FEB UI Rayakan Gemilang Daring Dies Natalis 70 Tahun, “Bersama, Berinovasi, Bermanfaat”

0

FEB UI Rayakan Gemilang Daring Dies Natalis 70 Tahun, “Bersama, Berinovasi, Bermanfaat”

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (25/11/2020) Merayakan usia ke-70 tahun, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) mengadakan acara puncak Gemilang Daring Dies Natalis dengan tema besar “Bersama, Berinovasi, Bermanfaat” pada Rabu (25/11/2020). Acara di Zoom dihadiri hampir 500 orang yang terdiri dari guru besar, dosen, tendik, mahasiswa, dan tamu-tamu.

Acara diisi antara lain dengan pemutaran lagu Genderang UI, laporan dari Penasihat dan Penanggungjawab Kegiatan, doa, video perjalanan Dekan-dekan FEB UI selama 70 tahun dan pencapaian FEB UI di tahun 2020, pemotongan tumpeng, dan pemutaran video lagu-lagu dari perwakilan alumni angkatan.

Penasihat dan Penanggungjawab Kegiatan Dies Natalis 70 Tahun FEB UI, Arief Wibisono Lubis, Ph.D., dan Herda J.T Pradsmadji, M.Pd., melaporkan bahwa perayaan Dies Natalis Ke-70 ini, didanai oleh dana Fakultas dan sumbangan dari semua pihak yang peduli kepada FEB UI.

Dalam rangka Dies Natalis ke-70 FEB UI, panitia bekerja sejak bulan September hingga November 2020, dan telah melakukan kegiatan-kegiatan yang terintegrasi dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi FEB UI.

Di Bidang Ilmiah, kegiatan-kegiatan tersebut terdiri dari (1) Talkshow Ilmiah “CEO Start-Up Usaha yang Bertahan di Masa Pandemi Covid-19” terbuka untuk umum dengan menghadirkan tokoh-tokoh alumni muda yang menjalankan bisnis startup; (2) Talkshow “Strategi Pengelolaan Keuangan pada Masa Pandemi Covid-19” untuk Warga FEB UI; (3) Kuliah Umum “Kekuatan Kerjasama dan Inovasi dalam Mengatasi Pandemi Covid-19” oleh Menristek/Kepala BRIN, juga alumni FEB UI, Prof. Bambang Brodjonegoro, Ph.D.; (4) Kuliah Umum Kebijakan Keuangan dan Pengawasannya dalam Mengatasi Pandemi Covid-19” oleh Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Ph.D., alumni FEB UI; (5) Penghargaan Publikasi Ilmiah dan Sitasi bagi Dosen; (6) Penghargaan Pengabdian Masyarakat bagi Dosen.

Sedangkan, Bidang Non Ilmiah, kegiatan terdiri dari (1) Pengadaan Wastafel Portable Persembahan dari PT. Danareksa Tbk; (2) Penghargaan Tenaga Kependidikan FEB UI Terbaik; (3) Penghargaan Mitra Kantin FEB UI Terbaik; (4) Penghargaan Dosen dan Tenaga Kependidikan Purnabakti FEB UI; (5) Peresmian Kelas dan Auditorium MM FEB UI Persembahan PT. Pegadaian Persero Tbk; (6) Peresmian dan Renovasi Kantin FEB UI Persembahan PT Paragon Technology and Innovation; (7) Renovasi Kelas MM FEB UI Persembahan Bank BCA; (8) Kegiatan Donasi dan Collection Box; (9) Pembagian Suvenir Ulang Tahun untuk Warga FEB UI.

Dalam sambutannya, Pj. Dekan FEB UI, Dr. Beta Yulianita Gitaharie mengatakan, “Perubahan zaman menuntut pendidikan menyesuaikan diri juga, terutama setelah terjadi pandemi. Segala sesuatu menjadi hal baru yang harus dicari tahu atau dipertahankan keberlanjutannya. Dalam kondisi VUCA (Vulnerable, Uncertain, Complex, Agile) seperti ini, FEB UI juga dituntut untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang bertahan dalam masa penuh perubahan, tidakpasti, kompleks, dan membingungkan.”

Ia melanjutkan, “Tentu masih banyak yang perlu kami kerjakan juga untuk mendukung program Kurikulum Kampus Merdeka berhasil ke depannya, menghasilkan lulusan-lulusan yang tidak hanya pintar secara akademik, tapi juga mampu bekerjasama, berkolaborasi, mengambil keputusan, kreatif, dan bertahan dalam goncangan. Kami yakin bisa menjalani, karena sejarah telah membuktikan FEB UI mampu menghadapi berbagai perubahan di masa lalu dan terus maju. Dengan bersama, kita berinovasi dan bermanfaat, sesuai tagline Dies Natalis kita ke 70″.

