SPA FEB UI Gelar The 21st Tax Seminar and Training 2021

0

SPA FEB UI Gelar The 21st Tax Seminar and Training 2021

 

DEPOK (23-30/1/2021) – Studi Profesionalisme Akuntan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (SPA FEB UI) mengadakan rangkaian acara Main Event The 21st Tax Seminar and Training (TST) yang terdiri dari webinar dan training secara online. Rangkaian acara The 21st TST dimulai dengan webinar yang dilaksanakan Sabtu (23/1) dengan bertemakan “Economic Resilience Post Pandemic COVID-19: How Will Tax Contribute?”. Kemudian, dilanjutkan dengan training, bertemakan “Recent Tax Policy Developments in Indonesia and Strategies to Face Current Tax Issues’’ yang berlangsung selama dua hari, yakni Jumat (30/1) dan Sabtu (31/1).

Kegiatan ini merupakan bentuk inisiatif mahasiswa Akuntansi FEB UI untuk memberikan informasi-informasi terbaru dalam bidang perpajakan kepada mahasiswa maupun praktisi perpajakan. Webinar dihadiri sekitar 1200 peserta, sedangkan training diikuti 37 peserta. Peserta tersebut berasal dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia, mulai dari mahasiswa, praktisi, hingga profesional dalam bidang perpajakan.

Gregorius Gunawan, Project Officer The 21st TST mengatakan, “TST merupakan acara seminar dan pelatihan perpajakan tertua dan terbesar yang diselenggarakan oleh mahasiswa tiap tahunnya. Munculnya pandemi tentunya membuat banyak penyesuaian aturan pajak yang telah ada sebelumnya. Ditambah lagi, aturan omnibus law yang baru saja diresmikan cukup mengubah aturan pajak yang sudah lama berlaku. Hadirnya acara ini dikhususkan untuk memberikan update dan pemahaman serta menyelesaikan sengketa perpajakan yang ada, baik preventif maupun korektif. Di sisi lain, hal ini juga dapat menjadi input bagi para pemangku kepentingan di pemerintahan untuk terus menyesuaikan dan meng-update peraturan pajak.”

Main Event The 21st TST dimulai dengan seminar, terdiri dari tiga sesi dan dipandu oleh  Christine Tjen, S.E., Ak., M.Int.Tax, CA., akademisi di FEB UI sebagai moderator. Sesi pertama dibuka dengan pembahasan mengenai dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian Indonesia secara umum sejak awal pandemi di Indonesia hingga saat ini. Sesi ini dibawakan oleh I Kadek Dian Sutrisna Artha, akademisi FEB UI dan Chief Economist di PT Sarana Multi Infrastruktur. Kemudian, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai kebijakan pajak yang dilakukan pemerintah untuk melakukan economic recovery di era post-pandemic oleh  Yustinus Prastowo, Staf Khusus Bidang Komunikasi Strategis di Kementerian Keuangan RI.

Pada sesi ketiga dilakukan pembahasan lebih mendalam mengenai strategi perpajakan di tahun 2021 untuk meningkatkan pendapatan negara oleh Hestu Yoga Saksama, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak. Webinar ditutup dengan diskusi komprehensif dari materi di setiap sesi sebelumnya.

Pada rangkaian training The 21st TST yang berlangsung selama dua hari, terdapat empat sesi pelatihan yang dibagi menjadi sesi setiap harinya. Training hari pertama dimulai dengan penjelasan proses pemeriksaan pajak, hal-hal yang harus diperhatikan oleh wajib pajak dalam pemeriksaan, dan strategi wajib pajak dalam menghadapi pemeriksaan pajak, yang disampaikan oleh Ruston Tambunan, Managing Partner di CITASCO. Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pembahasan tax treaty dan dampaknya bagi wajib pajak, yang disampaikan oleh Balim Boerman, Partner di Deloitte Indonesia.

Sesi ketiga training The 21st TST yang dilangsungkan pada hari kedua diisi oleh Micky Mintarsyah, Partner International Tax Service/Transfer Pricing di EY Indonesia, yang membahas aturan-aturan dalam penyusunan dokumen transfer pricing (TP Doc). Kemudian, sesi keempat yang merupakan penutup dari rangkaian acara training, berisi pembahasan mengenai proses pemeriksaan dokumen transfer pricing dan bagaimana strategi yang dapat diterapkan untuk menghadapi pemeriksaan. Materi tersebut disampaikan oleh Permana Adi Saputra, Vice Managing Partner di PB Taxand. Selain penyampaian materi oleh para trainer, diskusi dengan peserta training dilakukan di akhir setiap sesi setelah pemaparan materi selesai.

Seluruh kegiatan The 21st TST mendapat dukungan penuh dari segenap civitas akademika Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi, Dr. Ancella A. Hermawan, Ketua Departemen Akuntansi FEB UI, media relation (Majalah Pajak, DDTC News, Ortax, For People Media, Pajak Itu Mudah, Medcom.id, Event Jakarta, Event Aja, Acara Mahasiswa, Seminar Land, Event Campus, Info Lomba dan Webinarind), serta official partners (Bantex, Deloitte, Leksika Book Store, Kopi Bojo, Iluni FEB UI, dan IAI).