FEB UI Raih Juara 1 Best Risk Performance dalam UI Enterprise Risk Management Award 2021

FEB UI Raih Juara 1 Best Risk Performance dalam UI Enterprise Risk Management Award 2021

 

DEPOK – (16–18/11/2021) Biro Transformasi, Evaluasi dan Monitoring (TREM) Universitas Indonesia menyelenggarakan Workshop dan Focus Group Discussion (FGD) Asesmen Risiko Kontrak Kinerja Tahun 2022 pada 16–18 November 2021 di Hotel Bigland, Bogor. Acara ini sebagai rangkaian pelaksanaan penerapan manajemen risiko terpadu UI yang dihadiri oleh perwakilan 4 organ dan seluruh risk officer (RO) yang ada di UI.

Dalam acara tersebut, Biro TREM UI juga memberikan penghargaan UI Enterprise Risk Management Award 2021 dengan kategori Best Risk Performance 1st kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Penghargaan tersebut diberikan oleh Sekretaris UI, dr. Agustin Kusumayati, Ph.D., kepada Kepala Renbang FEB UI, Astri Farliani, S.Sos. Penghargaan ini didapat berdasarkan penilaian UI terhadap keaktifan FEB UI dalam menerapkan manajemen risiko, Pimpinan dan RO paling aware dan responsif, menyusun risk register tercepat, unit dan RO paling aktif.

Selain pemberian penghargaan, Biro TREM UI melakukan sharing professional experience tentang risk management yang disampaikan oleh Darmin Nasution, Ketua Komite Risiko MWA UI, Sumantri Slamet, Anggota Komite Risiko MWA UI, dan Mirza Adityaswara, Anggota Komite Risiko MWA UI. Dengan adanya sharing professional experience diharapkan tim RO UI mendapatkan masukan yang bermanfaat untuk kedepannya.

Selain itu, Biro TERM UI melakukan FGD dengan membahas identifikasi risiko melalui pendekatan bottom up dan top down. Hasil FGD menghasilkan 442 risiko dengan pembagian, yaitu (1) Akademik dan Kemahasiswaan (61 risiko); (2) Operasional (135 risiko); (3)  Strategis (89 risiko); (4) Finansial (39 risiko); (5) SDM (17 risiko); dan (6) Hukum (32 risiko). (hjtp)