MM FEB UI Adakan Pembukaan Program Kelas Kerjasama dengan Karya Group pada Tahun Ajaran Baru Semester Gasal 2021/2022

0

MM FEB UI Adakan Pembukaan Program Kelas Kerjasama dengan Karya Group pada Tahun Ajaran Baru Semester Gasal 2021/2022

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (3/9/2021) Pada tahun ajaran baru Semester Gasal 2021/2022, Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (MM FEB UI) membuka program baru, yaitu Program Eksekutif Kelas Karya Group, yang merupakan kerjasama dengan 4 perusahaan BUMN Karya Group terdiri dari PT. Hutama Karya (Persero), PT. Jasa Marga (Persero), Tbk, PT. Adhi Karya (Persero), Tbk, dan PT. Nindya Karya (Persero). Sebelum memulai perkuliahan, MM FEB UI menggelar pembukaan  secara daring, pada Jumat (3/9/2021).

Ketua Program Studi MM FEB UI, Prof. Rofikoh Rokhim, Ph.D., membuka jalannya acara. Rofikoh menuturkan “MM FEB UI pada tahun ajaran baru 2021/2022 membuka program kelas baru bekerjasama dengan Karya Group menerima 43 mahasiswa yang berhasil lulus seleksi ujian, diantaranya 29 dari Jasa Marga, 12 dari Hutama Karya, 1 dari Nindya Karya, dan 1 dari Adhi Karya. Sebagai sekolah bisnis yang berupaya menyejajarkan diri dengan sekolah bisnis di dunia, MM FEB UI saat ini telah terakreditasi secara internasional oleh ABEST 21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow) dan AMBA (Association of MBAs). Selain itu, FEB UI juga sedang dalam tahap memperoleh akreditasi AACSB (Association to Advance Collegiate School of Business).”

Maka dari itu, MM FEB UI menerapkan banyak kegiatan bagi para mahasiswa untuk membentuk kerjasama, berdiskusi aktif, melempar gagasan dan mewujudkan banyak pemikiran menjadi sesuatu yang berguna bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat. Selain itu, saling membangun pengertian, menghargai keberagaman dan kebhinekaan, mengasah kreativitas, berkomunikasi, menjalin relasi dan berkolaborasi, mengasah kepemimpinan dan menjunjung tinggi kemartabatan, etika, serta nilai-nilai kebangsaan. “Saya ucapkan selamat datang dan bergabung bagi para mahasiswa Program Eksekutif Kelas Karya Group di keluarga besar MM FEB UI. Selamat belajar dan semoga sukses hingga akhirnya kami dengan bangga menyematkan gelar Magister Manajemen bagi Anda di 2 tahun mendatang,” tutur Rofikoh di akhir sambutannya.

Direktur HC dan Legal PT. Hutama Karya (Persero), Muhammad Fauzan, S.T., M.M., menyampaikan bahwa program kerjasama MM FEB UI dengan Karya Group sebagai tugas belajar dari perusahaan Karya Group untuk para karyawan terpilih dengan harapan mendapat pengayaan, pengalaman akademik (teori dan praktik) dari MM FEB UI, sehingga saat kembali ke perusahaan bisa memberikan sumbangsih yang besar demi kemajuan perusahaan seperti penyelesaian masalah, memberikan solusi positif bagi aksi korporasi/program perusahaan.

Dalam upaya membentuk SDM unggul di masing-masing perusahaan, Karya Group di bawah kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir, sangat didorong untuk meningkatkan kompetensi profesionalitas, kapabilitas dari semua insan karyawan BUMN. “Dengan diberlakukannya program kerjasama ini, khususnya PT. Hutama Karya yang sedang ditugasi oleh pemerintah dalam membangun infrastruktur jalan tol Trans-Sumatera, nantinya para karyawan dapat memberikan sumbangsih nyata sesuai ilmu yang diperoleh dari MM FEB UI,” ucap Fauzan.

Direktur HC dan Transformasi PT. Jasa Marga (Persero), Tbk, Enkky Sasono A.W, M.M., menjelaskan tujuan utama melakukan kerjasama dengan MM FEB UI ialah meningkatkan kapabilitas SDM di Jasa Marga untuk bisa bersaing secara nasional maupun global. Selain itu, Jasa Marga juga sedang menyiapkan kader-kader pemimpin masa depan, baik di BUMN, swasta, dan nasional. Maka dari itu, para SDM Jasa Marga untuk semangat dan berkomitmen dalam mengikuti semua perkuliahan, studi kasus, penelitian yang diterapkan MM FEB UI.

Senior Vice President Human Capital  PT. Nindya Karya (Persero) Alif Usman Amin, mengatakan suatu kebanggaan bagi Nindya Karya dapat bergabung di kampus MM FEB UI yang telah melahirkan talenta-talenta atau alumnus terbaik dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara. “Saya ucapkan selamat memulai aktivitas perkuliahan khususnya SDM Nindya Karya, semoga komitmen selalu dijaga sehingga masa studi bisa terselesaikan dengan baik dan terstruktur. Hal ini sebagai langkah awal membentuk SDM Unggul Indonesia Maju,” demikian Alif Usman menutup sambutannya.