Tim Voir FEB UI Pemenang Nasional L’Oreal Brandstorm 2021

0

Tim Voir FEB UI Pemenang Nasional L’Oreal Brandstorm 2021

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI
DEPOK – (8/4/2021) Tim Voir mahasiswa S-1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) angkatan 2018, berhasil memperoleh gelar National Winner dalam Ajang L’Oreal Brandstorm 2021, yang diselenggarakan oleh L’Oreal Indonesia. Pengumuman pemenang berlangsung secara virtual, pada Kamis (8/4/2021).

L’Oreal Brandstorm 2021 merupakan lomba inovasi bisnis secara tahunan oleh L’Oreal, perusahaan kosmetik terbesar di dunia. Pada tahun ini, L’Oreal Brandstorm mengusung tema “Invent the Beauty Shopping Experience Through Entertainment.” Syarat untuk mengikuti kompetisi ini ialah satu tim harus terdiri dari 3 mahasiswa aktif di perguruan tinggi Indonesia, tiap tim mendaftarkan diri lewat laman L’Oreal Brandstorm, dan dapat memilih salah satu ide inovasi antara inovasi barang dan jasa, inovasi model bisnis baru, atau entertainment experience yang baru.

Pada tahap kualifikasi, tiap tim membuat presentasi singkat mengenai ide yang dibawakan. Tim dari L’Oreal menyeleksi tujuh tim yang akhirnya masuk ke final nasional. Selanjutnya, ketujuh tim memiliki kesempatan untuk mempresentasikan ide inovasinya sebanyak 10 halaman dalam waktu 5 menit, di depan publik serta jajaran direksi L’Oreal Indonesia . Kompetisi ini diikuti 1600 partisipan dari 68 universitas di Indonesia. Namun, secara global kompetisi juga diadakan di puluhan negara. Tim yang berhasil memperoleh National Winners menjadi perwakilan L’Oreal dari Indonesia untuk menghadiri kompetisi global yang akan dilaksanakan di Paris, Perancis. Tim pemenang akan terus menyempurnakan ide yang dimiliki melalui sesi pelatihan dengan tim dari L’Oreal.

Tim Voir dari FEB UI tediri dari Michael Abraham Hukom, Muhammad Hanif Permana, dan M. Alif Rizkia, berhasil memperoleh gelar National Winner dengan mempresentasikan pengalaman baru pembelian make-up dan menghibur, serta memberdayakan komunitas tunanetra atau gangguan visual agar dapat mewujudkan industri yang inklusif. Solusi yang ditawarkan berupa aplikasi untuk berbelanja dan membantu satu sama lain dalam menggunakan makeup, termasuk orang-orang dengan gangguan visual, dan toko ritel yang menghilangkan proses pembelian makeup konvensional, dengan memanfaatkan indera sentuhan, penciuman, dan suara. Data yang diperoleh berasal dari riset dan analisis komprehensif terkait gangguan visual dan asosiasi warna, baik dari riset institusi, karya sains, dan survei independen.

Michael Abraham Hukom sangat senang dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini dan mewakili FEB UI. Ke depannya ia mengatakan, “Tim Voir ingin turut membanggakan L’Oreal dan FEB UI melalui representasi di Global Final L’Oreal Brandstorm selain akan senantiasa mencari saluran bagi pengembangan diri.”

Muhammad Hanif Permana, mengatakan ini pertama kali L’Oreal Brandstorm Indonesia memiliki dua National Winners (Tim Voir dan Get This Look) yang akan merepresentasikan Indonesia ke final internasional. “Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan sangat suportif bagi Tim Voir. Harapannya, selain dapat membanggakan FEB UI dan Indonesia, inovasi yang Tim Voir berikan dapat diimplementasikan untuk membuat industri menjadi lebih inklusif dan entertaining.”

M. Alif Rizkia, menambahkan “Saya tidak pernah menduga menjadi perwakilan Indonesia ke final internasional. Pencapaian kami tentunya tidak luput dari kontribusi teman-teman dan pihak FEB UI. Terakhir kali FEB UI bisa menjadi perwakilan Indonesia di final internasional sudah cukup lama yaitu pada tahun 2016 dan 2017.

Tentunya, kemenangan Tim Voir tak luput dari peran mentor yang luar biasa, yaitu Elevita Yuliati, S.E., M.S.M., dosen Departemen Manajemen FEB UI. Elevita menceritakan bahwa dirinya sudah menjadi mentor L’Oreal Brandstorm sejak 2016, sempat mendampingi dan menjadi mentor Tim Prahara dari FEB UI yang juara nasional dan melaju ke Paris untuk mewakili Indonesia pada tahun 2016 dan 2017. Pada 2020, ia masih mendampingi Grey Team FEB UI yang menjadi National Runner-Up. Tahun 2018-2019, walau tidak mendampingi secara resmi, ia masih terlibat dalam final nasional. Maka, tahun ini L’oreal Indonesia menghubungi dirinya saat Tim Voir dari FEB UI berhasil masuk putaran final. Selanjutnya, adalah proses sesi konsultasi dan latihan presentasi tim.

Lanjut Elevita, hal paling berkesan adalah saat mendengar ide dari tim finalis Brandstorm. “Semua tim yang pernah saya bimbing sangat luar biasa, tetapi ide dari Tim Voir yang inklusif dan berkesan di hati memungkinkan orang-orang yang visually impaired untuk turut merasakan fun dan power dari make-up,” demikian Elevita.

“Selamat Tim Voir atas prestasi yang diperoleh. You guys truly deserve this. Perjuangan kalian baru dimulai dan semoga nantinya bisa menang di Perancis. Terima kasih juga untuk para dosen Departemen Manajemen FEB UI atas doa dan dukungan yang luar biasa. Selanjutnya, pada kompetisi Brandstorm, saya ingin mendampingi Tim Voir dari awal sampai menjadi juara internasional,” tutur Elevita Yuliati saat diwawancarai melalui pesan Whatsapp. (hjtp)