Promosi Doktor PPIM FEB UI: Teliti Transactive Memory System, Innovation And Performance Of Peer To Peer Lending Fintech In Indonesia

Promosi Doktor PPIM FEB UI: Teliti Transactive Memory System, Innovation And Performance Of Peer To Peer Lending Fintech In Indonesia

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – (22/7/2021) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Ami Fitri Utami (1706090276) secara daring, pada Kamis (22/7/2021). Disertasi promovenda berjudul Transactive Memory System, Innovation and Performance Of Peer To Peer Lending Fintech In Indonesia”.

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Rofikoh Rokhim, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra (Promotor), Arnold Japutra, Ph.D. (Ko-Promotor). Selaku tim penguji, Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Ketua Penguji), Prof. Dr. Haris Maupa, Budi W. Soetjipto, DBA, Ruslan Prijadi, Ph.D., dan Dr. Setyo Hari Wijanto.

Promovenda Ami Fitri Utami meneliti bahwa Perusahaan Teknologi Finansial Pendanaan (FinTech Peer to Peer Lending) di Indonesia, memiliki peran penting dalam mendukung pemerataan akses kebutuhan pendanaan secara nasional. Namun, terdapat ketimpangan antara kinerja perusahaan dari sisi jumlah pengguna, serta jumlah pendanaan yang terdistribusi, dibandingkan dengan potensi pasar yang ada.

Hal ini disebabkan banyaknya kompleksitas yang terjadi, termasuk adanya kekurangan sumber-daya internal, tekanan dari regulator, hingga tekanan dari keraguan pasar untuk menggunakan produk. Dalam menyingkapi masalah tersebut, para pemain melakukan berbagai macam kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menghasilkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar, regulasi dan perkembangan teknologi.

Penelitian ini berfokus pada dinamika dalam kolaborasi antara para FinTech Peer to Peer Lending dengan jejaringnya. Dalam penelitian ini, konsep sistem memori transaktif pada level perusahaan dengan rekan kolaborasinya menjadi kunci dalam memahami dinamika yang ada. Menurut prediksi, karakteristik rekan kolaborasi dari sisi spesialisasi pengetahuan, kredibilitas pengetahuan serta kondisi tingkat koordinasi yang dimiliki antara perusahaan Peer to Peer Lending dengan rekannya dianggap dapat berperan dalam peningkatan inovasi serta kinerja perusahaan tersebut.

Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Ami Fitri Utami (1706090276) lulus dengan predikat Cumlaude dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-294 Bidang Ilmu Manajemen Stratejik. Selamat kepada Dr. Ami Fitri Utami! (hjtp)

 

Leave a Reply