PPIE FEB UI Sambut Mahasiswa Baru Semester Gasal 2020-2021 Secara Online

0

PPIE FEB UI Sambut Mahasiswa Baru Semester Gasal 2020-2021 Secara OnlineĀ 

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK ā€“ (10/9/2020) Menyambut tahun ajaran baru 2020ā€“2021, Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE) FEB UI gelar Penyambutan Mahasiswa Baru S-2 dan S-3 Semester Gasal secara webinar, pada Kamis (10/9/2020).

Mahasiswa baru (maba) PPIE FEB UI tahun ini berjumlah 116 orang, yaitu mahasiswa S-2 Ā 110 orang (18 mahasiswa program linkage dan 92 mahasiswa reguler dengan 1 mahasiswa asing dari Sudan, dengan beasiswa Kemitraan Negara Berkembang, KNB). Selain itu, 6 mahasiswa S-3.

Pada tahun ini, PPIE FEB UI bermitra dengan beberapa penyelenggara pendidikan, di antaranya Bappenas, Kementerian Keuangan, Badan Pusat Statistik (BPS), dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Kemensetneg yang merupakan mitra baru untuk program linkage, bersama PPIE dan University of Adelaide berhasil mendapatkan pembiayaan untuk tahun kedua dari Australian Awards Indonesia.

Bappenas mengirimkan 17 orang untuk di sekolahkan di PPIE FEB UI (10 orang program reguler dan 7 program linkage Belanda). Kementerian Keuangan mengirimkan 43 orang, BPS Ā 12 orang untuk program S-2 dan 2 orang untuk S-3. Kemensetneg mengirimkan 6 orang untuk program linkage.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Teguh Dartanto, Ph.D., Wakil Dekan I Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FEB UI, Vid Adrison, Ph.D., Ketua Departemen Ilmu Ekonomi, Sugiharso Safuan, Ph.D., Ketua Program Studi S-2 dan S-3 PPIE. Diikuti dengan sambutan dari mitra kerjasama PPIE FEB UI, yakni Eni Lestariningsih, M.A., Kepala Pusdiklat BPS, Samidi Fahrudin, Kepala Pusdiklat Kemensetneg, Ali Muharam, M.S.E., M.A., Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan Pusbindiklatren Bappenas, dan Ganti Lis Ariyadi, Kepala Bidang Pengelolaan Beasiswa PPSDM-BPPK Kementerian Keuangan.

Kemudian, unit-unit pendukung kegiatan belajar-mengajar di FEB UI, di antaranya Pusat Sumber Belajar, Sistem Informasi, Fasilitas dan Infrastruktur (Fastur), serta laboratorium data Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI. Terakhir, sharing session dari alumni PPIE FEB UI.

Sugiharso Safuan, Ph.D., memaparkan bahwa akreditasi BAN-PT untuk Program Studi PPIE FEB UI pada Jenjang S-2 memperoleh Predikat A (26 September 2017), Jenjang S-3 memperoleh Predikat A (25 Agustus 2020) dan masing-masing berlaku hingga 5 tahun dari waktu ditetapkan. Lainnya ialah Master Program in Economics UI (ranking 16 Far Ā East Asia Master Economics, Eduniversal 2019/2020). Tantangan yang dihadapi adalah bagaimana meningkatkan jumlah publikasi di Jurnal Internasional bereputasi dan di Jurnal Nasional terakreditasi, berdasarkan penelitian mahasiswa S-2 dan S-3 PPIE FEB UI.

ā€œKlaster penelitian PPIE, meliputi ekonomi moneter dan keuangan, keuangan Internasional dan perdagangan, ekonomi regional dan perkotaan, ekonomi ketenagakerjaan, ekonomi dan keuangan publik, ekonomi sumber daya alam dan lingkungan, dan ekonomi pembangunan. Sejak 2019, PPIE Ā bermitra dengan 12 universitas, 6 di Jepang, 2 Ā di Australia, 3 di Belanda, dan 1 universitas di USA,ā€ ujar Sugiharso.

ā€œPatahkan semua stigma dalam masyarakat bahwa belajar di PPIE FEB UI itu sulit dan lama masa studinya. Buktikan Anda bisa lulus tepat waktu, dengan hasil membanggakan dan bisa berkontribusi memajukan bangsa ini,ā€ pesan Sugiharso kepada mahasiswa baru PPIE FEB UI.

Alumni S-3 PPIE FEB UI angkatan 2015, Dr. Irfani Fithria menyampaikan bahwa diterima di S-3 PPIE merupakan anugerah terindah dan patut disyukuri, karena persaingan yang sangat ketat untuk memperolehnya. ā€œStudi di S-3 PPIE FEB UI harus fokus pada tujuan, susun atau targetkan ekspektasi sesuai kemampuan diri sendiri, fokus, jangan mendengarkan omongan orang lain, optimis, jangan menunda-nunda, bisa mengatur waktu antara urusan pribadi dengan belajar, membangun networking dan supporting system. Libatkan semua orang yang Anda percayai yang bisa membuat nyaman dan pastinya libatkan Tuhan dalam seluruh urusan kita, jagalah kesehatan atau jangan terlalu diforsir,ā€ jelas Irfani.

Alumni S-2 program reguler angkatan 2016, Afiat Ria Nabati, S.Mn., S.H., M.S.E., mengatakan, bahwa menempuh pendidikan di S-2 PPIE FEB UI harus beradaptasi dengan perkembangan ilmu ekonomi. Berbagi dengan teman dan dosen terkait permasalahan masa studi, jaga kebersamaan, pertahankan semangat, intensifkan komunikasi, optimalkan fasilitas, enjoy dan nikmati, berpikiran kritis dan analitis, ikuti kegiatan yang menambah wawasan Anda (seminar, kuliah umum dan tamu, conference, dan sebagainya), dan kuatkan mental. Kuncinya 3 S, yaitu Senang, Semangat, dan Sujud.

Alumni S-2 program linkage angkatan 2018, Ari Tri Haryanto, menambahkan kelebihan linkage UI-ANU, di antaranya bisa memperoleh gelar double degree, pengalaman kuliah yang berbeda dan tesis di universitas mitra. Tantangan yang dihadapi berupa cultural shock, waktu adaptasi singkat, dan beban kuliah lebih banyak. (hjtp)