ILUNI FEB UI, PT. SMI, dan LPEM Resmikan Gedung Departemen IE FEB UI sebagai Wujud Program FEB UI Calling, “Giving Back untuk Kampus Tercinta”

0

ILUNI FEB UI, PT. SMI, dan LPEM Resmikan Gedung Departemen IE FEB UI sebagai Wujud Program FEB UI Calling, “Giving Back untuk Kampus Tercinta”

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (26/9/2021) Dalam wujud Program FEB UI Calling dengan hastag “Giving Back untuk Kampus Tercinta”, Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (ILUNI FEB UI) bersama dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) meresmikan Gedung Departemen Ilmu Ekonomi (IE) FEB UI secara luring di Selasar Gedung Dekanat dan Gedung Departemen IE serta daring via Zoom, pada Minggu (26/9/2021).

Gedung Departemen IE FEB UI yang diresmikan berjumlah 8 ruangan, yaitu (1) Lobby, Auditorium, MOOC dan Podcast persembahan dari ILUNI FEB UI; (2) Laboratorium Komputer persembahan dari PT. SMI; (3) Project Room persembahan dari alumni 1981; (4) Co Working Space dan Produksi Jurnal persembahan dari alumni 1983; (5) ruang Diskusi dan Ujian persembahan dari alumni 1987; (6) Lounge lantai 2 persembahan dari alumni 1988; (7) ruang Professor lantai 1 persembahan dari alumni 2008; dan (8) ruang Dosen Tetap persembahan dari LPEM.

Acara yang diadakan di Selasar Gedung Dekanat diawali dengan sambutan dari Pj. Dekan FEB UI dan Ketua ILUNI FEB UI, penandatanganan berita acara renovasi Gedung Departemen IE FEB UI untuk 8 ruangan, pemberian simbolis apresiasi kepada 3 tendik (Moh. Muadin masa kerja 24 tahun, Nuriat masa kerja 21 tahun, Achmad Fauzi masa kerja 14,5 tahun). Kemudian, menuju ke Gedung Departemen IE FEB UI untuk dilakukan pengguntingan pita melati sebanyak 8 ruangan sebagai tanda bahwa Gedung tersebut sudah diresmikan. Acara ditutup dengan foto bersama dan ramah-tamah.

Pj. Dekan FEB UI, Teguh Dartanto, Ph.D. memberikan sambutan bahwa renovasi Gedung Departemen IE FEB UI bisa terlaksana berkat kerjasama antara ILUNI FEB UI, PT. SMI, dan LPEM. Walaupun renovasi berada di Departemen IE namun sebagian dari ruangan bisa didedikasikan untuk Fakultas, seperti ruang multimedia, MOOC dan Podcast (sebagai respon dari pemanfaatan ruang tersebut, Fakultas sudah mendirikan Center for Education and Learning of Economics and Business/CELEB).

FEB UI merespon perkembangan perkuliahan era milenial/digital untuk mata kuliah wajib, yaitu leadership dan kewirausahaan yang dosen/pengajar bekerjasama dengan ILUNI FEB UI. Dalam hal ini, mahasiswa dibebaskan untuk memilih satu mata kuliah yang diminati antara leadership dan kewirausahaan. “Saya mewakili Pimpinan FEB UI mengucapkan terima kasih kepada ILUNI FEB UI yang telah memberikan sumbangan donasi untuk merenovasi Gedung Departemen IE FEB UI sekaligus melakukan koordinasi pengumpulan dana dengan berbagai pihak mulai dari alumni FEB UI angkatan 81, 83, 87, 88, 2008, PT. SMI, dan LPEM, sehingga renovasi bisa berjalan dengan lancar,” jelas Teguh di akhir sambutannya.

Hal senada juga disampaikan Ketua ILUNI FEB UI, Destry Damayanti, yang menceritakan bahwa ide legacy ILUNI FEB UI untuk kampus FEB UI awal mulanya berasal dari pemikiran Mirza Adityaswara, Ketua ILUNI periode sebelumnya. Selama ini, kegiatan ILUNI berdedikasi pada FEB UI dengan memberikan rasa kepedulian seperti renovasi, beasiswa, sponsorship, dan sebagainya. Saat ini, ILUNI membuat dompet/program baru, bernama FEB UI Calling. Hal ini menunjukkan hubungan ILUNI dengan FEB UI relatif cair dan berkesinambungan dengan berusaha menjaga tata kelola dan profesionalitas dari FEB UI. Tak hanya itu, ILUNI juga mempunyai Program Gotong Royong dalam membantu masyarakat luas menanggulangi pandemi Covid-19. Semua pogram dan kegiatan yang dilakukan ILUNI FEB UI memanfaatkan networking dengan para stakeholder, baik perusahaan/industri maupun sesama angkatan alumni.

Menurut Destry, khusus untuk renovasi Gedung Departemen IE FEB UI, ILUNI FEB UI sudah meminta izin penggunaan dana kepada dewan pembina dan yayasan ILUNI. Dana juga terkumpul dari rekan-rekan alumni angkatan 81, 83, 87, 88, dan 2008. Selain itu, ILUNI melebarkan sayap dengan berkoordinasi ke teman alumni lainnya yang berada di korporasi, yaitu PT. SMI. Donasi renovasi ini merupakan salah satu bentuk kecil dari rasa kepedulian ILUNI kepada FEB UI. Tentunya, ILUNI ingin agar FEB UI bisa terus meningkatkan dan menjalankan amanah yang diemban, karena tantangan yang dihadapi selanjutnya tidaklah mudah.

“Saya mengapresiasi dan menyambut baik program FEB UI terbaru yang melibatkan ILUNI FEB UI untuk memberikan pengajaran leadership maupun kewirausahaan. Para ILUNI sangat antusias untuk berpartisipasi terhadap program tersebut sebagai bentuk penggerak inovasi ekonomi Indonesia. Salah satu kriteria sukses dari suatu universitas ditentukan dari bagaimana kontribusi alumni kepada universitas bersangkutan,” demikian Destry menutup sambutannya.