Management Research Center FEB UI Gelar International Conference on Business and Management Research (ICBMR) ke-13 “Leveraging Business and Management Knowledge in the  Digital Era”

0

Management Research Center FEB UI Gelar International Conference on Business and Management Research (ICBMR) ke-13

“Leveraging Business and Management Knowledge in the  Digital Era”

 

Hana Fajria – Humas FEB UI

Depok – (21-10-2020) Konferensi Internasional ICBMR ini diadakan setiap tahun oleh Management Research Center (MRC), Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Diselenggarakan pada tanggal 21-22 Oktober 2020, konferensi ini memberikan  platform internasional bagi akademisi, peneliti, dan siswa pemula di seluruh dunia untuk berbagi temuan penelitian mereka dan menemukan hubungan internasional untuk kolaborasi di masa depan. Tahun ini acara-acara ICBMR, presentasi, Meet the Editors, Kolokium Doktoral, dan keynote speech diselenggarakan melalui virtual conference

The 13th International Conference on Business and Management Research (ICBMR) mengusung tema Leveraging Business and Management Knowledge in the Digital Era. Dalam sambutan pembukaan konferensi, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Teguh Dartanto, Ph.D., menegaskan acara ini untuk meningkatkan kontribusi riset di bidang ekonomi dan bisnis guna mendukung berbagai organisasi di Indonesia. Dengan kontribusi tersebut, organisasi-organisasi tersebut diharapkan mampu menciptakan inovasi yang berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama dalam situasi terjadi perubahan tatanan dunia akibat disrupsi teknologi digital dan pandemi Covid-19.

Konferensi ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dari berbagai universitas dan berbagai negara, baik sebagai pemateri maupun sebagai pengamat. Menurut Panitia Penyelenggara, Dr. Rifelly Dewi Astuti, konferensi ini menghadirkan keynote speaker yang sangat berpengalaman yaitu Prof. Jae Bin Ahn dari Graduate School of International  Studies (GSIS), Seoul National University yang membawakan topik Financial Technology in Emerging Countires dan Prof. Riza Casidy, Assc. Editor of the Journal of Strategic Marketing, Dept. of Marketing – Macquarie University, yang membawakan topik Pemasaran di Era Digital. Di hari kedua, Prof. Ian Phau,  Editor in Chief APJML School of Marketing, Curtin University, yang mempresentasikan How to Publish Article in a Reputable Journal.

“Kami menerima 107 makalah dari lima negara, dan melalui double-blind review, makalah  dipresentasikan dalam dua hari konferensi ini. Makalah dari berbagai bidang bisnis dan manajemen: keuangan, perbankan, keuangan dan perbankan Islam, pemasaran, pemasaran Islam, manajemen organisasi / SDM, operasi dan manajemen rantai pasokan, manajemen bencana, manajemen strategis, dan manajemen umum, disajikan melalui platform online. Semua makalah yang dipresentasikan akan dipublikasikan dalam prosiding konferensi atau di jurnal pendukung kami, ”ujar Rifelly.

Panitia Penyelenggara mempublikasikan hasil berbagai makalah yang dipresentasikan secara paralel pada tanggal 21-22 Oktober 2020. Jurnal pendukung ICBMR 2020 seperti: Asian Academy of Management Journal of Accounting & Finance, Asian Academy of Management Journal, European Journal of International Management, International Journal of Emerging Markets, International Journal of Economics & Management, International Journal of Business & Society, Southeast Asian Management Journal (SEAM), Indonesian Capital Market Review (ICMR) dan ASEAN Marketing Journal (AMJ) . Sedangkan prosiding konferens  akan diterbitkan oleh Atlantis Press. Di akhir acara, penyelenggara konferensi memberikan penghargaan kepada 3 (tiga) paper terbaik.

Kategori Finance makalah terbaik adalah “The Sustainability of Microfinance Institutions in Supporting Financial Inclusion in Asian Countries for the Period 2011-2018” oleh Natasha Salim Sjarkawi, Liyu Adhi Kasari Sulung. Kategori pemasaran, makalah terbaik adalah “The Drivers of Repurchase Intention during the Corona Pandemic: An Examination of Gender Difference” oleh Wahyuningsih, Hanny Nasution, Yulia Hendri Yeni, Ratna Roostika. Kategori manajemen, makalah terbaik adalah The Effect of Diversity Management on Organizational Citizenship Behavior: The Mediating Role of Organizational Inclusion, Affective Commitment, and Work Engagement” oleh Caroline Tjoeng, Fanny Martdianty. Selamat untuk para pemenang!(hjtp)