Western Mindset: Cross Cultural Comparison of (Business) Behavior

0

Western Mindset: Cross Cultural Comparison of (Business) Behavior

Pola Pikir Barat: Perbandingan Perilaku (Bisnis) Lintas Budaya

 

 

Andini Ayuningtyas ~ Asisten Pengajar di Departemen Manajemen FEB UI

DEPOK – Pada Rabu (10/7), Prof. Alexander Loch dari University of Applied Science Ludswigburg berbicara mengenai perbandingan lintas budaya dalam perilaku bisnis. Muthia Pramesti, S.E., M.M dari Universitas Indonesia menyampaikan kata sambutan sekaligus memoderasi seluruh sesi diskusi online yang diikuti oleh sekitar 390 peserta.

Prof. Alex memulai sesi diskusi dengan menyampaikan perbedaan antara budaya dan stereotip, dan bagaimana perbedaannya antar negara atau bahkan di dalam negara. Ia menyebutkan bahwa tidak ada orang yang memiliki cara hidup yang sama, dan akan selalu ada satu keterampilan dan pola pikir yang relatif lebih efektif, tetapi tidak lebih unggul dari yang lain.

Terakhir, ia mencontohkan negara-negara seperti Jerman dan Indonesia, dan bagaimana kedua bangsa tersebut memiliki budaya yang berbeda yaitu dalam hal kekuasaan, individualisme, maskulinitas, penghindaran ketidakpastian, dan indulgensi dengan menggunakan Country Comparison Insights Hofstede. Ia menutup webinar dengan menggarisbawahi pentingnya memahami literasi lintas budaya dan menerapkannya dalam dunia bisnis. (hjtp)

(am)