FEB UI Terapkan Strategi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Jangkau Mahasiswa di Seluruh Indonesia  

0

FEB UI Terapkan Strategi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Jangkau Mahasiswa di Seluruh Indonesia  

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Sejalan dengan  upaya memitigasi risiko pandemi Covid-19, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI telah meniadakan kelas temu muka sejak 14 Maret 2020. Sebagai gantinya, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diterapkan untuk tetap menghadirkan kuliah kepada para mahasiswa di rumahnya masing-masing  baik di Jabodetabek maupun yang telah kembali ke rumah orangtuanya di daerah masing-masing seluruh Indonesia.

Wakil Dekan 1 Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FEB UI, Teguh Dartanto mengatakan bahwa PJJ antara dosen dengan mahasiswa dilakukan sesuai instruksi dari Rektor UI dalam mewaspadai dan mencegah penyebaran infeksi Covid-19 di lingkungan UI. Pimpinan FEB UI mengadakan rapat pada Jumat 13 Maret, 2020, dan dengan para dosen  pada Sabtu keesokannya lalu merumuskan SK Pj. Dekan. Kemudian, SK tersebut diterbitkan/disebarluaskan pada hari Senin, 16 Maret, 2020, dan berlaku hingga berakhirnya semester genap Tahun Ajaran 2019/2020.

“Awal dimulainya PJJ, kendala yang dihadapi oleh dosen ialah kaget dan belum terbiasa dengan kuliah secara daring (online). Namun, dengan dibentuknya tim di lingkungan FEB UI seperti Help Desk PJJ dengan kontak 08111927296 dan dibantu oleh Pimpinan Struktural, LKJ (Layanan Komputer Jaringan), Humas dan SBA (Sub Bagian Akademik), maka kendala tersebut bisa teratasi dengan baik. Selain  dosen, mahasiswa juga mengalami kendala seperti koneksi internet yang terganggu bagi yang tinggal di daerah/pelosok, lalu masih adanya laptop,notebook atau komputer yang kurang support untuk PJJ ini. Tetapi, kami pun telah memberikan panduan baik melalui wag maupun secara online untuk dosen & mahasiswa yang dapat diakses melalui www.feb.ui.ac.id,” ungkap Teguh Dartanto.

Sosialisasi PJJ dengan E-learning Management Systems (EMAS)

Dengan diberlakukannya PJJ, FEB UI melangsungkan sosialisasi kepada guru besar maupun dosen tentang aplikasi yang dimiliki oleh UI dalam mendukung perkuliahan daring bernama E-learning Management Systems (EMAS) di Laboratorium Komputer B, Gedung A, pada Selasa (17/3/2020). EMAS merupakan sistem yang dikembangkan oleh UI di bawah naungan Kantor Sumber Daya Pembelajaran (KSDP), untuk mengelola proses pembelajaran jarak jauh sehingga dosen dan mahasiswa bisa berinteraksi melalui sistem tersebut untuk menunjang proses belajar-mengajar, khususnya melakukan diskusi dengan forum, bertukar file ataupun konten perkuliahan, kuis, dan ujian.

Menurut Rus’an Nasrudin selaku dosen pada Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI dan sebagai pemateri pada pelatihan untuk dosen tersebut, pada dasarnya cara penggunaannya sangatlah mudah.  Setiap dosen perlu membuka aplikasi EMAS terlebih dahulu dengan mata kuliah yang ada di SIAK-NG menjadi mata kuliah yang terkelola di sistem EMAS. Mahasiswa bisa secara otomatis maupun manual terdaftar dan berpartisipasi di sistem EMAS.

Syarat untuk mengakses system EMAS ialah dosen menggunakan sistem login Single Sign On (SSO) UI dan bagi mahasiswa yang terdaftar di SIAK-NG untuk mata kuliah tersebut otomatis akan bisa terdaftar juga. Mahasiswa yang belum terdaftar  otomatis, bisa bergabung dengan mendaftar seizin dosen yang bersangkutan.

“Seperti pada umumnya penggunaan Information and Communication of Technology (ICT), keterbatasan bandwitdh dan  traffic yang tinggi (akibat penggunaan secara besamaan oleh para dosen dan mahasiswa di lingkungan UI) mengakibatkan sistem EMAS  beberapa kali mengalami down (awalnya lancar tetapi sekarang mengalami gangguan),” ujar Rus’an Nasrudin.

“Maka, strategi yang bisa dilakukan yakni kita harus bijak dalam menggunakan ukuran file agar tidak membebani server dan meminimalisir akses secara bersamaan dengan cara membuat penjadwalan masuk ke EMAS. Karena sepanjang traffic nya normal, sebenarnya EMAS ini  ideal, karena tidak ada sistem yang lengkap dengan fitur sekomprehensif yang dimiliki oleh UI. Di luar EMAS, dosen juga bisa menggunakan sistem lain seperti Google Classroom (Microsoft Teams), Google Meet, Skype, Zoom,” tutupnya. (hjtp)

Informasi Tambahan:

Pada Hari Jumat 20 Maret, 2020, terdaftar 47 dosen FEB UI dengan berbagai Mata Kuliah yang menerapkan PJJ yang diikuti 1399 mahasiswa.