FEB UI Adakan Yudisium Virtual Semester Gasal 2020/2021 Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor untuk 317 Wisudawan

0

FEB UI Adakan Yudisium Virtual Semester Gasal 2020/2021 Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor untuk 317 Wisudawan

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (5/3/2021) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, selenggarakan Yudisium Virtual Semester Gasal 2020/2021 Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor, pada Jumat (5/3/2021). Yudisium yang dilaksanakan bersamaan dengan wisuda UI, dibuka dengan laporan dari Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Teguh Dartanto, Ph.D., menyampaikan bahwa Yudisium FEB UI Gasal 2020/2021, Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor menyatakan kelulusan wisudawan sebanyak 317 mahasiswa, yang terdiri dari Pascasarjana dan Profesi (terdiri dari 11 lulusan program Doktor, 293 lulusan program Magister dengan 33 di antaranya lulusan program internasional joint degree dan linkage, dan 13 lulusan program Profesi).

Wisudawan FEB UI dengan IPK tertinggi, pertama, Departemen Ilmu Ekonomi (IE), yaitu Defy Oktaviani (S-2 PPIE) dengan IPK 4.00. Kedua, Departemen Manajemen, yaitu Budi Setiawan (S-3 PPIM) dengan IPK 3.95. Ketiga, Departemen Akuntansi, yaitu Dita Rakhmadina (S-2 MAKSI) dengan IPK 3.95 dan Januar Haerudin (S-2 MAKSI-PPAk.) dengan IPK 3.54.

Sementara, untuk masa studi tercepat, berasal dari Departemen IE, yakni Yore Isti Tosan Aji (S-2 PPIE) dengan masa studi 1 tahun 5 bulan. Kemudian Departemen Manajemen, yaitu Marcelinus David Wahono (S-2 MM) dengan masa studi 1 tahun 4 bulan dan Budi Setiawan (S-3 PPIM) dengan masa studi 2 tahun 10 bulan. Dan, Departemen Akuntansi, yaitu Abdu Rufi Mufreni (S-2 MAKSI-PPAk.) dengan masa studi 1 tahun 9 bulan.

Kemudian, usia termuda, berasal dari Departemen IE, yaitu Desita Prabawati Ratnaningrum (S-3 PPIE) dengan usia 33 tahun 1 bulan. Kemudian, Departemen Manajemen, yaitu Anna Emilyn Sarah Sinaga (S-2 MM) dengan usia 22 tahun 7 bulan dan Friska Amelia Pratiwi (S-2 PPIM) dengan usia 24 tahun 5 bulan. Selanjutnya, Departemen Akuntansi, yakni Wahyu Lusi Septiara Trinanda (S-2 MAKSI-PPAk.) dengan usia 25 tahun 3 bulan.

Terakhir wisudawan usia paling senior berasal dari Departemen IE, yakni Syofriza Syofyan   (S-3 PPIE) dengan usia 50 tahun 8 bulan dan Agung Gunawan Raharja (S-2 MPKP) dengan usia 47 tahun 4 bulan. Kemudian, Departemen Manajemen, yakni Firmansyah (S-2 PPIM) dengan usia 50 tahun 1 bulan. Dan, Departemen Akuntansi, yakni Daniel Parasian Sitompul (S-2 MAKSI-PPAk.) dengan usia 50 tahun 4 bulan.

Apresiasi diberikan kepada wisudawan yang telah publikasi di Jurnal Internasional terindeks scopus, di antaranya S-3 PPIE bernama Ambarsari Dwi Cahyani, yang berhasil publikasi di Q-2 Journal of Energy Source, Part B: Economics, Planning, and Policy dengan pembimbing Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D. (Promotor), Dr. Djoni Hartono (Ko-Promotor 1), Diah Widyawati, Ph.D. (Ko-Promotor 2). Dari S-2 PPIE, Agus Faturohim yang berhasil publikasi di Q-3 International Journal of Scientific and Technology Research, dengan pembimbing Jonna Estudillo, Ph.D., dari GRIPS University. Kemudian dari S-3 PPIM  Budi Setiawan yang berhasil publikasi di Q-2 Journal of Social Marketing Quarterly (SAGE) Vol. 26 Issue 3, 2020, dengan pembimbing oleh Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff (Promotor) dan Dr. Ign. Heruwasto (Ko-Promotor).

Pj. Dekan FEB UI, Dr. Beta Yulianita Gitaharie, menuturkan “Hari ini adalah hari yang berbahagia untuk para wisudawan, karena mengikuti prosesi Yudisium yang menandakan berakhirnya suatu proses panjang yang dimulai 2-4 tahun lalu. Saat ini, kita dihadapkan pada ketidakpastian, yakni pandemi Covid-19. Beberapa dari Anda mungkin terkendala dalam pertukaran mahasiswa ke luar negeri, melakukan riset, khususnya pengumpulan data primer. Meskipun demikian, inovasi dan digital teknologi dapat mengatasi sebagian dari masalah tersebut.

Beta mengungkapkan, kualitas mahasiswa dan lulusan, baik secara intelektual dan emosional, menjadi faktor yang sangat penting.  Kualitas lulusan mempengaruhi reputasi dan kepercayaan serta kepuasan pengguna (employer). Mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas lulusan membuka peluang dan kesempatan bagi FEB UI untuk memperluas kerjasama, networking dengan industri ataupun pemerintah, dan mengembangkan ilmu melalui penelitian dan pengabdian masyarakat, dan lain-lain.

