Ari Kuncoro di IDX Channel: Membedah Strategi Percepatan Pemulihan Ekonomi Indonesia Di Tahun 2021

0

Ari Kuncoro di IDX Channel:

Membedah Strategi Percepatan Pemulihan Ekonomi Indonesia Di Tahun 2021

 

Hana Fajria – Humas FEB UI

Depok – (27/11/2020) Pemerintah mengungkapkan kebijakan fiskal di tahun 2021 akan fokus pada percepatan pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi.  Pemerintah siapkan 4 strategi percepatan pemulihan ekonomi Indonesia di tahun 2021, diantaranya melanjutkan dan menuntaskan penanganan Covid-19 dan memulihkan ekonomi, memperkokoh reformasi struktural dengan meningkatkan iklim investasi, mendorong inovasi dan daya saing, reformasi APBN baik dari sisi penerimaan maupun belanja, serta fokus dalam prioritas pembangunan nasional dalam kesehatan, pendidikan dan teknologi komunikasi, serta informasi ketahanan pangan, perlindungan sosial dan pariwisata.

“Untuk pola percepatan pemulihan Indonesia, kita harus fokus pada sektor perdagangan, akomodasi, restoran serta manufaktur. Orientasi utama tetap kesehatan dan yang bersifat informasi dan komunikasi,” tutur Ari Kuncoro, Rektor UI, dalam acara Market Review “Membedah Strategi Percepatan Pemulihan Ekonomi Indonesia di Tahun 2021” di IDX Channel, Jumat (27/11/2020).

Sedangkan untuk memulihkan perekonomian pada 2021, pemerintah bukan hanya harus memulihkan, melainkan meningkatkan pertumbuhan. Me-recycle daya beli masyarakat kelas menengah atas, karena banyak masyarakat yang menahan daya belinya, membuat perekonomian tidak bergerak. Menjaga agar sisi supply rantai pasokan dan sisi permintaan seimbang. Sementara itu pendekatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) perlu ditingkatkan untuk pemulihan ekonomi nasional.

“Sisi permintaan seperti bansos dan stimulus harus seimbang maupun suistanable. Selanjutnya vaksinasi perlu dilakukan karena merupakan game changer. Ketersediaan vaksin sangat dibutuhkan untuk recovery ekonomi, untuk itu 2021 pemerintah seharusnya fokus mengalokasi anggaran yang diutamakan untuk vaksin,” ujar Prof. Ari.

Akibat Covid-19, efek global perdagangan dunia semakin mempengaruhi. Untuk itu roadmap pergerakan pemulihan perlu indikasi perbaikan ekonomi yang efektif. Efektifitas penanganan kesehatan dan ekonomi mendorong kepercayaan konsumen untuk konsumsi. Akhir sesi, Prof. Ari menjelaskan iklim investasi di tahun 2021 berpotensi meningkat seiring relokasi investor asing. Pemerintah juga harus pikirkan ketahanan pangan, dengan menghindari permasalahan regulasi yang berbelit-belit. (hjtp)