Penandatanganan Kerja Sama FEB UI dan Nutrifood untuk Mendukung Program Kampus Merdeka

0

Penandatanganan Kerja Sama FEB UI dan Nutrifood untuk Mendukung Program Kampus Merdeka

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (21/12/2021) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) bersama Nutrifood mengadakan penandatanganan kerja sama untuk mendukung program Kampus Merdeka, secara offline di Ruang Djokosoetono, Gedung Dekanat, Kampus FEB UI Depok, pada Selasa (21/12).

Turut hadir dalam acara Teguh Dartanto, Ph.D. (Dekan FEB UI), Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra (Ketua Departemen Manajemen FEB UI), Vid Adrison, Ph.D. (Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI), Herda J. T. Pradsmadji, M.Pd. (Sekretaris Pimpinan FEB UI), Tridianto Subagio (Kepala Bagian Hubungan Masyarakat FEB UI), Maya Sari (Unit Ventura, Kerjasama dan Alumni), dan Rintis Dosie Swastika (Kepala Bagian Legal dan CDC FEB UI).

Pada sambutannya, Teguh menuturkan, “Saya selaku Dekan FEB UI sangat senang membangun sinergi kerja sama dan kolaborasi dengan dunia bisnis. Hal ini sesuai dengan program kerja FEB UI, yakni mendorong keterlibatan fakultas dengan industri, seperti PT Nutrifood Indonesia, sehingga mahasiswa dapat menerima pengetahuan dengan cakupan lebih luas. Selain itu, para dosen FEB UI dapat saling belajar dengan industri melalui business case.”

Perwakilan PT Nutrifood Indonesia mengutarakan bahwa Nutrifood tak hanya sebatas memegang misi Inspiring a Nutritious Life, mereka pun memiliki pilar-pilar sebagai dasar pelaksanaan berbagai kegiatan, seperti mendukung program Kampus Merdeka yang telah berjalan sejak 2020. 

PT Nutrifood Indonesia merupakan perusahaan fast-moving consumer goods di bidang makanan dan minuman yang aktif berkontribusi di dunia pendidikan. Sebelumnya, Nutrifood pernah menjalin kerja sama Kampus Merdeka dengan Universitas Gadjah Mada (September—Desember 2020) dan Institut Pertanian Bogor (Agustus—November 2021).

Selaras dengan program Kampus Merdeka tersebut, Nutrifood ingin menjalin kerja sama dengan FEB UI untuk mengadakan mata kuliah bertema Building Purposeful Business in Digital Era. Harapannya, perkuliahan ini mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa FEB UI dalam bidang manajemen bisnis yang lebih bermakna dan berjangka panjang (sustainable).

“Mungkin nantinya ada kolaborasi lebih lanjut dengan FEB UI. Sebenarnya, perusahaan kami telah banyak terbantu dengan para talenta dari UI karena memang potensi mahasiswa yang luar biasa. Kami ingin terus membantu memperluas wawasan, salah satunya melalui program pemerintah ini,” ujarnya.

Nutrifood mengajukan beberapa materi kuliah seputar manajemen—di antaranya strategic, marketing, operation, dan financial management—melalui pertemuan kelas synchronous dan asynchronous. Lalu, para top management dan praktisi yang ahli di bidangnya, termasuk CEO Nutrifood, siap menjadi mentor yang akan mengisi perkuliahan. Selepas itu, peserta didik dapat membuat project development atau proyek sosial bisnis dengan nuansa local wisdom untuk mengimplementasikan materi kuliah ke pengerjaan proyek.

Mekanismenya, peserta akan menjalani perkuliahan dan pelatihan daring, pengerjaan konsep proyek, prototipe proyek, dan penerapan proyek di pasar (market). Estimasi waktu pelaksanaan program ini selama 14 pertemuan. 

Menurut Irwan, program ini begitu menarik, terlebih adanya praktek membuat mockup project sehingga menciptakan sesuatu yang berbeda. “Saya sangat terkesan dengan para top management yang berkenan memberikan materi langsung. Jadi, mahasiswa tak hanya belajar dari dosen.”

Akhir kata, Nutrifood Indonesia sangat terbuka untuk diskusi lebih lanjut dengan pihak FEB UI, termasuk mendiskusikan saran dari Vid yang ingin mengajukan mata kuliah negotiation skill. (ts)