Inilah Kiat Jana Mahasiswa FEB UI Menjadi Mapres Nasional

Inilah Tips Jana Mahasiswa FEB UI Menjadi Mapres Nasional

Rima Noersita Sarvi ~ Humas FEB UI

Depok ā€“Ā Pada Sabtu (29/02), Universitas Indonesia menyelenggarakan acara tahunan yaitu UI Open Days 2020. UI Open Days merupakan kegiatan pengenalan program pendidikan dan jalur masuk kuliah di UI, kegiatan ini berlangsung di Balairung Universitas Indonesia. Dalam kegiatan ini, terdapat sesi Seminar Motivasi oleh Mahasiswa Berprestasi (Mapres) UI pada tahun 2019 yang merupakan mahasiswa Ilmu Ekonomi angkatan 2016 FEB UI yaitu I Gede Sthitaprajna Virananda atau biasa dipanggil Jana.

Dalam sesi tersebut, Jana menyatakan beberapa alasan mengapa ia memilih masuk UI. Ia menjelaskan bahwa UI memiliki jaringan dengan dosen-dosen terbaik. Seperti saat ia menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI, ia kerap di ajar oleh menteri keuangan dan staf khusus dari kementrian.

Selain itu, menurut Jana UI memiliki banyak kegiatan mahasiswa sehingga dapat membantu mahasiswa untuk memperbanyak relasi saat berkuliah. Secara geografis pun UI berada di tempat yang strategis karena dekat dengan Jakarta.

Jana merupakan mahasiswa FEB yang masuk melalui jalur SBMPTN. Ia menjelaskan persiapan apa saja yang ia lakukan saat sebelum melaksanakan SBMPTN. Salah satunya dengan sering berlatih mengerjakan berbagai latihan-latihan soal dengan menggunakan timerĀ lalu dibahas bersama-sama dengan temannya.

Tak hanya itu, Jana juga memberikan himbauan agar para adik-adik SMA memikirkan dengan matang jurusan yang akan dipilih. Ia berpendapat bahwa akan lebih baik apabila jurusan yang dipilih itu saling berhubungan dengen passion-nya. Akan tetapi, bila masih belum mengetahui passion-nya juga tidak apa-apa, karena jika sudah menjadi mahasiswa yang penting masuk kuliah dan mencoba berbagai macam hal dan kegiatan untuk mengembangkan diri.

Terakhir, Jana mengungkapkan bahwa mengatur waktu juga sangat lah penting, sehingga apabila kita sibuk dengan kegiatan kegiatan non akademik, tugas-tugas kuliah juga harus tetap selesai tepat waktu. ā€œAku tuh suka ngerjain tugas dan cepat selesai. Aku berusaha banget kerjakan siang sampai sore biar malamnya free.Ā Kalau kerjaanku belum selesai, akuĀ gak akan melakukan hal yang aku suka,ā€ pungkas Jana.

Ā Ā Ā