FEB UI Gelar Yudisium Virtual Semester Genap 2019/2020 Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor bagi 319 Wisudawan

FEB UI Gelar Yudisium Virtual Semester Genap 2019/2020 Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor bagi 319 Wisudawan

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – (17/10/2020) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan Yudisium Virtual Semester Genap 2019/2020 Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor, yang dibagi dalam 2 bagian, yaitu Fakultas dan diteruskan ke Departemen, pada Sabtu (17/10/2020).

Acara dimulai dengan laporan dari Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Teguh Dartanto, Ph.D., menyampaikan bahwa Yudisium Virtual FEB UI Semester Genap 2019/2020, Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor menyatakan kelulusan wisudawan sebanyak 319 lulusan dari Pascasarjana dan Profesi (terdiri dari 9 lulusan program Doktor, 308 lulusan program Magister dengan 25 di antaranya lulusan program Internasional joint degree dan linkage, dan 2 lulusan program Profesi).

Wisudawan FEB UI dengan IPK tertinggi, berasal dari Jenjang S-2, yaitu dari Prodi MM Ilma Wulansari Hasdiansa dengan IPK 3.96, dan Marcel Christianis dengan IPK 3.96, Prodi PPIA Ari Tri Haryanto dengan IPK 3.90, dan Putri Puspa Ayu dengan IPK 3.90, dan Prodi Profesi Akuntasi diraih oleh Muhammad Rifky Wijaya dengan IPK 3.33. Kemudian, Jenjang S-3, yaitu PPIE diraih oleh Irfani Fithria Ummul Muzayanah dengan IPK 3.87.

Sementara, untuk waktu tercepat, berasal dari S-2 MM Verdy Septian Nugraha dengan masa studi 1 tahun 5 bulan, S-2 PPIE Adi Setiya Dwi Grahito dan Bonar Partungkoan Simanjuntak dengan masa studi 1 tahun 10 bulan, S-2 Profesi Akuntan diraih oleh Muhammad Rifky Wijaya dan Chairunnisa dengan masa studi 3 tahun 7 bulan, S-3 PPIA diraih oleh Agus Munandar dengan masa studi 2 tahun 6 bulan.

Kemudian, usia termuda, berasal dari S-2 MM yaitu I Gusti Ngurah Ary Wiwekananda dengan usia 22 tahun 6 bulan, S-2 PPIE Ayu Putu Arantza Bonita dengan usia 23 tahun 1 bulan, S-2 Profesi Akuntansi Chairunnisa dengan usia 25 tahun 11 bulan, S-3 PPIM Aqsath Rasyid Naradhipa dengan usia 30 tahun 7 bulan. Terakhir, usia paling senior, berasal dari S-2 PPIM Adji Pratomo dengan usia 43 tahun 10 bulan, S-2 MM diraih oleh Karantina Marhaeni dengan usia 54 tahun 4 bulan, S-2 Profesi Akuntan diraih oleh Muhammad Rifky Wijaya dengan usia 28 tahun 10 bulan, S-3 PPIA diraih oleh Sutarti dengan usia 44 tahun 9 bulan.

Apresiasi diberikan kepada wisudawan yang telah publikasi di jurnal Internasional terindeks scopus, di antaranya S-2 MM bernama Harianto yang berhasil publikasi di Q-2 Jurnal of Economic Studies dengan pembimbing Prof. Rofikoh Rokhim, Ph.D., S-3 PPIM bernama Ilisa Fajriyati yang berhasil publikasi di Q-1 Heliyon Volume 6 Issue 6 dengan pembimbing Prof. Adi Zakaria Afiff, Gita Gayatri, Ph.D., Sri Rahayu Hijrah Hati, Ph.D., S-3 PPIA bernama Andi Chairil Furqon yang berhasil publikasi di Q-1 International Journal of Public Sector Management Volume 33 Issue 5 dengan pembimbing Dr. Ratna Wardhani, Dr. Dwi Martani, Dr. Dyah Setyaningrum, S-3 PPIE bernama Irfani Fithria Ummul Muzayanah yang berhasil publikasi di Q-2 International Journal of Urban Sciences Volume 24 Issue 4 dengan pembimbing Prof. Suahasil Nazara, Ph.D., B. Raksaka Mahi, Ph.D., Dr. Djoni Hartono.

Pj. Dekan FEB UI, Dr. Beta Yulianita Gitaharie, dalam sambutannya mengatakan bahwa Program Magister dan Profesi merupakan salah satu pilar institusi pendidikan yang fokus pada pengembangan Profesi, dan lulusannya diharapkan dapat memberikan solusi/alternatif bagi persoalan riil. Sementara, Program Doktoral fokus pada pengembangan ilmu di bidangnya melalui riset akademik dan publikasi. Yudisium pada hari ini menunjukkan bahwa para lulusan resmi menyandang gelar Master dan Doktor, serta menjadi alumni FEB UI. Namun semua tetap menjadi keluarga besar FEB UI dalam peran yang berbeda.

“Kami berharap, kita tetap bisa menjalin hubungan dan bekerja sama dalam berbagai bentuk di masa depan. Pesan saya, meskipun Anda sudah lulus, tetap engage dengan kami di kampus, berpartisipasilah dalam survei alumni yang diselenggarakan oleh FEB UI. Kami atas nama pimpinan FEB UI mengucapkan selamat atas gelar yang diperoleh. Selamat berkarya dalam posisi apapun secara intelektual dan berbudi, berhati baik dan bersedia berkorban demi bangsa dan negara,” ucap Beta.

