Promosi Doktor PPIM FEB UI, The Effect of Top Management Team Commitment and Leadership Agility Development on Field Agile Leader, Capabilities, Resources Orchestration and Its Performance

0

Promosi Doktor PPIM FEB UI, The Effect of Top Management Team Commitment and Leadership Agility Development on Field Agile Leader, Capabilities, Resources Orchestration and Its Performance

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – (30/7/2021) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Muhammad Zulkifli (1706090351) secara daring, pada Jumat (30/7/2021). Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus  berjudul “The Effect of Top Management Team Commitment and Leadership Agility Development on Field Agile Leader, Capabilities, Resources Orchestration and Its Performance: An Empirical Study in the Indonesia Oil and Gas Sector”.

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Teguh Dartanto, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. (Promotor), Dr. T. Ezni Balqiah (Ko-Promotor 1), Dr. Mohammad Hamsal (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Ketua Penguji), Riani Rachmawati, Ph.D., Sari Wahyuni, Ph.D., Dr. Setyo Hari Wijanto, dan Dr. Waluyo.

Promovendus Muhammad Zulkifli meneliti bahwa dengan ketidakpastian lingkungan, peran ekstra dari para pemimpin tingkat menengah dalam operasi lapangan, menjadi kekuatan pendorong untuk memediasi kemampuan operasional internal, demi meningkatkan kinerja unit lapangan, khususnya di negara-negara berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menangkap pemahaman tentang pengaruh komitmen tim manajemen puncak, dan pengembangan ketangkasan kepemimpinan terhadap pemimpin lapangan, kemampuan, orkestrasi sumber daya dan kinerja mereka di sektor minyak dan gas Indonesia.

Studi ini mengintegrasikan tiga bidang utama penelitian di bidang manajemen sebagai berikut: (1) manajemen stratejik; (2) kepemimpinan; dan (3) manajemen operasi dan proyek. Model penelitian baru yang dikembangkan terdiri dari enam variabel dan sembilan hipotesis. Variabel-variabel tersebut adalah: (1) komitmen manajemen puncak (TMC); (2) pengembangan kepemimpinan yang agile (LAD); (3) pimpinan lapangan yang Agile (Field Agile Leader atau FAL); (4) orkestrasi sumber daya eksternal (ERO); (5) kapabilitas operasional internal (Internal Operation Capabilities atau IOC); dan (6) kinerja unit lapangan (Field Unit Performance atau FUP).

Instrumen penelitian dikembangkan dan didistribusikan di seluruh unit operasi lapangan, di sektor minyak dan gas Indonesia, menghasilkan 175 data dari para pemimpin operasi lapangan, di seluruh perusahaan minyak dan gas yang beroperasi di Indonesia. Paket Perangkat Lunak untuk Ilmu Sosial (SPSS25) dan pemodelan persamaan struktural (SEM) LISREL digunakan untuk memeriksa hipotesis yang dikembangkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya enam hipotesis yang didukung oleh data. Menariknya, Field Agile Leader tidak berpengaruh secara langsung pada Field Unit Performance . FAL berpengaruh lebih besar dengan faktor yang agile terhadap kinerja unit organisasi apabila dimediasi oleh IOC. Penelitian akan datang bisa direflesikan pada lebih dari satu industri agar model peneiltian ini lebih valid.

Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Muhammad Zulkifli (1706090351) dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-295 Bidang Ilmu Manajemen Stratejik. Selamat kepada Dr. Muhammad Zulkifli! (hjtp)