Ari Kuncoro di Webinar HK Academy “Trans Sumatra Toll Road: Accelerating Indonesia’s Economic Growth Through Infrastructure Development”

0

Ari Kuncoro di Webinar HK Academy “Trans Sumatra Toll Road: Accelerating Indonesia’s Economic Growth Through Infrastructure Development”

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (9/9/2021) Rektor Universitas Indonesia sekaligus Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Prof. Ari Kuncoro, Ph.D., menjadi pembicara dalam Webinar HK Academy, mengusung tema “Trans Sumatra Toll Road: Accelerating Indonesia’s Economic Growth Through Infrastructure Development” pada Kamis (9/9/2021).

Di dalam pemaparannya, Profesor Ari Kuncoro mengatakan pembangunan infrastruktur Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) bisa menghubungkan pusat-pusat aglomerasi di Sumatera untuk saling bersinergi sehingga mendorong pertumbuhan inklusif dan mampu menurunkan kemiskinan, ketimpangan distribusi pendapatan, menyerap lebih banyak tenaga kerja. Mengingat selama ini di Pulau Sumatera terdapat 3 daerah sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang mengandalkan keunggulan pertambangan dan perkebunan tidak terkoneksi dengan tumbuh secara lokal, diantaranya Riau, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

Sementara itu, kehadiran JTTS tidak hanya mampu meningkatkan mobilitas masyarakat Sumatera saja, tapi juga pertumbuhan ekonomi di sektor lainnya. “Hal ini mendorong orang menjadi lebih terhubung dan mudah dalam bertransaksi sehingga meningkatnya daya beli domestik di Sumatera. Secara perlahan sektor perdagangan, hotel, dan restoran mulai berbagi peran dengan sektor manufaktur dan perkebunan,” ujar Ari.

Lanjut Ari, semakin baiknya konektivitas infrastruktur bisa menghubungkan pedesaan dan perkotaan dalam suatu kesempatan kerja yang memberikan akses pada penduduk untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian. Ditambah lagi, program-program sosial dari pemerintah turut menginformalkan masyarakat di sektor informal yang selama ini hidup di luar arus utama daya beli.