Dalam Rangka Peningkatan Skill Asisten Dosen, Departemen Manajemen Selenggarakan Pelatihan Ms. Excel dan Software R

Dalam Rangka Peningkatan Skill Asisten Dosen, Departemen Manajemen Selenggarakan Pelatihan Ms. Excel dan Software ‘R’

Harryanto Suhardjo, Sintani S. Aristi~ Departemen Manajemen FEB UI

Departemen Manajemen FEB UI kali ini menyelenggarakan Pelatihan Software R dan Microsoft Excel untuk meningkatkan kemampuan dan kapasistas asisten dosen dalam pengembangan kompetensi pengajaran laboratorium bagi asisten dosen Departemen Manajemen yang diselenggarakan pada Sabtu, 22 Februari 2020 di ruangan Laboratorium Komputasi Departemen Manajemen Lt. 1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus UI, Depok. Penyelenggaraan ke-2 pelatihan ini pun merupakan
pemenuhan proses Rekrutmen Asisten Dosen pada Semester Genap 2019/2020 yang telah melewati beberapa seleksi, serta ditujukan juga bagi asisten dosen yang masih membutuhkan peningkatan keterampilan penggunaan Ms.Excel dan Software “R”. Pelatihan asisten dosen ini berlangsung dalam 2 sesi kegiatan, yaitu:

Pada Sesi pagi (pukul: 10.00 s.d. 12.00 WIB) hari Sabtu, 22 Februari 2020 pelatihan yang diselenggarakan lebih dahulu adalah Pelatihan Microsoft Excel yang pengajarnya adalah Rizky Luxianto, S.E., M.M. (Dosen Departemen Manajemen). Peserta mendapatkan pelatihan Software Excel berupa kemampuan advanced data processing serta advanced data presenting. Pelatihan ini diikuti oleh 20 asisten dosen dari Program Studi S1 Reguler dan Kelas Khusus Internasional Manajemen maupun Program Studi Bisnis Islam. Melalui pelatihan Software Excel yang berlangsung efektif selama 2 jam ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan asisten dalam mengolah data dan memvisualisasikan data pada Software Excel.

Selanjutnya pada sesi siang (pukul: 13.00 s.d. 17.00 WIB) di hari yang sama, Sabtu, 22 Februari 2020, pelatihan dilanjutkan oleh materi Software R yang diberikan oleh Melia Retno, S.E., M.Sc. (Dosen Departemen Manajemen), lulusan S2 Marketing Analytics. Peserta memperoleh ilmu mengolah data menggunakan software R dimulai dari pemahaman coding dan analisa perintah yang ada di R serta dapat membuat perintah sederhana untuk menyelesaikan permasalahan dasar. Pelatihan diisi dengan kuis-kuis interaktif yang membantu peserta untuk memahami materi dan dapat membuat perintah pemprograman dasar.

Pelatihan ini selesai sekitar pukul 12.00 dan 17.00 WIB, dan ditutup dengan memberikan sertifikat dan souvenir ucapan terima kasih kepada masing-masing pembicara pada sesinya dan diakhiri foto bersama.