Talkshow Dies Natalis FEB UI: Strategi Pengelolaan Keuangan pada Masa Pandemi Covid-19

Talkshow Dies Natalis FEB UI: Strategi Pengelolaan Keuangan pada Masa Pandemi Covid-19

 

Hana Fajria – Humas FEB UI

Depok – (05/11/2020) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, kembali menyelenggarakan webinar Talkshow sebagai rangkain acara Dies Natalis FEB UI yang Ke-70. Narasumber yang kompeten di bidangnya dihadirkan untuk membahas  “Strategi Pengelolaan Keuangan pada Masa Pandemi Covid-19“. Mereka adalah Handayani, Direktur Konsumer PT. Bank Rakyat Indonesia, dan Marsangap P. Tamba, Direktur Utama PT. Danareksa Investment Management dengan moderator  Dwi Nastiti Danarsari, Dosen dan Peneliti FEB UI.

Dr. Beta Yulianita Gitaharie, PJ Dekan FEB UI dalam sambutannya mengatakan, “Talkshow ini bersifat expanding knowledge untuk kita semua baik dosen, mahasiswa, tendik maupun partisipan lainnya. Sesuai tagline  Dies Natalis FEB UI ke- 70 “Bersama, berinovasi, bermanfaat,”  bermanfaat karena bisa digunakan untuk banyak kalangan, berinovasi karena terselenggara secara daring, bersama-sama bisa hadir mengikuti acara ini.  Selamat mengikuti talkshow! ,” ujar Beta.

Direktur Konsumer BRI, Handayani, memberikan pemaparan materi yang sangat informatif seperti tips menyiapkan perencanaan keuangan dan mengelola aset,  dari lazy assets menjadi active assets hingga wealth management. Survei menunjukkan masih banyak orang yang belum mengalokasikan return yang optimal di masa depan, untuk itu perlu melakukan perencanaan keuangan yang baik. “Mengenali kondisi keuangan kita, menetapkan tujuan keuangan, mengelola hutang yang baik, menyiapkan dana darurat, tetap menabung, investasi & asuransi serta mencari sumber pendapatan lain merupakan langkah awal memulai investasi yang baik,” paparnya.

Rencana keuangan sesuaikan dengan skala prioritas, dengan mengerapkan rumus 40-30-20-10. Rumus ini adalah  40 % untuk kebutuhan sehari-hari, 30 % membayar hutang, 20 % menabung & investasi  dan 10 % kebutuhan sosial. Untuk memulai investasi harus memahami profil resiko serta menetapkan  tujuan dari investasi yang dipilih.  Ada 4 jenis instrumen investasi yaitu  pasar uang, obligasi, reksadana dan saham.

Narasumber kedua Marsangap, memberikan wawasan mengenai reksadana sebagai solusi investasi yang bisa menjadi persiapan masa depan pada kondisi seperti saat ini. Dengan mengelola  investasi menjadikan kondisi keuangan lebih optimal. “Reksadana pasar uang bisa dijadikan produk untuk belajar instrumen pasar uang dan bisa memenuhi kebutuhan jangka pendek karena likuiditasnya cukup baik, juga  produk yang bisa dijadikan titik awal belajar investasi di reksadana. PT. Danareksa Investment Management juga memiliki produk untuk yang baru mulai berinvestasi, yaitu Reksadana Seruni Pasar Uang III, returnnya sebesar 5,7%, dibandingkan rate deposito bisa ekuivalen 7%, karena diraih melalui komposisi instrumen atau obligasi dibawah 1 tahun dan deposito, dari sisi resiko dan fluktuasi cukup rendah” ujar Marsangap.

Acara yang dihadiri 182 peserta ini dimeriahkan dengan pembagian hadiah berupa kartu Brizzi untuk 5 orang penanya masing-masing senilai 500.000, Reksadana saham oleh PT. Danareksa Investment Management masing-masing senilai Rp. 250.000,- dan 3 penanya terbaik mendapatkan Reksa dana dari PT BRI senilai Rp. 1.000.000,-. Pada penutupan acara para narasumber dan moderator menerima sertifikat virtual dari Herda Pradsmadji, Sekretaris Pimpinan FEB UI. (hjtp)

Tayangan acara ini dapat disaksikan melalui Youtube Channel Resmi FEB UI di tautan: https://www.youtube.com/watch?v=ZlY12q9xJAk&feature=youtu.be

   

Leave a Reply