Mitigasi Virus Korona di Lingkungan FEB UI

0

Mitigasi Virus Korona di Lingkungan FEB UI

 

Hana Fajria – Humas FEB UI

DEPOK– Untuk mengantisipasi penularan virus korona di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Tim Fasilitas dan Infrastruktur (Fastur) melakukan  upaya mitigasi risiko baik di Depok maupun di Salemba mulai Senin (16/3/2020).

Langkah-langkah yang sudah dilakukan Tim Fastur FEB UI diantaranya:

  1. Menyediakan masker untuk mereka yang memerlukan karena gejala pilek atau batuk
  2. Pemasangan dispenser hand sanitizer di setiap gedung dan tiap lantai
  3. Peningkatan frekuensi penambahan sabun cuci tangan
  4. Pembersihan lantai dengan menggunakan karbol frekuensinya ditambah
  5. Penyemprotan disinfektan pada gagang pintu, railing, tombol lift, handle kulkas, dan penyemprotan meja kerja sebelum dan setelah kerja.
  6. Pencucian dan penjemuran karpet dan mukena mushola. Sementara karpet di mushola tidak digunakan  (mulai minggu ini)
  7. Pengecekan suhu tubuh di selasar
  8. Menampilkan poster-poster tentang kebersihan, mencuci tangan dan pola hidup bersih sehat

“Proses mitigasi sudah kami mulai sejak awal bulan Maret ini, dan mulai minggu ini frekuensinya kita tingkatkan lagi dan penyemprotan disinfektan dilaksanakan tiap 2 jam sekali”, ujar Undang Suwanda selaku Asisten Manajer Umum Bidang Fastur.

Untuk  mencegah penyebaran virus corona ini, FEB UI juga menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai 14 Maret 2020, untuk meminimalisir interaksi antar mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, dosen dengan dosen dan dengan tendik juga. Di saat mahasiswa tidak menjalani kuliah tatap muka, tim fastur pun mengambil tindakan untuk fogging setiap ruangan. Upaya lain seperti gerakan masyarakat (GERMAS) tetap dilakukan seperti menjaga tempat belajar/kerja tetap bersih dan higienis, rutin cuci tangan secara bersih, menerapkan etika bersin dan batuk yang benar, menunda perjalanan dinas ke luar negeri bagi sivitas akademika dan mengupayakan untuk melakukan teleworking. Imbauan agar senantiasa mencuci tangan usai beraktivitas di luar ruangan ini senantiasa ditekankan. Menjaga kebersihan memang perlu agar tubuh terhindar dari bahaya virus.(hjtp)