LPEM Webinar, Thinking Ahead: Indonesia’s Agenda of Sustainable Recovery From Covid-19

0

LPEM Webinar, Thinking Ahead: Indonesia’s Agenda of Sustainable Recovery From Covid-19

 

Hana Fajria – Humas FEB UI

DEPOK – (31/8/2020) Lembaga Penelitian Ekonomi (LPEM) FEB UI, bekerjasama dengan Bappenas, dan Katadata menyelenggarakan webinar bertajuk “Thinking Ahead: Indonesia’s Agenda of Sustainable Recovery from Covid-19” pada hari Senin, 31/08/2020. Acara ini dimaksudkan sebagai ajang diseminasi hasil studi yang diselenggarakan oleh LPEM FEB UI dan akan diterbitkan bersama Bappenas dalam bentuk buku.

Acara ini menghadirkan beberapa pembicara di antaranya Dr. Arifin Rudiyanto, Deputi bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas, serta Riatu Mariatul Qibthiyyah, Ph.D, Direktur LPEM FEB UI dan beberapa peneliti lainnya.

Sesi pertama acara mengusung sub-topik “Examining the Economic Impact of COVID-19 Pandemic”. Sesi ini mendiskusikan dampak COVID-19 terhadap aspek sosial dan ekonomi khususnya di Indonesia, berdasarkan studi komprehensif yang telah dilakukan sebelumnya oleh Tim Peneliti LPEM FEB UI, Teuku Rifki dan Chairina Hanum yang dipandu oleh Jahen Rizki Ph.D., peneliti dan dosen di FEB UI.

Pemaparan studi selanjutnya dengan sub-topik “Putting Sustainability Agenda in the Economic Recovery Plan: What Can We Learn from Other Countries?” dengan pembicara Robi Kurniawan dan Puspa Amri. Sesi ini mengulas inisiatif negara-negara lain dalam merespon COVID-19 melalui instrumen berkelanjutan yang dipandu oleh Shauqie Azar, M.PP., peneliti dan dosen di FEB UI.

 Pemaparan pada sesi 2 disampaikan oleh Tim Peneliti LPEM FEB UI, Wildan Anky dan Atiqah Amanda Siregar, dengan sub-topik “Sustainable Economic Recovery for Indonesia”. Sesi kedua secara khusus membahas mengenai rekomendasi agenda pemulihan COVID-19 untuk Indonesia dengan mengimplementasikan aspek keberlanjutan dan dipandu oleh I Dewa Gede Karma Wisana, Ph.D., Associate Director dan peneliti di Lembaga Demografi FEB UI.(hjtp)

Video selengkapnya dapat dilihat di: https://www.youtube.com/watch?v=F01Ke-Z9o_s