Toto Pranoto: PR Besar Dirut Baru Garuda Indonesia

0

Toto Pranoto: PR Besar Dirut Baru Garuda Indonesia

 

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

JAKARTA – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT. Garuda Indonesia Persero, Tbk, resmi mengangkat Irfan Setiaputra sebagai Direktur Utama (Dirut) yang baru menggantikan Ari Askhara. Para pemegang saham berharap Dirut baru bisa mengembalikan masa kejayaan dan fokus untuk menambah profit perusahaan.

Sementara itu, penunjukkan jajaran direksi dan komisaris yang baru bahwa 99,9% telah disetujui oleh pemegang saham, di antaranya Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama, Chairul Tanjung sebagai Wakil Komisaris Utama, Elisa Lumbatoruan sebagai Komisaris Independen, Yenny Wahid sebagai Komisaris Independen, dan Peter F. Gontha sebagai Komisaris.

Tugas berat ada di pundak Dirut baru untuk pembaruan & pengelolaan manajemen maskapai penerbangan plat merah ini sangat diperlukan dalam mengurangi beban perusahaan terutama dalam tata kelola manajemen.

“Dirut Garuda Indonesia yang dibutuhkan saat ini mempunyai figur strong leader, karena masalah yang dihadapi memerlukan penanganan yang fundamental terutama dengan kaitannya terhadap aspek memulihkan reputasi/kredibilitas perusahaan, koorporasi, perbaikan tata kelola, dan perlu lakukan kebijakan fundamental,” ucap Toto Pranoto selaku Kepala Lembaga Manajemen FEB UI atau Pengamat BUMN dalam acara IDX 1st Session Closing ‘PR Besar Dirut Baru Garuda Indonesia’ di IDX Channel, pada Kamis (23/1/2020).

Selain itu, langkah cepat yang harus dilakukan oleh pemimpin baru dengan bagaimana secara internal bisa memulihkan semangat & moral kerja bagi seluruh karyawan. Sehingga, mereka semua kembali ke gairah menjadi elemen-elemen korporasi demi memberikan hasil yang terbaik.

Di sisi lain, untuk meningkatkan segi keuangan perusahaan Garuda maka perlu memanage pada sisi revenue yang bisa diperoleh dari pendapatan tiket penumpang maupun bisnis, dan mampu mengakumulasikan pendapatan lain-lainnya. “Semua itu dilakukan agar bisa meyakinkan investor atau publik bahwasanya perusahaan Garuda Indonesia bisa menunjukkan perubahan yang lebih baik untuk berinvestasi. Tentu, dengan Dirut yang baru semoga bisa melaksanakan kewajiban tugasnya dengan cepat untuk membawa perubahan baru dan kualitas lebih baik,” tutupnya. (Des)