MM FEB UI dan University of Queensland Global Academic Program: Digital First Transformation Workshop

0

MM FEB UI dan University of Queensland Global Academic Program:

Digital First Transformation Workshop

 

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK – (8/4/2021) Magister Manajemen (MM) FEB UI menggelar Global Academic Program sesi pertama dengan topik “Digital First Transformation Workshop” pada Kamis (8/4). Menghadirkan Dr. Heather Stewart (University of Queensland) sebagai pembicara serta Rininta Dwi Nofian, Kepala Bagian Admisi dan Humas MM FEB UI sebagai pemandu acara.

     

Pandemi COVID-19 telah menghantam usaha kecil dan menengah (UKM) melalui kebijakan pembatasan dan penguncian. Akibatnya, kemerosotan ekonomi pun tak terhindarkan. Maka dari itu, perlu adanya rancangan transformasi digital untuk membantu para pelaku UKM mengatasi tantangan mendesak akibat dampak tersebut.

Dalam sebuah proyek, Heather menyelidiki UKM Indonesia dalam menggunakan teknologi digital untuk mengubah model bisnis, mengidentifikasi pembelajaran, dan mendukung pemulihan ekonomi Indonesia.

Heather mengatakan, “UKM memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia. Mereka termasuk pemberi kerja terbesar. Data menunjukkan UKM Indonesia menyumbang hampir 97 persen dari pekerjaan rumah tangga dan 56 persen dari total investasi bisnis di Indonesia.

“Oleh karena itu, kehadirannya penting bagi pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, dan inklusi sosial. Terutama, mengingat persentase besar lapangan kerja UKM informal,” imbuhnya.

Heather pun menganalisis perubahan digital dan peluang transformasi. Ia ingin para pelaku UKM mengoptimalkan peran teknologi digital dalam menanggapi tantangan bisnis dari sisi permintaan dan penawaran. Lebih dari itu, implikasinya dapat meningkatkan daya saing bangsa di masa depan

Heather berupaya mendorong lompatan teknologi UKM melalui berbagai platform digital yang telah tersedia. Oleh karena itu, ia berbagi strategi memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, dan Instagram, untuk kegiatan bisnis sehingga mampu menarik lebih banyak pelanggan.

Melalui workshop ini, Heather berharap para peserta dapat menentukan strategi digital yang lebih efektif dan efisien. Jadi, mampu bersaing dengan para pelaku bisnis digital lainnya.