Promosi Doktor PPIA FEB UI Analisis Pengaruh Green Strategy, Green Investment, Tata Kelola dan Regulasi terhadap Pengungkapan Emisi Karbon dan Nilai Perusahaan

0

Promosi Doktor PPIA FEB UI Analisis Pengaruh Green Strategy, Green Investment, Tata Kelola dan Regulasi terhadap Pengungkapan Emisi Karbon dan Nilai Perusahaan

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOKĀ ā€“ (12/1/2022) Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PPIA FEB UI) mengukuhkan gelar doktor yang ke-86 untukĀ Dr. Zalida Afni, Rabu (12/1). Acara dipimpin olehĀ Ketua Sidang Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan Prof. Dr. Lindawati Gani,Ā sebagaiĀ Promotor,Ā Elvia Rosantina Ph.D., sebagaiĀ Ko-Promotor 1,Ā danĀ Dr. Chaerul D. Djakman Ko-Promotor 2. Selain itu, Tim PengujiĀ diketuaiĀ olehĀ Prof. Siddharta Utama, Ph.D., denganĀ anggota,Ā terdiri dari Prof. Dr. Budi Frensidy, Dr. Ancella Anitawati Hermawan, Dr. Ir. Mahjus Ekananda, dan Maria R. Nindita Radyati, Ph.D.

Pada sidang terbuka yang dilaksanakan secaraĀ online ini, Dr. Zalida Afni berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul ā€œAnalisis Pengaruh Green Strategy, Green Investment, Tata Kelola dan Regulasi terhadap Pengungkapan Emisi Karbon dan Nilai Perusahaan.ā€

Promovenda Zalida Afni mengadakan penelitian bahwa perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia dan perkembangan sektor ekonomi dan industry yang cepat, berpengaruh besar terhadap pemanasan global. Maka, perlu upaya mitigasi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti apakah strategi hijau, investasi hijau, tata kelola, dan regulasi mempengaruhi pengungkapan emisi karbon serta pengaruh pengungkapan emisi karbon pada nilai perusahaan.

Penelitian menggunakan teori institusional, yang menegaskan bahwa perubahan dalam organisasi disebabkan oleh tekanan dari dalam atau luar organisasi, sehingga perusahaan dapat mengadopsi dan memodelkan diri pada perusahaan yang sukses. Selain itu, penelitian juga menggunakan teori etika lingkungan dan teori legitimasi. Sampel yangĀ  digunakan berasal dari perusahaan publik yang terdaftar di bursa saham di 17 negara penghasil karbon terbesar selama periode 2014-2019 (1.326 angka tahun), tidak termasuk industri keuangan. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian campuran yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif (Creswell, 2013) dan persamaan estimasi data panel. Sumber data yang digunakan berasal dari Laporan Tahunan dan Laporan Keberlanjutan perusahaan.

HasilĀ  penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dari strategi hijau, investasi hijau, dan sistem hukum suatu negara pada pengungkapan emisi karbon. Selain itu, pengungkapan emisi karbon memiliki efek signifikan pada nilai perusahaan. Namun, hasil penelitian tidak menemukan bukti signifikan tentang pengaruh tata kelola dan skema perdagangan emisi pada pengungkapan emisi karbon.

Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Zalida Afni lulus dengan predikatĀ Sangat Memuaskan dan berhasil meraih gelar Doktor yang ke-86 Bidang Ilmu Akuntansi. Selamat kepada Dr. Zalida Afni! (hjtp)