Talkshow Ilmiah: CEO Start-UP “Usaha yang Bertahan di Masa Pandemi Covid-19”

Talkshow Ilmiah: CEO Start-UP “Usaha yang Bertahan di Masa Pandemi Covid-19”

 

Hana Fajriah –Humas FEB UI

Depok – (21/10/2020) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, menyelenggarakan acara Talkshow Ilmiah sebagai rangkain acara Dies Natalis FEB UI yang Ke-70. Narasumber pada acara ini adalah Adi Zingkong, ILUNI FEB UI – Digital Economy,  Adrian Gunadi, CEO Investree, Windy Natriavi, CEO Awantunai, dan moderator  Eva Julianti Yunizar, MM., dari CNN Indonesia. Semua pembicara dan moderator adalah alumni FEB UI dari berbagai Angkatan.

Acara berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom dan siaran langsung pada akun Youtube resmi Humas FEBUI yang dihadiri lebih dari 600 peserta.

Herda J.T Pradsmadji, S.E., M.Pd, Sekretaris Fakultas FEB UI, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada narasumber karena ikut berkontribusi  dalam menambah wawasan dan nilai pengetahuan mengenai ekonomi digital maupun digital skills kepada para  peserta, yang sebagian besar adalah mahasiswa FEB UI dan UI. “Terima kasih kepada para narasumber yang merupakan alumni FEB UI. Kami berharap acara ini bermanfaat dan membangun wawasan lebih baik untuk perekonomian digital yang berkembang pesat kedepannya. Selamat mengikuti seminar!” ujar Herda melalui media Zoom.

Herda juga mengajak partisipan untuk ikut berdonasi melalui pemesanan e-sertifikat. Dana e-sertifikat ini akan menjadi bagian untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh siswa di daerah yang tidak terjangkau signal, atau tidak memiliki gawai untuk belajar.  Salah satu bagian dari kegiatan Dies Natalis adalah mengumpulkan buku bacaan/pelajaran/hp layak pakai/dana tunai di collection box /rekening khusus guna mendukung kegiatan anak-anak yang melaksanakan PJJ di daerah yang  tidak ada signal untuk belajar.

Adi Zingkong, mengawali talkshow dengan memaparkan mengenai usaha masa depan yang berkembang pesat yang berhubungan dengan digital transformation. Adi memberikan gambaran dan bagan survei data dari para alumni mengenai dunia ekonomi digital. Adi merekomendasikan banyak tips, seperti mengajurkan untuk mahasiswa berkarir di bidang tech, memulai magang saat masih kuliah, dan berteman atau membangun jaringan di lintas fakultas seperti fasikom, hukum, psikologi dan lain-lain. “Motivasi Belajar yang tinggi, kerja keras dan pantang menyerah adalah kunci utama memulai karir, untuk membangun start up. Saat yang baik memulai membuat start up ialah setelah punya prototype dan feedback pasar,” Ujar Adi.

Narasumber kedua Windy, mempresentasikan mengenai start up Awantunai, yang fokus mengembangkan teknologi untuk memajukan dan memfasilitasi bisnis masyarakat Indonesia, serta memberikan pembiayaan kepada pedagang grosir yang kesulitan mendapatkan tambahan modal untuk bisnisnya. Awantunai menyediakan aplikasi yang digunakan oleh pedagang grosir untuk mendapatkan pembiayaan pembelian barang dari pemasok yang telah bekerja sama dengan Awantunai, serta menyediakan teknologi bagi pemasok untuk memudahkan pencatatan inventaris dan memantau transaksi yang terjadi di toko mereka.

Pembicara ke tiga, Adrian Gunadi, memaparkan mengenai potensi industri ekonomi kedepan di dunia fintech, sehingga para pemula dapat menggunakan teknologi untuk membuat layanan keuangan lebih efisien dan mudah diakses. Investree sebagai platform marketplace pinjaman B2B untuk UKM, mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman melalui platformnya dan tidak mendanai pinjaman apa pun.

Selain acara talkshow, diadakan juga pembagian merchandise dengan pengundian secara online sebanyak 15 hadiah ke para peserta acara.

Tayangan acara ini dapat disaksikan melalui Youtube Channel Resmi FEB UI di tautan: https://www.youtube.com/watch?v=r67rNhSS2AY

Leave a Reply