MM FEB UI Raih Kaizen Awards ABEST21 “School with Excellent Achievements”

0

MM FEB UI Raih Kaizen Awards ABEST21 “School with Excellent Achievements”

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (8/6/2021) Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (MM FEB UI) menerima Kaizen Awards sebagai “School with Excellent Achievements” dari Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow (ABEST21) pada Selasa (8/6).

     

ABEST21 merupakan lembaga akreditasi internasional berbasis di Jepang yang bertujuan menjamin kualitas pendidikan dan penelitian pada sekolah bisnis di kawasan Asia-Pasifik. Sejak 2021, ABEST21 memberikan Kaizen Awards bagi sekolah-sekolah yang menunjukkan peningkatan kualitas pendidikan secara stabil.

Penyerahan penghargaan menghadirkan Professor Emeritus Dr. ITOH Fumio (President dan CEO ABEST21), Yusuke Takahashi (Sekretaris Pertama dan Atase Pendidikan), Kedutaan Jepang di Indonesia, Dr. Azlan Amran (Universiti Sains Malaysia), Dr. Teguh Dartanto (Pj. Dekan FEB UI), Ilker Baybars, Ph.D.  (Vice President ABEST21 – Carnegie Mellon University, Amerika Serikat).

Teguh Dartanto mengungkapkan kebanggaannya terhadap kerja keras FEB UI, khususnya MM UI, melakukan perbaikan-perbaikan dalam penyelenggaraan pendidikan dan manajemen hingga menerima apresiasi dari ABEST21 melalui Kaizen Awards. Baginya, penghargaan ini bukan tujuan dari perbaikan, tetapi bentuk apresiasi.

Ia menuturkan, “Kaizen merupakan Bahasa Jepang yang bermakna perbaikan berkesinambungan atau continuous improvement. Oleh karena itu, MM UI harus terus meningkatkan layanan pendidikan dan mutu manajemen. Service excellence tidak hanya meliputi sistem administrasi pendidikan, tetapi juga proses pembelajaran yang adaptive, agile dan contextual.”

“Melalui penghargaan ini, saya ingin MM UI menjadi pemimpin pendidikan Magister Manajemen di Indonesia dan disegani di tingkat Asia Tenggara. Kaizen Awards dari ABEST21 merupakan bukti kualitas pendidikan di MM UI. Maka, saya ingin siapa pun mengenal MM UI sebagai sekolah manajemen terbaik yang menghasilkan profesional dan pemimpin dalam dunia bisnis dan sektor lainnya,” lanjutnya.

Harapannya, MM UI dan seluruh program studi di FEB UI dapat menjunjung semangat Kaizen, yakni perbaikan berkesinambungan atau continuous improvement, untuk mewujudkan akreditasi Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB).

Rofikoh Rokhim (Kepala Program Studi MM FEB UI) mengatakan, “Saya berharap MM UI mampu mempertahankan prestasi ini seterusnya. Selain itu, MM UI harus selalu menjaga komitmen dan membuka diri terhadap pemikiran baru. Melalui Kaizen Awards, saya ingin Indonesia dan dunia mengenal MM UI sebagai sekolah bisnis yang mencetak pemimpin mumpuni dengan menyeimbangkan kepentingan 3P, yaitu people, profit, dan planet.”

Menurut Rofikoh, target MM UI berikutnya adalah menjalin kerja sama baru dengan sekolah bisnis dan perusahaan besar, baik dari dalam maupun luar negeri.

Yeshika Alversia (Sekretaris Program Studi MM FEB UI) sebagai pemateri online visitation menjelaskan, “Pada 15 Agustus 2020, MM UI menyerahkan Kaizen Report berisi laporan pencapaian dan perkembangan setelah terakreditasi internasional sejak Januari 2018 hingga Juni 2020. Kemudian, President ABEST21 bersama External Asesor melakukan desk review terhadap laporan tersebut. Akhirnya, tepat 30 September 2020, MM UI memasuki tahap online visitation dengan memaparkan laporan perbandingan action plans dan actual achievements selama tiga tahun terakhir.”

Berdasarkan desk review dan online visitation, ABEST21 menyatakan pencapaian MM UI telah melebihi target pada action plans dan memberikan penghargaan School with Excellent Achievements. MM UI hanya berupaya merealisasikan target pada action plans. Namun ternyata, ABEST21 menilai MM UI sesuai harapan dan berhasil dalam hal continuous improvement (perbaikan positif berkesinambungan) atau raising the bar (peningkatan standar).

“Masih banyak hal yang harus MM UI perbaiki di masa mendatang. Pada intinya, MM UI harus fokus pada visi misi yang kami evaluasi dan sesuaikan secara berkala. Lalu, kami melaksanakan kegiatan untuk mewujudkan visi misi tersebut. Kegiatan di MMUI selalu banyak dan beragam, kami melakukan benchmarking pada sekolah bisnis kelas dunia dan mengikuti jaringan sekolah bisnis internasional, seperti GNAM (Global Network for Advanced Management),” tandasnya.