Kuliah Tamu PPIM FEB UI, “Leadership in Malaysian Wage Council”

0

Kuliah Tamu PPIM FEB UI, “Leadership in Malaysian Wage Council”

 

DEPOK – (22/12/2020) Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) FEB UI mengadakan Kuliah Tamu bersama Prof. Balakrishnan Parasuraman, M.Sc., Ph.D. yang merupakan Profesor dari Departement of Finance and Business, Faculty of Entrepreneurship and Business, Universiti Malaysia Kelantan (UMK), dengan moderator Aryana Satrya Ph.D., Dosen FEB UI, pada Selasa (22/12/2020).

Kuliah tamu ini diperuntukkan untuk perkuliahan kelas Kepemimpinan Strategis dan Kompetensi dengan mahasiswa S-2 Kekhususan Manajemen Stratejik angkatan 2019, Sumber Daya Manusia kelas Reguler dan Khusus angkatan 2020.

Topik yang disampaikan mengenai “Leadership in Malaysian Wage Council”. Topik tersebut menarik bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dalam rangka mengetahui bagaimana proses kepemimpinan di Dewan Upah Malaysia.

Prof. Balakrishnan juga menjelaskan perkembangan dari masa ke masa tentang Dewan Upah Malaysia yang diawali dari Wages Council Act 1947 yang pada saat itu hanya melibatkan beberapa sektor, seperti hiburan, pelabuhan dan penjaga keamanan. Sayangnya aturan tersebut belum mewakili sektor swasta. Sampai tahun 2010, Malaysian Trade Union Congress (MTUC) untuk melanjutkan perjuangan dalam mengimplementasikan upah minumum meskipun ada rintangan dari Malaysian Employers Federation (MEF). Prof. Balakrishnan juga menjelaskan mengenai transisi upah minimum sampai ke daerah.

Kuliah Tamu tersebut diakhiri dengan tanya jawab dan diskusi dengan beberapa mahasiswa yang menanyakan tentang beberapa hal, yaitu aturan pajak pada upah yang diterima oleh warganya yang bekerja dengan perusahaan asing, kemudian bagaimana sumber daya manusia dapat bertahan jika Artificial Intelligent yang semakin berkembang. Pertanyaan cukup banyak dari mahasiswa dan ditanggapi dengan antusias oleh Prof. Balakrishnan yang didampingi oleh Aryana Satrya, Ph.D. (hjtp)