Departemen Manajemen FEB UI Adakan Workshop Text Analysis dengan Software R

0

Departemen Manajemen FEB UI Adakan Workshop Text Analysis dengan Software R

Ā 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK ā€“ (30/6/2021) Dosen Departemen Manajamen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Arga Hananto, M.Bus., menjadi pemateri dalam Workshop Text Analysis dengan software R, yang diselenggarakan oleh Klaster Riset Digital Business Economics, Departemen Manajemen FEB UI. Acara dipandu Zaafri Ananto Husodo, Ph.D., Sekretaris Program Studi PPIM FEB UI, pada Rabu (30/6/2021).

Dalam paparannya, Arga Hananto menyampaikan bahwa dewasa ini terdapat begitu banyak data berbentuk teks, seperti di media sosial, berita, rilis pers, dan lain sebagainya yang dapat diteliti. Oleh karena itu diperlukan penguasaan teknik analisis teks, dengan menggunakan software R. R dapat menjadi solusi analisis data teks karena software ini bersifat open source, tidak berbayar dan tersedia luas untuk semua pihak. Teknik analisis teks dengan software R dapat dipelajari dengan baik oleh setiap peserta tanpa harus memiliki background tertentu, namun sangat disarankan untuk memiliki pemahaman mengenai metode statistika. Pada dasarnya modal utama mempelajari metode ini adalah kesungguhan dan keuletan untuk mencoba.

Menurut Arga, metode analisis teks Ā ini relevan digunakan untuk semua klaster penelitian di Departemen Manajemen FEB UI, khususnya klaster digital business economics karena sifat banyaknya data berbentuk teks dari sumber-sumber yang terkait dengan bisnis digital.

ā€œHarapan kami workshop ini bisa menarik minat para dosen di Departemen Manajemen FEB UI untuk belajar metode analisis teks, untuk nantinya dapat digunakan dalam suatu penelitian yang dipublikasikan di berbagai jurnalā€ demikian Arga menutup sesinya. (hjtp)