Para Dosen Akuntansi, mewakili dosen-dosen FEB UI, tak ketinggalan menyanyikan lagu Sayap-Sayap Garuda (ciptaan Isnaeni Achdiyat, alumni dan dosen Akuntansi). Ucapan selamat Dies Natalis dari Menteri Keuangan, Menteri Ristek/BRIN, para pejabat negara, hingga Duta Besar RI untuk PBB dan Duta Besar RI untuk Swiss and Lichtenstein tampil dilayar. Mereka yang juga alumni FEB, memberikan kesan sangat mendalam dalam ucapan dan harapan mereka untuk FEB UI. Selain ucapan selamat dari Rektor, MWA dan Ketua Dewan Guru Besar UI, para Dekan di lingkungan UI, para dosen FEB UI dan tendik juga memberikan semangat dan harapan dalam rangka Dies Natalis.

Pada acara puncak ini, Teguh Dartanto, Ph.D., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FEB UI, mengumumkan 3 kategori penghargaan di bidang ilmiah, yaitu pertama Penghargaan Dosen Terbaik berdasarkan publikasi ilmiah dan Sitasi yang diraih oleh Dr. Djoni Hartono (IE), RR. Ratih Dyah Kusumastuti, Ph.D., (Manajemen), dan Dr. Sylvia Veronica NPS (Akuntansi). Kedua, Penghargaan Dosen Terbaik berdasarkan Pengabdian Masyarakat diraih oleh Dr. Nining I. Soesilo (IE), Aswin Dewanto Hadisumarto, S.E., MIA. (Manajemen), dan Dr. Dodik Siswantoro (Akuntansi). Ketiga, Pemenang Sadli Endowed Professorship Award diraih oleh Viverita, Ph.D. (Manajemen) dan Sugiharso Safuan, Ph.D. (IE).

Merayakan Dies Natalis 70 tahun, FEB UI, juga melakukan donasi kepada masyarakat, dan di sisi lain FEB UI juga mendapatkan bantuan renovasi ruangan kelas dan kantin dari pihak Paragon, Pegadaian, dan Bank BCA. Sebagai perwakilan dari pihak sponsor, Miftahuddin Amin (Paragon) menyampaikan bahwa Paragon mendukung penuh proyek renovasi kantin FEB UI dengan biaya Rp400 juta, sebagai implementasi nilai-nilai kebermanfaatan perusahaan. Selain itu, Paragon membuka kesempatan bagi para mahasiswa dan dosen FEB UI untuk menjalankan program pemagangan atau internship, sebagai dukungan perusahaan bagi program pemerintah di bidang pendidikan, yaitu kurikulum Kampus Merdeka.

Dr. Gede Harja Wasistha, CMA., Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FEB UI, mengumumkan tiga kategori pemenang, yakni pertama Tendik Terbaik, diraih oleh Devi Sefutri Widy dari PPIM, Sintani Sari Aristi dari Departemen Manajemen, Wasjid dari Ekstensi Manajemen, Mohammad Muadin dari Fastur, dan Dyah dari Lembaga Demografi. Kedua, Polling Kantin Terfavorit di FEB UI diraih oleh Kios Ayam Bakar Iin milik Sugiman. Ketiga, Mitra Kantin Terbaik diraih oleh Kios Teh Poci milik Kristiyan Triwidianto Adi.

Wasistha juga mengajak doa dan apresiasi kepada Dosen dan Tendik yang Wafat selama 2020, di antaranya Prof. Budhi Paramita, S.E., MBA., (Guru Besar FEB UI), Thomas H. Secokusumo (Dosen Akuntansi), Prof. J. B. Sumarlin, Ph.D. (Guru Besar FEB UI), Paul Capelle (Mantan Ketua Jurusan Akuntansi dan Dosen FEB UI), Dr. Maddaremmeng A. Panennungi (Dosen IE), Siti Adiprigandari Adiwoso, Ph.D., (Dosen IE), Teguh Iman Maulana, M.S.Ak., M.Sc. (Dosen Akuntansi,), Aisyah Nur Ramadhani, (Tendik MPKP), Era Safarina Rahmayanti (Tendik PPIM), dan Sukamto Eko Sanjoyo (Tendik Satpam Salemba).

Selanjutnya, Wasistha memberikan apresiasi kepada Dosen dan Tendik Purnabakti 2020, yaitu dosen Kahlil Rowter, S.E., M.A., Masa Bakti 31 Tahun, Mafrizal Heppy, Ak., M.B.A. (21 Tahun), Dr. Maddaremmeng A. Panennungi (18 Tahun), Thomas Honggo Secokusumo, S.E., M.B.A. (32 Tahun), Maria Agriva, S.E., M.Sc., M.S.E. (13 Tahun), Tendik Caca (35 Tahun), Suryono, S.Sos. (28 Tahun), Pribadi (33 Tahun), Samiyun, S.E. (31 Tahun), Raden Dana Sumarna (29 Tahun), Amaruloh (30 Tahun), T. Mulyana (38 Tahun), Ilyas (31 Tahun), Suhartono (26 Tahun), Ismiaty, A.Md. (37 Tahun), dan Sujarwo (21 Tahun).

Gemilang Daring Dies Natalis 70 Tahun ini didukung oleh para mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk, PT Unilever Indonesia Tbk, PT Paragon Technology and Innovation, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Lembaga Manajemen FEB UI, Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat  FEB UI, Lembaga Demografi FEB UI, Pusat Pengembangan Akuntansi FEB UI, Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI, UKM Center FEB UI, PT Danareksa Investment Management Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (hjtp)