Promosi Doktor PPIE FEB UI, Kaji Dampak Aliran Modal Akibat Gejolak Harga Komoditas dan Pasar Finansial Global Terhadap Dinamika Makroekonomi

0

Promosi Doktor PPIE FEB UI, Kaji Dampak Aliran Modal Akibat Gejolak Harga Komoditas dan Pasar Finansial Global Terhadap Dinamika Makroekonomi

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (27/1/2021) Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengadakan sidang terbuka Promosi Doktor Doni Satria (1406591522) secara daring, pada Rabu (27/1/2021). Disertasi yang diangkat oleh promovendus berjudul “Dampak Aliran Modal Akibat Gejolak Harga Komoditas dan Pasar Finansial Global Terhadap Dinamika Makroekonomi Indonesia”.

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Robert A. Simanjuntak, Ph.D., dengan pembimbing, Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D. (Promotor), Dr. Telisa Aulia Falianty (Ko-Promotor I), Dr. Iskandar Simorangkir (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Sugiharso Safuan, Ph.D. (Ketua Penguji), Dr. Djoni Hartono, Dr. Mahjus Ekananda, Dr. Willem A. Makaliwe, dan Dr. Boediarso Teguh Widodo.

Aliran modal akibat gejolak harga komoditas dan pasar finansial global bisa berdampak buruk terhadap stabilitas sektor finansial dan makroekonomi negara penghasil komoditas primer. Masuknya modal asing mengakibatkan mis-alokasi sumberdaya finansial dan saat aliran modal keluar bisa menjadi sumber instabilitas finansial dan ketidakpastian dalam perekonomian. Maka, memahami determinan aliran modal penting untuk menentukan respon kebijakan stabilisasi ekonomi akibat dampak negatif aliran modal.

Tujuan dari disertasi ini untuk menganalisis peran penting dari harga komoditas primer internasional terhadap aliran modal dan dampak dari aliran modal tersebut pada alokasi kredit perbankan antar sektor ekonomi, serta dinamika makroekonomi di Indonesia. Dengan menggunakan metode empiris Struktural Vector Autoregression (SVAR) dan Dynamic Stochastic General Equilibrium (DSGE), disertasi ini menunjukkan bahwa harga komoditas memiliki peran yang lebih penting terhadap aliran modal, dibandingkan gejolak pasar finansial global dalam horizon waktu yang lebih panjang. Dari sisi dampaknya terhadap dinamika makroekonomi Indonesia, aliran modal menyebabkan ekspansi sektor finansial dan siklus bisnis.

Temuan disertasi ini menunjukkan bahwa tidak seluruh sektor perekonomian mengalami ekspansi akibat aliran modal yang disebabkan kenaikan harga komoditas. Perubahan alokasi sumber daya finansial menyebabkan perbedaan respon antar sektor ekonomi terhadap masuknya modal asing yang disebabkan oleh harga komoditas primer. Perbedaan respon antar sektor ekonomi terhadap aliran modal masuk disebabkan perbedaan kendala finansial antar sektor ekonomi di Indonesia. Implikasi kebijakan berupa bauran kebijakan moneter dan makroprudensial perlu memperhatikan dampak sektoral aliran modal yang bersumber dari kenaikan harga komoditas.

Dengan demikian, Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Doni Satria (1406591522) dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-122 Bidang Ilmu Ekonomi. Selamat kepada Dr. Doni Satria! (hjtp)