Promosi Doktor PPIA FEB UI, Andi Chairil Furqan Teliti Kualitas Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah terhadap Pelayanan Publik

Promosi Doktor PPIA FEB UI, Andi Chairil Furqan Teliti Kualitas Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah terhadap Pelayanan Publik

 

Nino Eka Putra – Humas FEB UI

DEPOK – (13/8/2020) Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi (PPIA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, menyelenggarakan sidang terbuka Promosi Doktor Andi Chairil Furqan (1406591655) secara daring, pada Kamis (13/8/2020).

Sidang Promosi Doktor ini diketuai oleh Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, Ph.D., dengan pembimbing, Dr. Ratna Wardhani (Promotor), Dr. Dwi Martani (Ko-Promotor 1), Dr. Dyah Setyaningrum (Ko-Promotor 2). Selaku tim penguji, Hilda Rossieta, Ph.D. (Ketua Penguji), Dr. Fitriany, Dr. Chaerul D. Djakman, Dr. Ir. Mahjus Ekananda, dan Dr. Rr. Trisacti Wahyuni.

Penulisan disertasi yang diangkat oleh Promovendus, berjudul “Kualitas Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah: Determinan dan Dampaknya terhadap Kualitas Pelayanan Publik dan Keputusan Pemangku Kepentingan”.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan dan dampak kualitas Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), khususnya pengaruh temuan audit dan tindak lanjut rekomendasi audit, pengaruh terhadap kualitas LKPD terhadap kualitas pelayanan publik dan keputusan pemangku kepentingan, baik dalam berinvestasi, membayar pajak daerah maupun memilih kembali petahana. Penelitian ini dilakukan pada pemerintah kabupaten/kota di seluruh Indonesia, dengan menggunakan data tahun 2016 untuk pengujian utama dan data tahun 2014-2016 untuk pengujian sensitivitas.

Terkait dengan determinan kualitas LKPD, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa temuan audit berpengaruh negatif terhadap kualitas LKPD, sedangkan tindak lanjut rekomendasi audit berpengaruh positif terhadap kualitas LKPD. Sementara itu, terkait dengan dampak kualitas LKPD, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selain berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan publik, kualitas LKPD juga ditemukan berpengaruh positif terhadap keputusan pemangku kepentingan, terutama dalam berinvestasi dan membayar pajak daerah. Tidak ditemukan adanya pengaruh yang signifikan kualitas LKPD terhadap keputusan masyarakat daerah dalam memilih kembali petahana.

Hasil penelitian ini berimplikasi pada pentingnya upaya peningkatan kualitas LKPD bagi Pemerintah Daerah, dan tidak hanya diharapkan dapat mewujudkan akuntabilitas semata, namun juga sekaligus dapat meningkatkan kebermanfaatan pelaporan keuangan bagi peningkatan kualitas pelayanan publik dan pengambilan keputusan para pemangku kepentingan Pemerintah Daerah.

Dewan Pimpinan sidang terbuka promosi doktor memutuskan, Andi Chairil Furqan (1406591655) dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan berhasil mendapat gelar Doktor yang ke-78 Bidang Ilmu Akuntansi. Selamat kepada Dr. Andi Chairil Furqan! (hjtp)

 

Leave a Reply