Wakil Rektor 1 UI Tinjau Persiapan UTBK-SBMPTN 2021 di FEB UI

0

Wakil Rektor 1 UI Tinjau Persiapan UTBK-SBMPTN 2021 di FEB UI

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (11/4/2021) Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 dimulai pada 12 April-18 April 2021 untuk gelombang pertama dan gelombang kedua pada 26 April-4 Mei 2021. UTBK-SBMPTN yang diselenggarakan di masa pandemi Covid-19 ini dalam pelaksanaannya merujuk pada Rekomendasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Depok. Salah satu lokasi UTBK-SBMPTN di area Universitas Indonesia (UI) ialah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI).

Ada beberapa informasi penting yang perlu dipenuhi dan dipatuhi oleh peserta UTBK yang akan ujian di Kampus UI, khususnya FEB UI. Peserta ujian harus dalam keadaan sehat, tidak mengalami gejala penyakit (khususnya gejala Infeksi Saluran Pernafasan Akut seperti batuk, pilek, demam, dan gangguan bernafas); wajib mengenakan masker kesehatan (bukan masker kain); melalui pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki ruang ujian dan peserta boleh masuk apabila suhu tubuh kurang atau sama dengan 37.3°C; selagi di luar peserta  juga diminta mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer yang sudah disediakan panitia atau membawa hand sanitizer pribadi; selama berada di dalam FEB UI diminta menjaga jarak dari peserta lain atau orang lain minimal 1,5 meter; dan tidak berkerumun sebelum maupun sesudah ujian.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, meninjau persiapan lokasi UTBK-SBMPTN di lingkungan FEB UI, Depok, pada Minggu (11/4/2021). Abdul Haris mengatakan “Secara keseluruhan, tim panitia UTBK-SBMPTN FEB UI sudah mempersiapkan fasilitas yang memadai dan perlengkapan dengan sangat baik. Dengan peserta sekitar 40 orang ini semoga ujian akan berjalan lancar dan tertib. Saya berharap kesiap-siagaan dari tim penanggungjawab lokasi UTBK-SBMPTN di FEB UI dan tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI. Pastinya ujian ini akan menguras energi begitu banyak, karena dilaksanakan di saat berpuasa, maka dianjurkan untuk menjaga kesehatan secara maksimal dan baik.”

“Saya berpesan untuk seluruh panitia UTBK-SBMPTN FEB UI, agar menjaga kesehatan selama bertugas dan saling mengingatkan untuk menjaga protokol kesehatan, baik panitia maupun peserta ujian. Sementara, bagi orangtua atau keluarga siswa yang mengantar disarankan untuk menunggu di luar lingkungan FEB UI atau di kendaraan saja. Tim keamanan FEB UI harus memastikan dan menjaga lingkungan FEB UI tetap steril, jangan sampai pihak yang mengantar siswa ikut masuk ke dalam lingkungan ataupun lokasi UTBK FEB UI,” jelas Abdul Haris saat diwawancarai.

Peninjauan persiapan lokasi UTBK-SBMPTN turut dihadiri oleh Tim Wakil Rektor 1, Kepala Kantor PMB UI, Unit Reaksi Cepat (URC) UI, panitia UTBK-SBMPTN FEB UI (terdiri dari penanggungjawab lokasi atau PJL, wakil penanggungjawab lokasi atau WPJL, penanggungjawab ruangan atau PJR, penanggung jawab Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan atau K3L, Teknisi Listrik, Humas, dan Security). (hjtp)

 

Proses UTBK-SBMPTN 2021 Berlangsung