Mahasiswa S-1 Ilmu Ekonomi FEB UI Angkatan 2019 Sabet Tiga Penghargaan dalam ECOPRENEUR, IMOTION, dan The 16th Management e[X]pose

Mahasiswa S-1 Ilmu Ekonomi FEB UI Angkatan 2019 Sabet Tiga Penghargaan dalam ECOPRENEUR, IMOTION, dan The 16th Management e[X]pose

 

DEPOK – (21-26/11/2021) Tim TAM dari Mahasiswa S-1 Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia angkatan 2019 berhasil memperoleh tiga penghargaan dalam tiga ajang kompetisi yang berbeda di bulan November 2021. Pengumuman pemenang dilakukan secara live melalui Youtube. Tim TAM terdiri dari Diandra Alya Putri, Keisha Karinna Avioza, dan Nabila Cahyarani Kusworo.

Penghargaan Pertama, Tim TAM meraih Juara 1 (National Champions) dalam kompetisi business plan ECOPRENEUR dengan penyelenggara Universitas Diponegoro, Minggu (21/11). Tim ini dapat meraih juara tersebut karena mempresentasikan strategi pemasaran secara finansial dan non-finansial untuk perusahaan J-Express terhadap fenomena rendahnya porsi pengiriman UMKM dan tingkat loyalitas konsumen yang didukung oleh data dari berbagai sumber scientific yang mendukung solusi/strategi yang diajukan seperti jurnal, buku mata kuliah, khususnya yang berhubungan dengan marketing analysis. Waktu persiapan dan presentasi yang diberikan juga sedikit di setiap babaknya. Selain diuji analisis dan presentasi, mereka juga ditantang untuk bekerjasama dalam tim dan memiliki manajemen waktu yang baik, sehingga bisa menyelesaikan presentasi dengan tepat waktu.

Penghargaan Kedua dan Ketiga, Tim TAM memperoleh Juara 1 (National Champions) pada kompetisi marketing plan IMOTION yang diselenggarakan MSS FEB UI dan Juara 2 pada ajang The 16th Management e[X]pose dengan penyelenggara Universitas Indonesia, Jumat (26/11). Tim ini bisa meraih dua juara tersebut karena mempresentasikan ide bisnis mengenai pengelolaan limbah tekstil di Indonesia. Secara singkat, Tim ini diminta untuk memberikan inovasi tentang bisnis yang berkelanjutan dan menghasilkan shared value, tidak hanya pada ekonomi tetapi juga berdampak untuk sosial dan lingkungan. Tim TAM memberikan ide bisnis yang mempertimbangkan faktor finansial dan non-finansial perusahaan serta dilengkapi dengan data pendukung lainnya bersumber dari internet, inovasi dan kreativitas anggota tim berdasarkan pengalaman dan wawasan masing-masing.

Diandra Alya Putri, menuturkan “Selama kompetisi, pelajaran paling mendukung di semua kompetisi yaitu membuat business plan yang mencakup operasional, marketing, dan financial secara komprehensif. Selain itu, Tim kami banyak mendapatkan pelajaran mengenai analisis kompetitor dan analisis eksternal untuk memulai suatu bisnis. Oleh karena itu, tim kami dapat mendalami strategi memasarkan produk kami agar dikenal masyarakat. Kami sangat bersyukur mendapatkan juara pada ketiga lomba di November 2021. Setelah berbulan-bulan melakukan preparation, Alhamdulillah kerja keras kami terbayarkan dan berharap kemenangan ini akan membuat kami semangat untuk meraih prestasi di masa depan.”

Keisha Karinna Avioza melanjutkan bahwa tantangan terbesar saat mengikuti semua perlombaan ini adalah cara membagi waktu antara ketiga perlombaan yang tim kami ikuti. Dengan berbagai kesibukan lain yang dimiliki masing-masing, kami berusaha untuk menciptakan sebuah ide bisnis yang dapat memberikan dampak terhadap masyarakat. Dalam mempersiapkan lomba ini, tentunya kami melakukan berbagai research mengenai dunia bisnis serta apa saja yang sedang dibutuhkan oleh society. Tidak hanya itu, tim kami juga membaca isu-isu terkini yang dapat jadikan insight saat merancang ide bisnis. “Dengan persiapan cukup matang, Tim TAM akhirnya berhasil memperoleh tiga juara. Tentunya, kami sangat bersyukur atas pencapaian yang diperoleh dan juga senang dapat mengharumkan nama FEB UI. Semoga kemenangan ini dapat terus memotivasi kami dan teman-teman lainnya untuk terus berusaha memberikan yang terbaik,” tutur Keisha.

Nabila Cahyarani Kusworo, menambahkan “Diselenggarakannya debat, semifinal, dan final dalam kompetisi ini menjadikan kami belajar untuk fokus dan konsisten terhadap marketing plan dan analisis yang telah dibuat. Hal terpenting tidak mudah patah semangat ketika tim lain sudah memiliki keuntungan terlebih dahulu. Tim TAM berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dari awal, terutama kepada Departemen Ilmu Ekonomi dan Departemen Manajemen FEB UI. Semoga kemenangan ini dapat berguna tidak hanya bagi kami tetapi juga lingkungan sekitar dan semakin memotivasi teman lainnya untuk dapat melakukan terbaik dalam setiap tantangan yang diberikan.”