Career Insight:  Preparing Ourselves to Enter The Workforce During the “New normal”

0

Career Insight:  Preparing Ourselves to Enter The Workforce During the “New normal

Hana Fajria – Humas FEB UI

Depok – (5/8/2020)  Pusat Bimbingan Karir dan Magang (PBKM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (PBKM FEB UI ), menyelenggarakan webinar Preparing Ourselves to Enter The Workforce During the “New normal”.

Sri Daryanti, Kepala Sub Direktorat Pengembangan Karir, Lulusan dan Hubungan Alumni, Universitas Indonesia (DPKH UI), membuka acara dengan mengenalkan kepada peserta mengenai DPKH UI. Narasumber pada webinar ini Miftahuddin Amin, Executive Vice President and Chief Human Resources Officer at Paragon, Ulfah Hasanah, Brand Development Executive of Wardah, dan Nurul Andriani, Head of Talent Acquisition at Paragon.

Pembicara pertama, Miftahuddin Amin, memberikan pengantar dan informasi singkat mengenai Paragon, “Supaya perusahaan dapat bertahan, kita harus menanamkan nilai budaya serta menciptakan lingkungan kerja senyaman mungkin dan juga memfasilitasi karyawan supaya bisa berinovasi selalu. Pesan saya kepada para mahasiswa, jangan pernah berhenti untuk selalu belajar,” ujarnya.

Nurul Andriani, memaparkan mengenai proses rekrutmen dan seleksi kerja di masa new normal dan perbandingannya dengan kondisi normal, dengan mengadakan open recruitment secara virtual, seperti menggunakan interviewing software , serta memberikan penjelasan perihal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi proses rekrutmen dan seleksi kerja di masa new normal. “Tetap persiapkan diri, sering melihat/ riset market seperti apa perusahaan yang cocok dan selalu mengembangkan kemampuan dan skill yang kita punya meskipun dalam kondisi pandemi, “ ujar Nurul.

Sharing session terakhir dari Ulfah Hasanah, yang juga alumni FE UI angkatan 2014, Ulfah memberikan pengalamannya dalam bergabung di Paragon setelah mengakhiri masa kuliah serta memberikan tips mengenai kunci kesuksesan dalam melamar suatu pekerjaan, baik dalam situasi umum maupun di masa new normal.

Diharapkan acara ini dapat memberikan wawasan kepada para calon lulusan dan memberikan gambaran kepada para mahasiswa maupun fresh graduates tentang proses rekrutmen atau seleksi pelamar kerja selama perubahan kondisi setelah COVID19. (hjtp)