Mahasiswa perwakilan wisudawan dari Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE) FEB UI, Christina Ruth Elisabeth, mengucapkan rasa terimakasih kepada Bapak/Ibu dosen dan juga pembimbing dan promotor yang telah membantunya untuk memperoleh keilmuan di tingkat S-2 maupun S-3 serta kepada staf akademik yang membantu dalam memfasilitasi proses perkuliahan. Juga penghormatan yang sebesar-besarnya pada promotor, Almarhum Dr. Maddarammeng.

“Di level S-3, kita dituntut untuk menjadi doktor dengan standar Internasional dengan memiliki publikasi di Jurnal Internasional. Setelah wisuda ini, kita akan kembali ke dunia nyata. Sumbangan pemikiran dan karya nyata kita diperlukan untuk membangun negara. Semoga kita tetap dapat menjalin silaturahmi sebagai bagian dari ILUNI FEB UI. Kami mohon maaf kepada Bapak/Ibu dosen yang terhormat dan seluruh sivitas akademika FEB UI, jika terdapat kesalahan. Doakan kami agar mampu berkontribusi dengan keilmuan yang telah diperoleh di kampus ini,” ujar Ruth.

Ketua Umum ILUNI FEB UI, Destry Damayanti, mengatakan bahwa FEB UI sudah terbukti banyak menghasilkan tokoh-tokoh yang mempunyai integritas tinggi, kualitas, dan karakter yang baik yang menjadi policy maker di Indonesia. ILUNI mengundang para wisudawan untuk bergabung dan mendaftar diri di organisasi ILUNI FEB UI, melalui website ilunifebui.org/register, karena banyak sekali rekan-rekan alumni dan kegiatan-kegiatan yang dapat dijumpai untuk menunjang berkembangnya diri wisudawan.

“Setelah kalian menyelesaikan pendidikan di FEB UI, tentu akan menghadapi situasi nyata terhadap kondisi perekonomian Indonesia yang sedang berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Kita berharap, bagi kalian lulusan FEB UI bisa menjadi agen perubahan positif untuk perekonomian bangsa dan negara menuju Indonesia Maju, Indonesia Emas 2045 dengan mempunyai pendapatan tinggi. “Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan dan selamat kepada pimpinan dan para dosen FEB UI, karena berkat jasa merakalah, Indonesia bisa menciptakan SDM yang unggul, kompetitif, berkarya dan berbakti pada bangsa dan negara kita tercinta,” pesan Destry untuk wisudawan di akhir sambutannya.

Yudisium Departemen FEB UI

Yudisum Virtual FEB UI dilanjutkan dengan yudisium masing-masing Departemen, terdiri dari Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Departemen Akuntansi.

Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI menghasilkan lulusan Program S-2 berjumlah 105 orang dan Program S-3 berjumlah 2 mahasiswa. Program Doktor (S-3) PPIE menghasilkan 2 lulusan (2 wanita dan termasuk cumlaude), Program S-2 PPIE menghasilkan 36 lulusan (19 wanita dan 17 pria, dengan 10 mahasiswa lulusan dual degree atau linkage dan 26 lulusan single degree di antaranya 14 berpredikat cumlaude). Program S-2 MPKP menghasilkan 51 lulusan (29 wanita dan 22 pria, termasuk 2 orang lulusan dual degree, dan di dalamnya terdapat 10 lulusan berpredikat cumlaude). Program S-2 MEKK menghasilkan 18 lulusan (16 wanita dan 2 pria, termasuk 8 berpredikat cumlaude).

Departemen Manajemen FEB UI menghasilkan lulusan Program S-2 berjumlah 165 orang dan Program S-3 berjumlah 3 orang. Terbagi dalam Program Doktor (S-3) PPIM menghasilkan 3 lulusan (2 wanita dan 1 pria), Program S-2 PPIM menghasilkan 32 lulusan (18 wanita dan 14 pria, di antaranya 7 berpredikat cumlaude), Program S-2 MM menghasilkan 133 lulusan (58 wanita dan 75 pria, dengan 12 lulusan dual degree, termasuk 35 berpredikat cumlaude).

Departemen Akuntansi FEB UI menghasilkan lulusan Program S-2 berjumlah 40 orang dan Program S-3 berjumlah 4 orang. Terbagi dalam Program Doktor (S-3) PPIA menghasilkan 4 lulusan (1 wanita dan 3 pria, dengan 1 berpredikat cumlaude), Program S-2 PPIA menghasilkan 10 lulusan (5 wanita dan 5 pria, termasuk 4 orang berpredikat cumlaude), Program S-2 MAKSI-PPAk. menghasilkan 28 lulusan (13 wanita dan 15 pria), Program S-2 Profesi Akuntan menghasilkan 2 lulusan (1 wanita dan 1 pria).

FEB UI memiliki banyak kerjasama dengan mitra, dan untuk Yudisium pada hari ini, FEB UI mendapat dukungan dari PT. Paragon Technology and Innovation, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (hjtp)

 

Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI

Departemen Manajemen FEB UI

Departemen Akuntansi FEB UI

Leave a Reply