Langkah Awal Re-Akreditasi ABEST21 untuk MM FEB UI

Langkah Awal Re-Akreditasi ABEST21 untuk MM FEB UI

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (22/9/2021) Mengawali proses re-akreditasi Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow (ABEST21) untuk program studi Magister Manajemen (MM) FEB UI, tim ABEST21 telah melangsungkan Online Peer Review Visit, pada Rabu (22/9).

Sejak April 2018, MM FEB UI telah terakreditasi ABEST21. Akreditasi internasional tersebut berlaku selama 5 tahun dan berakhir pada Maret 2023. Oleh karenanya, MM FEB UI akan menjalani proses re-akreditasi untuk mempertahankan masa berlaku akreditasi.

Kepala Program Studi MM FEB UI Prof. Rofikoh Rokhim mengatakan, “Proses re-akreditasi untuk MM FEB UI akan memakan waktu sekitar satu sampai dua tahun. Selama persiapan, MM FEB UI membentuk tim untuk menyusun laporan sesuai dengan format yang ditentukan oleh ABEST21.”

Menurut Rofikoh, re-akreditasi sangat penting dalam menjamin mutu program studi  secara eksternal, baik bidang akademik maupun non akademik, untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.

Dengan demikian, proses penjaminan mutu akan terus berkelanjutan untuk memastikan bahwa program studi MM FEB UI memiliki kesetaraan dalam standar kualitas pada taraf nasional hingga internasional.

Ia menjelaskan, “Pada tahapan pertama, MM FEB UI membuat The Quality Improvement Strategies (QIS) yang terdiri atas The School’s Educational System; Quality Improvement for the Past Three Years; Educational and Research Environment Analysis; dan The School’s Strategies.”

“Kemudian, tim reviewer dari akademisi 3 universitas berbeda melakukan tahap review dan visitasi. Apabila lolos, MM FEB UI harus menyusun Self Check Report (SCR) berdasarkan 26 standar dan 142 kriteria pada tahap selanjutnya. Lalu, laporan tersebut akan dibahas dan diumumkan pada rapat board tahunan,” imbuhnya.

Usai Online Peer Review Visit, MM FEB UI menerima tanggapan baik atas agenda rencana selama 5 tahun ke depan. Tim reviewer pun mengapresiasi strategi Globalizing the Program dengan rencana peningkatan partisipasi anggota fakultas internasional dan diaspora peneliti  dalam kegiatan pengajaran dan penelitian di MM FEB UI.

Strategi tersebut memuat kerja sama antara MM FEB UI dan Coventry University dalam menyelenggarakan program MM Aviasi. Selain itu, MM FEB UI pun menjajaki beberapa sekolah ternama lainnya untuk menjalin kerja sama dalam penyelenggaraan peminatan bersama.

Global Network Week

Dalam visinya, MM FEB UI ingin menciptakan lulusan yang kelak akan menjadi pemimpin dengan pola pikir global. Implementasinya, MM FEB UI memberikan sentuhan international exposure dalam setiap aspek kegiatannya. Sejak 2014, telah bergabung dengan Global Network for Advanced Management (GNAM) yang digagas oleh Yale School of Management.

Sementara implementasi dari kegiatan pada jaringan GNAM, MM FEB UI rutin melaksanakan kegiatan Global Network Week (GN Week) setiap Maret dan Oktober. Peserta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa dari beberapa universitas yang tergabung dalam jaringan GNAM. Hingga 2021, tercatat MM FEB UI sudah 12 kali menjalankan kegiatan GN Week.

Center for Education and Learning in Economics and Business

Masih dalam rangka continuous improvement, FEB UI pun baru saja meluncurkan inovasi nyata CELEB (Center for Education and Learning in Economics and Business) untuk mengoptimalkan kualitas belajar dan pembelajaran di FEB UI.

Beberapa tugas yang dilakukan oleh CELEB FEB UI, meliputi pengembangan dan pengelolaan mata kuliah wajib fakultas, pengembangan MOOCs (Massive Open Online Courses), serta pengembangan dan pemutakhiran desain pembelajaran mata kuliah, termasuk learning management system, pedagogi, metode, dan evaluasi pembelajaran.

Leave a Reply