UKM Center FEB UI Kolaborasi dengan Bank Indonesia Perkenalkan QRIS sebagai Solusi Pembayaran Digital

0

UKM Center FEB UI Kolaborasi dengan Bank Indonesia Perkenalkan QRIS sebagai Solusi Pembayaran Digital

 

DEPOK – (27/8/2021) UKM Center FEB UI mendukung salah satu himbauan pemerintah untuk memaksimalkan pembayaran digital dengan mengadakan workshop bersama Bank Indonesia. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan skema pembayaran cashless untuk masyarakat. Acara bernama “Bedah UKM, bertema; Kenalan dengan QRIS, Pembayaran Praktis dan Higienis” ini dilaksanakan pada 27 Agustus 2021 dan dihadiri oleh 100 UMKM.

Kepala UKM Center FEB UI, T.M. Zakir Syakur Machmud, Ph.D., menekankan bahwa UKM Center FEB UI sangat antusias untuk memperkenalkan QRIS kepada para pelaku mitra binaan dan pelaku UMKM pada umumnya. Beliau menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia karena sudah bersedia memfasilitasi lebih lanjut mengenai QRIS ini. Setelah ini, beliau berharap kolaborasi antara pemerintah dan akademisi ini terus dapat berlanjut dalam menciptakan iklim usaha yang nyaman bagi para pelaku UMKM.

Hal senada juga disampaikan oleh pimpinan fakultas. “Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia juga memastikan bahwa kami memiliki komitmen kuat dalam mendorong penggunaan teknologi pada aktivitas ekonomi, sebagai salah satu isu akademis. Pada saat yang sama, kami memiliki peran pengabdian masyarakat, yang salah satunya dijalankan oleh UKM Center FEB UI, dalam mensosialisasikan dan mengedukasi para pelaku usaha untuk mengaplikasikan teori dan program yang dapat membantu mereka. Program pengenalan QRIS ini menjadi salah satu bentuk komitmen tersebut” ujar Teguh Dartanto Ph.D., dalam sambutannya selaku Pj. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI.

Setelah sambutan tersebut, acara dimulai dengan pengenalan metode pembayaran QRIS. Materi ini di paparkan oleh Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Ricky Satria. Dalam pemaparan QRIS, beliau menekankan peran QRIS sebagai salah satu metode pembayaran cashless dalam mengurangi risiko penularan COVID-19 pada masa pandemi. Pembayaran ini akan relatif sangat mudah karena menggunakan media smartphone yang secara umum selalu dibawa ke berbagai lokasi. Dengan demikian metode ini diharapkan dapat membuat transaksi jual beli semakin praktis, dan higienis.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan pemberian testimoni langsung dari UMKM pengguna QRIS. Pada kesempatan kali ini, testimoni diberikan oleh Yohanes sebagai pemilik dari Novel Laundry yang juga merupakan Mitra Binaan UKM Center FEB UI. Beliau menyampaikan manfaat yang sangat banyak bagi para UMKM. Oleh karena itu, beliau mendorong para pelaku UMKM lain untuk segera menggunakan QRIS.

Pada penghujung acara, keynote speaker disampaikan oleh Bank Indonesia. Pada masa pandemi ini, para UMKM harus mampu memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan bisnis seperti yang disampaikan oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Darmayanti. Salah satu bentuk kesiapan digital ini adalah dengan belajar dan siap untuk terus mengadopsi teknologi terbaru, salah satunya QRIS.

Kegiatan ini ditutup dengan beberapa doorprize sekaligus fasilitasi kepada para peserta yang ingin membuat QRIS. Para peserta ini nantinya akan dihubungkan dengan penyedia layanan jasa sistem pembayaran yang diinginkan. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga mendorong para pelaku UMKM untuk langsung membuat QRIS bagi usahanya.