Kami berharap lulusan S-2 dan S-3 dapat memberikan sumbangan nyata bagi bangsa, baik sebagai akademisi, pakar, pengambil keputusan di pemerintahan dan sektor swasta. Karya dan bakti lulusan/alumni FEB UI senantiasa ditunggu oleh masyarakat dan bisa mempengaruhi posisi FEB UI di Indonesia maupun internasional. Semoga kita tetap bisa menjalin hubungan dan bekerja sama dalam berbagai bentuk di masa depan. “Kami atas nama Pimpinan FEB UI mengucapkan selamat atas gelar yang diperoleh, selamat berkarya dalam posisi apapun. Jadilah scholar yang lengkap, baik secara intelektual dan moral serta bersedia berkorban demi bangsa dan negara,” tutur Beta menutup sambutannya.

Perwakilan wisudawan dari S-2 PPIE Linkage (UI- Yokohama National University), Defy Oktaviani mengatakan. ”Terima kasih sebesar-besarnya kepada para dosen, pembimbing dan promotor yang telah membantu kami untuk memperoleh keilmuan di tingkat S-2 maupun S-3. Juga pada staf akademik, seluruh pegawai, dan tim IT di lingkungan FEB UI yang telah membantu memfasilitasi proses perkuliahan dan terlaksananya Yudisium virtual ini. Selain itu, kami berterima kasih untuk dukungan semua pihak yang telah membantu dalam proses studi ini, yaitu orang tua dan keluarga besar yang sudah mendoakan dan mendukung, lembaga beasiswa maupun instansi yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melanjutkan pendidikan, dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di luar negeri yang membantu ketika studi di universitas partner.”

Kami bersyukur dan bangga berkesempatan menempuh pendidikan di FEB UI. Tentu tidak mudah untuk menyelesaikan pendidikan di kampus terbaik ini. Terlebih di masa pandemi,  kita dituntut untuk beradaptasi dalam transisi dari perkuliahan offline ke online. Kemudian, bagi kami di program linkage, tidak hanya tanggung jawab akademis yang harus diselesaikan, tapi ada rasa sepi dan cemas karena jauh dari keluarga di masa pandemi. Namun kita bersyukur pada akhirnya kita dapat melewati semua rintangan tersebut. Doakan kami agar mampu berkontribusi dengan kelimuan yang telah di peroleh di FEB UI.

Ketua Umum ILUNI FEB UI, Destry Damayanti, mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan Sarjana yang sudah menyelesaikan masa studi di FEB UI. Hal ini membuktikan bahwa FEB UI kembali melahirkan anak-anak muda, untuk ke depannya menjadi generasi penerus yang berkontribusi kepada bangsa dan negara. Tentu, kalian menyadari banyaknya senior lulusan FEB UI yang berkecimpung dan mengabdi untuk membangun bangsa ini. Saya mengajak lulusan FEB UI untuk bergabung dan mendaftar diri di wadah organisasi ILUNI FEB UI, melalui website ilunifebui.org/register. Kami keluarga besar ILUNI FEB UI menunggu karya-karya Anda di dunia nyata untuk berkontribusi memajukan negara tercinta ini,” pesan Destry untuk wisudawan Sarjana di akhir sambutannya.

Yudisium Departemen FEB UI

Yudisum Virtual FEB UI dilanjutkan dengan yudisium masing-masing Departemen, terdiri dari Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI menghasilkan lulusan Program S-2 berjumlah 124 mahasiswa dan Program S-3 berjumlah 5 Doktor. Dari Prodi S-3 PPIE 5 Doktor (3 wanita dan 2 pria) dan S-2 PPIE berjumlah 33 lulusan (17 wanita dan 16 pria,  dengan  10 orang berpredikat cumlaude; 5 dari dalam Negeri dan 5 dari double degree/linkage), Prodi S-2 MPKP meluluskan 81 orang (40 wanita dan 41 pria,  dengan  12 mahasiswa berpredikat cumlaude dalam negeri dan 1 dari luar negeri, serta 14 lulusan dari kelas berbahasa Inggris dengan gelar ganda) Prodi S-2 MEKK meluluskan 10 mahasiswa (5 wanita dan 5 pria, terdapat di dalamnya 6 orang berpredikat cumlaude).

Departemen Manajemen FEB UI menghasilkan lulusan Program S-2 berjumlah 105 mahasiswa dan Program S-3 berjumlah 3 Doktor. Terbagi dalam Prodi S-3 PPIM menghasilkan 3 Doktor (1 wanita dan 2 pria, terdapat di dalamnya 1 orang berpredikat cumlaude) dan S-2 PPIM 26 wisudawan (21 wanita dan 5 pria, terdapat di dalamnya 6 orang berpredikat cumlaude), S-2 MM sebanyak 79 lulusan (45 wanita dan 34 pria, termasuk di dalamnya 3 lulusan dari kelas berbahasa Inggris dengan gelar ganda dan 20 wisudawan berpredikat cumlaude dalam negeri).

Departemen Akuntansi FEB UI menghasilkan lulusan Program S-2 berjumlah 77 mahasiswa dan Program S-3 berjumlah 3 Doktor. Terbagi dalam Prodi S-3 PPIA menghasilkan 3 Doktor (2 wanita dan 1 pria) dan S-2 PPIA 9 wisudawan (8 wanita dan 1 pria, terdapat di dalamnya 4 orang berpredikat cumlaude), S-2 MAKSI meluluskan 55 mahasiswa (31 wanita dan 24 pria, termasuk di dalamnya terdapat 8 wisudawan berpredikat cumlaude) dan S-2 MAKSI-PPAk. meluluskan 13 mahasiswa (7 wanita dan 6 pria, terdapat di dalamnya 1 orang berpredikat cumlaude.

Yudisium FEB UI didukung oleh beberapa mitra yang telah menjalin kerjasama yang baik yaitu dari PT. Paragon Technology and Innovation, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan Tarzan Photo. (hjtp)

 

 

Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI

Departemen Manajemen FEB UI

Departemen Akuntansi FEB UI