FEB UI. Selain itu, dengan adanya siraman rohani bagi umat Kristiani dan Katolik sebulan sekali nantinya diharapkan bisa memberikan kesegaran dalam menjalani tugas sehari-hari.”

Acara silaturahmi ditutup dengan perayaan Natal bagi umat Kristiani dan Katolik FEB UI, yang diikuti secara zoom juga oleh lebih dari 60 orang dosen, tendik dan mahasiswa, juga alumni. (hjtp)