Asesmen Calon Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

0

Asesmen Calon Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Ā 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (9/11/2021) Universitas Indonesia (UI) menggelar ā€œAsesmen Calon Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIā€ secara daring, pada Selasa (9/11). Acara terbuka bagi publik secara luas melalui siaran langsung di kanal YouTube Universitas Indonesia. Asesmen Calon Dekan FEB UI Periode 2021-2015 dilakukan oleh para pimpinan UI.Ā 

Mengawali asesmen, Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro memberikan selamat kepada calon dekan yang berhasil melalui beberapa tahapan Pemilihan Dekan sehingga sampai pada tahap terakhir. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa pengelolaan pendidikan tinggi telah berubah, terutama untuk fakultas, karena setiap kompetensi tentu berbeda tingkat perubahannya.

Kemudian, para calon dekan memaparkan visi, misi, dan strategi program selama 5 menit, yakni paparan pertama oleh Siti Nuryanah, Ph.D., paparan kedua oleh Dr. Dodik Siswantoro, dan paparan ketiga oleh Teguh Dartanto, Ph.D.

Para panelis pun menanggapi paparan selama 20 menit sekaligus melakukan deliberasi untuk menentukan dekan terpilih FEB UI periode 2021-2025. Setelah melalui serangkaian tahapan, pimpinan UI memutuskan bahwa Teguh Dartanto, Ph.D. terpilih sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI untuk periode 2021 ā€“ 2025.

Teguh tercatat memperoleh gelar Master of Economics (M.Ec.) dari Hitotsubashi University dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) dari Nagoya University. Tak hanya itu, ia pun peraih beasiswa Monbukagakusho.

Selama di FEB UI, Teguh pernah menjabat sebagai Pejabat Dekan, Ketua Departemen Ilmu Ekonomi, Ketua Program Studi S-1 Ilmu Ekonomi, dan Kepala Grup Penelitian LPEM FEB UI. Sebelumnya, ia merupakan peneliti pada institusi penelitian Japan International Cooperation Agency (JICA) di Tokyo. Mulai April 2015, dia menjadi peneliti tamu di JICA.

Minat penelitiannya pada bidang analisis kemiskinan, ekonomi pembangunan, mikroekonometri, dan keseimbangan umum terapan. Bahkan, ia telah mempublikasikan penelitiannya pada jurnal bereputasi tinggi, di antaranya Energy Policy, Bulletin of Indonesian Economic Studies, The Singapore Economic Review, dan Margin-Journal of Applied Economics.

Kini, ia aktif berpartisipasi pada beberapa penelitian terkait pencakupan kesehatan universal dengan adanya informalitas, keberlangsungan dari premi premium, dan analisis keuangan dari perlindungan sosial di Indonesia.

Lebih lanjut, ia pun berpartisipasi pada penelitian kolaboratif dan perkonsultasian dengan berbagai lembaga internasional terkemuka, seperti Australian National University, Nagoya University, Asian Development Bank, Economic Research Institute for ASEAN and East Asia, United Nations Development Programme, dan Organisation for Economic Co-operation and Development.

Dalam paparannya, Teguh Dartanto, Ph.D. menekankan bahwa ia akan memprioritaskan kegiatan kolaborasi dengan berbagai pihak selama masa kepemimpinannya. Menurutnya, FEB UI harus bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh elemen di UI untuk mendukung pencapaian UI sebagai Top Ranking di Asia Tenggara dan Entrepreneur University.

Dengan amanah baru kepemimpinan selama 4 tahun ke depan, ia mengajak semua pihak berkepentingan untuk membangun FEB UI dengan berpedoman pada 3 nilai dasar. Pertama, nilai inklusif, yaitu membuka kesempatan setara dan seluas-luasnya bagi seluruh anak bangsa untuk bekerja dan belajar di FEB UI. Kedua, nilai relevanĀ  yaitu selalu beradaptasi dan berinovasi menghadapi berbagai tantangan perubahan zaman. Ketiga, nilai bereputasi, yaituĀ  menunjukkan kredibilitas FEB UI dalam bidang akademik dan non-akademik, baik di dalam maupun luar negeri. (ts)