Teliti Efek Penggunaan Smartphone dalam Keselamatan Berkendara Jadi Topik Seminar Mingguan Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI

0

Teliti Efek Penggunaan Smartphone dalam Keselamatan Berkendara Jadi Topik Seminar Mingguan Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Departemen Ilmu EKonomi FEB UI selenggarakan Seminar Mingguan yang bertajuk “Tangannya Menyetir Kendaraan, Mata Ke Handphone: Efek Pengunaan Smartphone dalam Keselamatan Berkendara” yang bertempat di ruang 407, Gedung Pascasarjana, pada Rabu (5/2/2020).

Mahasiswa Departemen Ekonomi Spasial di VU Amsterdam, Francis Ostermeijer mengatakan bahwa kami memberikan bukti baru tentang efek penggunaan smartphone yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan di jalan. Kemudian, mengeksploitasi variasi dalam biaya penggunaan telepon di Belanda mengikuti peraturan roaming Uni Eropa pada tahun 2017 yang menghapuskan semua pertukaran roaming untuk penduduk UE.

Perubahan ini memungkinkan untuk memperkirakan model perbedaan dalam perbedaan, di mana driver non-Belanda dari Uni Eropa diperlakukan, sedangkan driver Belanda berfungsi sebagai kelompok kontrol. Pertama-tama, kami mendokumentasikan peningkatan substansial dalam tingkat pertumbuhan panggilan seluler, teks, dan khususnya penggunaan data.

“Kami menemukan bahwa lonjakan penggunaan smartphone ini menyebabkan jumlah kecelakaan meningkat 15%. Di bawah asumsi yang masuk akal, perkiraan kami mengimplikasikan rasio odds risiko kecelakaan sekitar 5,” ujarnya. (Des)

 

 

Sumber Foto: Witri Indriyani