Pemaparan Visi Misi Bakal Calon Dekan FEB UI Periode 2021-2025

Pemaparan Visi Misi Bakal Calon Dekan FEB UI Periode 2021-2025

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (21/10/2021) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menggelar “Pemaparan Visi Misi Bakal Calon Dekan FEB UI Periode 2021-2025” secara daring, pada Kamis (21/10). Acara terbuka bagi publik internal—sivitas akademika dan keluarga besar FEB UI—maupun publik eksternal—masyarakat secara luas dari berbagai kalangan—melalui siaran langsung di kanal YouTube Humas FEB UI. Terhitung lebih dari 200 orang menghadiri acara dan hingga tulisan dinaikkan, lebih dari 1.500 orang melihat tayangan di kanal YouTube

Panitia Seleksi Calon Dekan (PSCD) FEB UI terdiri atas Muhammad Chatib Basri, Ph.D. (Ketua PSCD), Dr. Thia Jasmina (Sekretaris PSCD), dan Prof. Abdul Haris (Perwakilan Rektorat UI). Sementara anggota PSCD ialah Destry Damayanti, M.Sc., Prof. Dr. Robert Arthur Simanjuntak, Dr. Elvia Rosantina, dan Dr. Tengku Ezni Balqiah.

Dalam sambutannya, Muhammad Chatib Basri, Ph.D. menyampaikan bahwa acara utama pemaparan visi dan misi bakal calon dekan sangat penting dalam Rangkaian Pemilihan Dekan FEB UI. Ia berharap mekanisme pemilihan dekan terjamin transparansinya.

PSCD menyatakan bahwa Dr. Dodik Siswantoro, Siti Nuryanah, Ph.D., dan Teguh Dartanto, Ph.D. terpilih sebagai bakal calon dekan usai lolos tahap verifikasi administrasi pada 14 Oktober 2021. Setiap bakal calon dekan memiliki waktu 15 menit untuk memaparkan visi, misi, dan program kerja.

Lalu, para panelis Prof. Mari Elka Pangestu, Ph. D. (Guru Besar FEB UI dan World Bank Managing Director of Development Policy and Partnerships), Prof Bambang P. S. Brodjonegoro, Ph.D. (Guru Besar FEB UI), dan Eri Reksoprodjo, M.B.A. (Anggota ILUNI FEB UI dan Managing Partner Kejora Ventures) menanggapi paparan tersebut.

Pada sesi selanjutnya, publik boleh mengajukan pertanyaan kepada bakal calon dekan melalui kolom percakapan langsung kepada co-host, tetapi hanya terkait visi dan misi.

Publik terlihat cukup antusias mengajukan pertanyaan seputar upaya bakal calon dekan untuk menangani perekrutan dosen, pemberian endowment fund, pengembangan ekosistem ekonomi syariah, peningkatan aspek bisnis di FEB UI, pelibatan mahasiswa saat menyusun program, penjaminan kampus terbebas dari kasus kekerasan seksual, dan sebagainya.

Harapannya, pemaparan ini akan mencetak pemimpin yang berintegritas tinggi sehingga mampu membawa FEB UI meraih visi menjadi pusat pembelajaran ekonomi dan bisnis yang unggul di Asia sehingga berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia dan masyarakat global.

Mekanisme lebih lanjut, bakal calon dekan akan menghadapi tahap wawancara dengan PCSD secara tertutup pada 25 – 27 Oktober. Setelah penetapan pada 28 Oktober, PSCD akan mengumumkan dan menyerahkan Calon Dekan FEB UI ke Rektor UI pada 29 Oktober 2021.

 

Video Pemaparan https://www.youtube.com/watch?v=VGxwQdsTK3w&t=342s

Leave a Reply