Peringkat Satu di Indonesia Versi THE WUR by Subject 2022, UI Unggul di Rumpun Social Sciences

Peringkat Satu di Indonesia Versi THE WUR by Subject 2022, UI Unggul di Rumpun Social Sciences

 

Depok – (18/10/2021) Pada rumpun Social Sciences, UI menempati posisi 1 di Indonesia atau naik dari peringkat 501-600 (Times Higher Education/THE WUR By Subject 2021) ke peringkat 401-500 di dunia. UI berada di peringkat ke-7 di Asia Tenggara yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang berhasil masuk Top 10 di Asia Tenggara.

Dalam mengukur kinerja perguruan tinggi, THE WUR by Subject 2022 menggunakan indikator yang sama dengan THE WUR 2022. Indikator tersebut telah dikalibrasi untuk menyesuaikan setiap bidang ilmu. THE WUR by Subject 2022 melakukan penilaian pemeringkatan berdasarkan lima indikator, yaitu: Industry Income (2,5%), International Outlook (7,5%), Teaching (30%), Research (30%), dan Citations (30%).

Lembaga ini melakukan pemeringkatan berdasarkan aspek performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar, rasio jumlah staf-mahasiswa, rasio lulusan bergelar sarjana-doktoral, penghargaan doktor sesuai dengan disiplin ilmu), kinerja penelitian, jumlah karya perguruan tinggi yang dikutip (sitasi) oleh para sarjana secara global, pendapatan industri, serta pandangan internasional (proporsi mahasiswa asing, kolaborasi internasional).

Empat bidang ilmu di Universitas Indonesia (UI) menempati posisi teratas sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia THE. THE merilis THE World University Rankings (WUR) by Subject 2022 untuk 5 (lima) bidang ilmu yaitu: Engineering dan Computer Science (6 Oktober 2021) dan Social Sciences, Business & Economics, Law pada 6 Oktober 2021. Pemeringkatan tersebut diumumkan melalui laman resmi THE World University Rankings https://www.timeshighereducation.com/world-universityrankings/by-subject.

Jika ditinjau dari lima indikator penilaian THE WUR by Subject 2022, di Indonesia UI unggul pada empat indikator penilaian. Keempat indikator tersebut yaitu, Industry Income 97.8, International Outlook dengan skor 58.3, Teaching 31.8, dan Research 16.6. Bidang studi Social Sciences mencakup berbagai subjek. Subjek yang digunakan untuk membuat peringkat ini adalah Communication and media studies, Politics and international studies (including development studies), Sociology, dan Geography.

Pada bidang ilmu Engineering, UI menempati peringkat terbaik kedua di Indonesia, berhasil masuk dalam Top 15 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara, dan peringkat 601–800 di dunia. Skor UI pada indikator Industry Income merupakan skor tertinggi dari indikator lainnya yaitu, 81.6. Di Indonesia, pada bidang ilmu ini UI unggul pada indikator penilaian International Outlook 50.8 dan Teaching 29.1.

Menanggapi pencapaian tersebut, Dekan Fakultas Teknik UI Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono mengatakan bahwa pencapaian ini menempatkan FTUI sebagai salah satu institusi pendidikan teknik terbaik di Indonesia. “Perhatian khusus FTUI diberikan terhadap usaha untuk meningkatkan peringkat internasional FTUI. Dari capaian riset dan pengmas, FTUI terus meningkat dari tahun 2017 – 2020, yaitu sebesar 63.3 miliar pada tahun 2020. Beberapa hasil riset juga telah berhasil dikomersialisasi diantaranya ventilator darurat “Covent-20”, Propolis Indonesia, Flock Swab, dan masih banyak lagi,” ujarnya. FTUI didukung oleh 250 dosen dan 172 karyawan tetap dan tidak tetap. Lebih dari 84% dosen (210 orang) telah bergelar Doktor dari berbagai perguruan tinggi di luar negeri.

Terkait dengan indikator penilaian Teaching, FTUI memiliki 12 program studi jenjang sarjana, 7 program studi magister, dan 6 program studi doktor FTUI yang telah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi dan juga telah diases oleh lembaga asesmen regional, ASEAN University Network. Saat ini FTUI memiliki 1083 mata kuliah yang terdata di situs EMAS UI. Fasilitas belajar mengajar di FTUI terus ditingkatkan dan berorientasi pada green building. Sejak tahun 2018 FTUI menambah beberapa fasilitas PLTS antara lain 50 kWp di atap gedung Engineering Center, 10 kWp Floating PV di danau Mahoni, dan 101 kWp di atap Gedung i-CELL.

Sementara itu pada bidang ilmu Business & Economics, UI menempati peringkat 1 di Indonesia, peringkat ke-21 dari 33 institusi di Asia Tenggara, dan peringkat 601+ di dunia. Pada indikator Industry Income, UI meraih skor tertinggi dari indikator lainnya yaitu, 88.1. Di Indonesia, UI unggul pada indikator penilaian International Outlook dengan skor 38.9 dan Teaching 31.8.

Kemudian pada bidang ilmu Computer Science, UI menempati peringkat 2 di Indonesia, posisi 8 dari 32 institusi di Asia Tenggara yang mengalahkan Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia), Chulalongkorn University (Thailand), Mahidol University (Thailand), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Indonesia); dan peringkat 601-800 di dunia. Pada bidang ilmu ini, UI unggul pada indikator International Outlook di Indonesia, dengan skor 31.9.

 

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Mariana Sumanti, S.Hum, Wanda Ayu Agustin, S.IP

(Media Relations UI, humas@ui.ac.id ; 08151500-0002)

 

Berita yang sama juga dimuat pada : https://m.antaranews.com/berita/2469745/ui-unggul-di-rumpun-ilmu-sosial-versi-the-wur

Leave a Reply