Inilah Strategi Memasuki Dunia Kerja Bagi Lulusan Sarjana

Inilah Strategi Memasuki Dunia Kerja Bagi Lulusan Sarjana

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyelenggarakan prosesi Yudisium Lulusan Semester Gasal 2019/2020 Jenjang Sarjana yang berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja, Gedung Dekanat, pada Senin (27/1/2020).

Yudisium Jenjang Sarjana tahun ini meluluskan 174 mahasiswa yang terdiri dari Program Studi (Ilmu Ekonomi, Ilmu Ekonomi Islam, Bisnis Islam, Manajemen, Akuntansi, Ekstensi Manajemen & Akuntansi, dan KKI).

Kegiatan ini diawali dengan pembekalan materi yang disampaikan oleh Lina Rosita Dewi selaku Country Lead HR di P&G Indonesia sekaligus alumni FEB UI angkatan 2008, memberikan 5 strategi dalam memulai karier di dunia nyata/kerja, yaitu buat tujuan Anda semaksimal mungkin, tahu yang Anda sukai & kuasai, mau belajar, proaktif & kolaboratif, dan lakukan hal yang benar. Maka, perusahaan/industri dalam posisi apapun yang digeluti, semoga Anda bisa amanah dan dapat menjaga nama baik almamater, sehingga bisa memajukan perusahaan/industri yang Anda duduki saat ini.

Pj. Dekan FEB UI, Beta Yulianita Gitaharie memberikan sambutan pembuka bahwa hari ini adalah hari berbahagia untuk para calon wisudawan, karena Anda mengakhiri suatu proses panjang yang dimulai 4 tahun lalu. Sampai saat ini, Program S-1 masih menjadi basis FEB UI untuk menghasilkan alumni yang produktif dalam memberikan sumbangan nyata bagi kehidupan bangsa, baik sebagai akademisi, pakar, pengambil keputusan di pemerintahan dan sektor swasta dan masih sebagai sumber utama rekrutmen staf pengajar.

Karya dan bakti lulusan/alumni FEB UI di masyarakat akan mempengaruhi posisi FEB UI di Indonesia dan Internasional. Selain itu, pentingnya excellence terhadap relevansi kurikulum dengan dunia luar dan juga metode pengajaran yang inovatif. Ini sejalan dengan yang baru disampaikan oleh ’Mas Menteri’ terkait ’Kampus Merdeka’, kuliah tidak melulu ada di dalam ruangan, tidak melulu ada di kampus. Kuliah sebanyak-banyaknya 3 semester dapat diambil di luar Prodi. Artinya, Jenjang S-1 adalah generalis dengan spesialis terbatas.

“Kami atas nama pimpinan FEB UI mengucapkan selamat atas gelar yang diperoleh, selamat berkarya dalam posisi apapun, semua ini juga membawa keberkahan bagi bangsa dan negara. Selanjutnya, Anda yang akan menjalankan kehidupan. Semoga sukses dan berkah untuk apapun pilihan Anda setelah ini,” tutup Beta dalam sambutan pembukanya.

Selanjutnya, sambutan mahasiswa perwakilan wisudawan dari Program Studi S-1 Manajemen FEB UI, Graciala Denita mengatakan bahwa kami yang awalnya hanya mahasiswa baru yang tidak tahu apa-apa, bagaikan kertas yang masih kosong, saat ini kertas tersebut telah terisi dan bahkan menjadi sebuah buku yang berisi ilmu dan pelajaran berharga selama berkuliah. Meski sulit dijalani, FEB UI telah mengajarkan kami untuk meperoleh berbagai pengalaman dan menemukan jati diri kami serta menemukan mimpi-mimpi kami kedepannya.

Perlu diingat bahwa hari ini merupakan awal dari perjuangan lain yang telah menanti ke depannya. Banyak permasalahan bangsa yang semakin menumpuk dan pada akhirnya hal itu merupakan tanggung jawab kami sebagai generasi penerus bangsa untuk memperbaikinya.

“Apapun profesi yang Anda tekuni nantinya, berikanlah sebesar-besarnya kontribusi untuk bangsa ini. Semoga, kita bisa memanfaatkan apa yang telah dimiliki untuk kepentingan masyarakat luas. Dan kami membuktikan bahwa alumni FEB UI merupakan orang-orang yang berkualitas, berintegritas, dan bermartabat,” tegas Graciala Denita.

Terakhir, sambutan Direktur Direktorat Life Balance ILUNI FEB UI sekaligus Alumni FEB UI angkatan 1989, Notariza Taher mengatakan bahwa globalisasi dan kemajuan teknologi membuat perekonomian Indonesia tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh yang terjadi di perekonomian global dan dari disrupsi pada ekonomi konvensional, karena berkembangnya ekonomi digital. Selama ini, peran dari alumni FEB UI terhadap perekonomian Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Banyak para tokoh ekonomi baik di pemerintahan maupun sektor swasta telah menyumbangkan pemikiran & karya serta kerja nyata bagi bangsa ini.

Sebagai alumni FEB UI, kita memiliki wadah organisasi yang disebut ILUNI FEB UI. Dengan 3 misi utama yaitu Jejaring & Kolaborasi, Giving Back & Kepedulian, Work-Life Balance. Selain itu, berbagai kegiatan ILUNI FEB UI yang sudah dilakukan, yakni match maker, event gathering (jaringan bisnis & pelatihan UMKM, breakfast forum, sunday funday), inovasi ekonomi & syariah (Wakavia), bekerjasama dengan pihak ketiga, baik bank maupun asset management dengan pendekatan crowd funding).

“Oleh karena itu, kami mengajak para wisudawan hari ini untuk menjadi bagian dari ILUNI FEB UI dan segera mendaftarkan keanggotaannya melalui website: ilunifebui.org/register,” tutupnya. (Des)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply