UKM Center FEB UI bersama BSI dan KNEKS Adakan Pembukaan Entrepreneur Class 2021

0

UKM Center FEB UI bersama BSI dan KNEKS Adakan Pembukaan Entrepreneur Class 2021

 

DEPOK – (14/8/2021) UKM Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas IndonesiaĀ  (UKMC FEB UI) bersama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) melaksanakan pembukaan program Entrepreneur Class 2021Ā secara online. Entrepreneur Class merupakan program pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UMKM, yang dilakukan selama sebulan penuh secara online dan juga gratis bagi UMKM di seluruh Indonesia.

Program ini terdiri dari dua kelas, yaitu Kelas Bisnis Syariah UMKM Industri Halal dan Kelas Bisnis Reguler dengan total peserta sebanyak 500 UMKM. Kelas pertama, diikuti oleh 50 UMKM dan diinisiasi oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), dengan melibatkan inkubator bisnis beberapa perguruan tinggi di Indonesia antara lain Oorange UNPAD, STP IPB University, PIB Institut TAZKIA, Greater Hub SBM ITB dan juga BSI. UKMC FEB UI, selain sebagai salah satu penyusun modul/materi bagi UMKM Industri Halal juga dipilih oleh BSI sebagai pelaksana uji coba pertama terkait pelatihan ini. Materi-materi yang akan disampaikan pada kelas ini cukup beragam, mulai dari Etika Bisnis Islami, hingga Manajemen Mutu Islami dan akan diisi oleh pemateri dari BSI dan lembaga-lembaga inkubator perguruan tinggi yang terlibat.

Sementara itu, untuk kelas Bisnis Reguler, diikuti oleh 450 UMKM terpilih (dari total 900 lebih pendaftar) yang terbagi dalam 9 batch. Para UMKM ini memiliki jenis usaha yang beragam, mulai dari fashion, kriya, jasa, perdagangan dan sektor kuliner, dengan lokasi usaha yang beragam, tersebar dari Sumatera hingga ke Indonesia Timur. Selain diisi oleh materi-materi dasar seperti Manajemen Keuangan, Legalitas dan Perizinan, Manajemen Produksi/operasi, Digital Marketing juga diberikan materi khusus di awal berupa Etika Bisnis Islami bekerja sama dengan PIB Institut TAZKIA.

Pembukaan Entrepreneur Class 2021 kemarin diisi oleh sambutan dari T.M Zakir Machmud Ph.D., Kepala UKM Center FEB UI, Ir. Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah KNEKS, serta Dewa Bagus Ivan Baruna, Group Head Bank Syariah Indonesia University. Pada pembukaan ini, diikuti juga oleh ratusan peserta UMKM terpilih dan beberapa fasilitator dari UKMC FEB UI.

Diharapkan dengan adanya program Entrepreneur Class yang terdiri dari 2 jenis kelas ini dapat mendukung para pelaku UMKM untuk dapat bertahan dan beradaptasi di tengah kondisi pandemi ini. Melalui kelas Bisnis Syariah UMKM Industri Halal diharapkan dapat mendorong para pelaku UMKM di Indonesia untuk masuk ke pasar syariah, dengan potensi pasarnya yang cukup besar di Indonesia. Sementara itu UMKM yang tergabung dalam kelas Bisnis Reguler juga diharapkan dapat mulai melakukan perubahan fundamental dalam manajemen bisnis mereka, baik dalam hal pemasaran (melalui digital marketing), pemenuhan legalitas/perizinan, maupun masalah klasik seperti manajemen keuangan.

Program ini merupakan bentuk kolaborasi tripartit antara BSI ā€“ KNEKS ā€“ UKMC FEB UI, dalam mendukung fokus pemerintah pada aspek Syariah, UMKM dan Digital dan dalam rangka mewujudkan ā€œUMKM Naik Kelasā€. Diharapkan ke depannya, UKMC FEB UI dan BSI serta KNEKS dapat terus bersinergi untuk melakukan pemberdayaan bagi lebih banyak lagi UMKM di Indonesia, baik yang berbasis syariah, maupun non syariah.

(Div. Pelatihan dan Pendampingan UKMC FEB UI)