Kerjasama dengan FKP, Lembaga Demografi FEB UI Selenggarakan Spesial Webinar Pertama Dalam Rangka HUT ke-56

Kerjasama dengan FKP, Lembaga Demografi FEB UI Selenggarakan Spesial Webinar Pertama Dalam Rangka HUT ke-56

Dalam rangka HUT ke-56, Lembaga Demografi bekerja sama dengan Forum Kajian Pembangunan (FKP) mengadakan rangkaian spesial webinar di sepanjang bulan Agustus 2020. Webinar pertama menghadirkan Salut Muhidin, Ph.D dari Macquarie University Australia, yang memberikan presentasi berjudul Analysis of Maternal Infection and Neonatus Born to Mother with Covid-19: a Systematic Review pada Kamis, 6 Agustus 2020.

Dalam presentasi tersebut, Salut menjelaskan metode memilih referensi secara sistematik sehingga semua tercakup tidak ada yang terlewatkan.

Dari aplikasi metode tersebut pada isu Perempuan Hamil yang Terkena Covid-19, Adjunct Peneliti Lembaga Demografi ini mendapatkan 9 artikel (dari sekitar 1400 yang di review) terpilih. Dari 9 artikel tersebut didapatkan bahwa ada atau tidaknya transisi vertikal coronavirus dari ibu ke anak masih belum jelas (inconclusive).

“Implikasi COVID-19 bagi wanita hamil, karena situasi saat ini, perhatian lebih harus diberikan pada kebutuhan khusus wanita hamil. Diantaranya perawatan yang tepat dan hati-hati harus diterapkan. Dalam kasus kritis, kehamilan dapat membahayakan ibu dan janin. Dengan demikian, penghentian dini diperlukan bahkan pada kehamilan prematur,” ungkapnya.

“Protokol kesehatan standar harus diterapkan. Seperti menghindari perjalanan yang tidak perlu, menggunakan transportasi umum, atau keramaian untuk ibu hamil,” tututp Salut Muhidin, Ph.D. (hjtp)

Sumber Youtube dan materi presentasi: https://www.youtube.com/watch?v=ktGzIAKmcLw , https://bit.ly/SpecialWebinarLD1