LD FEB UI dan FKP: Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kondisi Sosial, Demografi, Kesehatan, dan Ekonomi Lansia

0

LD FEB UI dan FKP: Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kondisi Sosial, Demografi, Kesehatan, dan Ekonomi Lansia

 

DEPOK – (5/8/2021) Dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-57, Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) bekerja sama dengan Forum Kajian Pembangunan (FKP) Indonesia melakukan Seminar Reguler pertama pada Kamis (5/8/2021).

Dalam seminar tersebut, Prof. Sri Moertiningsih Adioetomo dan Elda Luciana Pardede menyampaikan paparannya tentang “The Social, Health, and Economic Impacts of COVID-19 on Older Persons in Indonesia.”

Menurut Prof. Toening dan Elda, dampak pandemi COVID-19 lebih dirasakan oleh mereka yang rentan, termasuk penduduk lanjut usia (lansia). Lansia lebih cenderung untuk miskin dibandingkan yang lebih muda, terutama lansia perempuan, lansia yang tinggal di perdesaan dan lansia disabilitas. Pandemi juga memengaruhi kesehatan lansia secara fisik dan mental. Pembatasan mobilitas membuat mereka sulit mengakses layanan kesehatan.

Selain itu, lansia juga paling rentan mengalami penurunan pendapatan sekaligus kenaikan pengeluaran ketika pandemi, terutama untuk makanan dan kesehatan. Penanganan pandemi perlu dilakukan dengan meningkatkan akses kebutuhan dasar dan meningkatkan ketahanan pangan.

Sistem perlindungan untuk lansia harus ada, sehingga dalam keadaan darurat seperti sekarang, mitigasi lebih mudah dilakukan. Hal ini dilakukan tetap dengan membangun sistem kesehatan, ekonomi, dan bantuan sosial jangka panjang bagi lansia, yang akan menguntungkan penduduk secara keseluruhan di masa depan.

 

Rekaman seminar:
https://www.youtube.com/watch?v=IUCCqz7vb6s

Materi seminar:
https://ldfebui.org/materi-seminar/